Penyebab Tarikan Motor Lambat

Diposting pada

Tarikan Motor Lambat – Salah satu hal yang sangat menyebalkan dalam berkendara adalah adanya kejadian tarikan motor yang kita kendarai terasa seperti tidak bertenaga atau motor terasa berat.

Nah adanya persoalan seperti ini harus cepat segera diatasi, sebab apabila diabaikan, tentu saja hal tersebut akan berakibat fatal. Adapun salah satu yang akan ditimbulkan ialah seperti akan menjadikan motor kita turun mesin.

Untuk itu sebelum hal tersebut terjadi, alangkah baiknya jika kita mencegah terlebih dahulu dengan mencari tahu apa yang menyebabkan motor kita terasa berat .

Namun apabila sobat semua merasa bingung, saran kami adalah dengan mengkonsultasikan kejadian tersebut pada bengkel yang ada disekitar anda agar semua masalah bisa segera teratasi.

Namun apabila anda masih ingin tetap berupaya untuk mencari tahu apa yang menjadi faktor penyebabnya, maka ada beberapa hal yang harus sobat telusuri, terutama pada beberpa komponen yang ada di bawah ini

Penyebab Tarikan Motor Lambat dan Cara Mengatasinya

Penyebab Tarikan Motor Lambat
Penyebab Tarikan Motor Lambat

Dibawah ini beberapa penyebab yang sering terjadi jika motor kamu kurang tarikan, antara lain:

1. Kabel Gas

Lakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah perkeara ini karena disebabkan oleh kabel gas pada motor anda, sebab apabila kondisi kabel gas kendor atau penerapan kabel gas tersebut kurang pas, maka tentu saja itu akan menyebabkan tarikan gas motor anda tidak akan bekerja dengan baik.

Sebab terkadang adanya persoalan ini karena disebabkan oleh handel gas yang sudah tidak standar lagi sehingga akhirnya membuat kinerja gas menjadi tidak spontan dan membuat gas tidak mau turun dengan baik/ turunnya secara lambat, serta demikian juga dengan pada saat gas akan kembali.

Baca Juga :  Motor Matic Paling Irit

Maka cara untuk mengatasinya adalah dengan segeralah memperbaiki kabel dan handel gas yang sudah rusak tersebut, apabila memang diperlukan maka bisa mengganti dengan kabel gas yang baru.

2. Karburator

Kemudian pengecekan selanjutnya ialah periksa karburator motor anda , sebab biasanya akibat tarikan motor kurang bertenaga dapat karena disebabkan oleh komponen yang satu ini, apabila hal itu memang benar, maka cobalah mengatur ulang pin udara dan juga bensin Karburator.

Kemudian apabila pengaturan memang sudah sesuai namun tarikan masih saja tetap berasa tidak bertenaga, maka bongkar kembali Karburator tersebut lalu bersihkan, sebab boleh jadi ada kotoran yang menyumbat dalam Karburator tersebut.

3. CDI Yang Eror / Rusak

Kemudian penyebab selanjutnya ialah kerusakan pada CDI, maka jika kondisi CDI motor kita rusak tentu saja dengan kondisi tersebut akan menyebabkan settingan waktu pemantikan api yang diterima oleh busi akan menjadi tidak beraturan.

Sehingga Dengan tidak beraturannya letikan api pada busi tersebut, yang akhirnya menyebabkan proses pembakaran akan menjadi tersendat, maka begitu letikan apai tersebut di butuhkan untuk pembakaran yang extra pada saat mulai memutar gas, maka supply api yang masuk hanya sedikit sehingga akhirnya membