yamaha-xsr-300

Harga Yamaha XSR 300 Baru dan Bekas 2019

Diposting pada

Yamaha XSR 300 – Terdapat sejumlah motor rakitan Indonesia yang nyatanya tidak dijual di Indonesia. Seperti Yamaha R3. Begitu juga dengan mesin yang dipakainya juga tidak dipasarkan di Indonesia. Belum lama ini terdapat motor keluaran pabrikan yamaha yaitu motor 300 cc yang muncul di majalah Jepang. Nah, Yamaha XSR300 baru saja direlease. Yang membuat tertariknya yaitu mesin motor 300 cc seperti halnya R3 yang sekarang ini diproduksi di Indonesia.

yamaha-xsr-300

Yamaha XSR 300

Dengan penasaran pun digadang-gadang muncul soal kemungkinan motor naked adventure bergaya retro tersebut untuk dapat mengalir di pasar Indonesia. Lebihnya lagi, pasar retro di Indonesia sekarang sedang marak. Jika bertanya soal kans motor retro secara umum kalau Yamaha sendiri pada umumnya mengikuti perkembangan. Tetapi motor ini area pasarnya tersegmen jadi sangat jarang menemukannya.

Saat dihubungkan dengan Yamaha XSR 300 ada satu aspek yang jadi pertimbangan juga adalah harga jualnya. Untuk model retro XSR 300, untuk sekarang ini belum ada rencana. Kalau untuk kompetitor ada, kasih tahu. Kalau memang ada marketnya ya kami pertimbangan. Ya tahu sendirilah kalau impor dari luar ya dampaknya ada diharga XSR sendiri telah beredar di pasaran luar dalam versi 700 cc dan 900 cc. Sementara itu untuk versi 300 cc-nya memasang mesin yang sama seperti dengan R3 produksi Indonesia, sekalipun memang motor ini cuma khusus untuk pasar luar. Soal daya mesinnya, XSR 300 dibilang mengeluarkan 41,5 BHP dengan torsi 29,6 Nm. Selain mesin, XSR 300 juga digunakan rangka diamond R3.

Baca Juga :  30 Harga Moto Guzzi di Indonesia Terbaru 2019

Dengan penampilannya yang memperlihatkan kesan retro namun modern itu, rancang bangun dari motor ini sepertinya cocok dari desain ya dimiliki sepeda motor Yamaha XSR700 dan XSR900. Hal ini terlihat dari lampu belakang dan depannya yang memiliki bentuk bulat tetapi berukuran kecil. Selain itu, tangki bahan bakar, jok dan penutup joknya, juga sama seperti dengan kedua motor tersebut. Jangan heran bila motor itu dibilang akan menjadi versi downgrade dari Yamaha XSR700 dan XSR900, yang mestinya akan mempunyai harga lebih murah.

Selain itu untuk dari bagian dimensi kelihatan sebuah knalpot yang terlihat kokoh terpasang di bagian samping bawah pada motor retro ini. Knalpot itu mirip dengan knalpot yang terpajang pada motor Yamaha lainnya yaitu Yamaha R25/Yamaha R3. Di samping itu, bila melihat mesin yang akan digunakan motor retro ini sepertinya juga akan mengenakan mesin R25/R3.

Jika ditilik pada penyusun dbadannya yaitu rangka, kuda besi ini sepertinya akan mempunyai rangka yang baru. Hal ini pasti lantaran rangka yang tersedia untuk sekarang ini belum kompatibel jika dipergunakan dengan bentuk motor retro ini yang paling baru.

yamaha-xsr-300

 

Walaupun kabar yang beredar ini amat kuat terdengar di kawasan Jepang, tetapi sampai sekarang pihak Yamaha sendiri belum mengklaim tentang kebenaran kabar itu. Gambar yang beredar pada Young Machine juga dapat jadi cuma sekedar gambar hasil rekayasa digital. Namun bila melihat pada versi Yamaha XSR700 dan XSR900 kelihatannya dengan kapasitas mesin yang lebih mini, Yamaha XSR250 atau XSR300 kelak akan menjadi solusi guna menembus pasar sepeda motor retro di beberapa negara dengan harga yang lebih murah ketimbang versi gedenya

Kita flashback ke belakang, pada jamannya, 1973-1980, Yamaha RD350 menjadi model naked 2 tak tercepat di kelasnya. Bermesin 347 cc dua silinder paralel berpendinginan udara mampu menghasilkan 31 daya kuda, dengan transmisi 5 percepatan serta bisa menuai kecepatan maksimumnya hingga 169 km/jam.

Baca Juga :  Yamaha XMAX - Harga, Review, dan Spesifikasi Terbaru 2019

jangan heran jika pada dekade tersebut, Yamaha RD350 menjadi idaman yang menyukai kecepatan. Bukan cuma di Jepang, produknya pun dikenal di Asia lainnya seperti India hingga menyebar ke Eropa dan Amerika Serikat.

Dengan melihat model MT-09 dan MT-07 yang selanjutnya dirancang bergaya retro menjadi XSR900 dan XSR700, maka pada kelas menengah, media MCN langsung mengemukakan kalau MT-03 pun tidak lama lagi menjadi XSR300. Dan, kehadiran produk ini sekaligus sebagai kilas balik perjalanan kesuksesan RD350 versi modern melalui rancang rebuild model XSR300.

Pastiya, reinkarnasi Yamaha RD350 dalam tampilan modern akan berbeda dalam penyajian termasuk tenologinya, salah satunya menggunakan mesin dua silinder 4 tak. Di kelas ini, Yamaha mempunyai mesin 321cc dua silinder yang digunakan MT-03 dan R3.

yamaha-xsr-300

Sementara itu Yamaha MT-03 mempunyai bodi segaris dengan desain MT-09, hal ini sebenarnya Yamaha mempunyai kans untuk membuat XSR300. Rentetan selanjutnya akan memudahkan bagi pabrikan berlogo garputala itu membuat versi 250 cc dan 150 cc atau XSR250 dan XSR150. Untuk mengenal lebih jauh Yamaha XSR300 saya akan memberikan spesifikasi dan harganya :

 

Spesifikasi Yamaha XSR 300

Berikut spesikasi dan harga Yamaha XSR300, dengan ini kita dapat mengetahui secara detail apasaja yang terdapat pada motor yamaha XSR300.

Ringkasan Spesifikasi

Ringkasan Spesifikasi
  • Varian Sepeda Yamaha : XSR300 (RD350 Baru)
  • Status Saat Ini : Mendatang
  • Jenis Body : Naked
  • Jenis Bahan Bakar  : Bensin
  • Anak Tagline Resmi Lebih Cepat (Seri XSR)

Sebagai As Vehicle Overview per buzz dan rumor terbaru, Yamaha sedang mengerjakan motor telanjang retro XSR300, yang akan menjadi penerus RD350 yang legendaris. Yamaha XSR300 diharapkan akan ditenagai oleh mesin 2 silinder 321cc yang sama, yang juga mendukung R3 dan MT-03. Ini menghasilkan tenaga maksimum 42 PS dan torsi maksimum 29,6 NM. Mesin akan dikawinkan dengan gearbox 6-speed. Masih terlalu dini untuk mengomentari peluncuran dan harga, tetapi kita dapat mengharapkan XSR300 akan dihargai sekitar Rs 3 lakh.

Baca Juga :  7 Motor Matic Suzuki Terbaru & Terbaik 2019

Mesin

Mesin
  • Mesin 2 silinder, berpendingin cairan, 4-tak, DOHC, 4-katup
  • Sistem Bahan Bakar Injeksi Bahan Bakar
  • Pendinginan Cairan Pendingin
  • Perpindahan 321 cc
  • Daya Maksimum 42 PS (Diharapkan)
  • Torsi Maksimum 29,6 Nm (Diharapkan)

Gearbox dan Clutch

Gearbox dan ClutchJumlah Roda Gigi 6
Jenis Gearbox Mesh Konstan
Kopling Basah, Multi Disk

Pengereman

Pengereman
  • Rem Depan Rem Hidrolik tunggal, Ø 298 mm
  • Rem Belakang Rem cakram hidrolik tunggal, Ø 220 mm

Suspensi

Suspensi
  • Garpu Teleskopik Suspensi Depan
  • Suspensi Belakang Swingarm

Ukuran Ban

Ukuran Ban
  • Ban Depan 110 / 70-17
  • Ban Belakang 140 / 70-17

Fitur Konsol Instrumen

Fitur Konsol Instrumen
  • Speedometer analog
  • Tachometer analog
  • Meter Perjalanan Analog
  • Odometer analog
  • Pengukur Bahan Bakar Analog

Fitur Kenyamanan

Fitur Kenyamanan
  • Pillion Footrest
  • Mulai Listrik
  • Pass Light
  • Sakelar Pembunuh Engine

Baterai dan Listrik

Baterai dan Listrik
  • Jenis Baterai MF

Perkiraan Harga

Perkiraan Harga
  • Baru : ₹ 3,00,000 (Harga Pasaran India) atau Rp. 62 Jutaan
  • Bekas : –

Dan demikianlah ulasan tentang yamaha xsr300, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat mesinmotor sekalian, dan alangkah indah nya jika sobat mesinmotor sekalian share artikel ini agar bisa terjangkau oleh semua orang, terima kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :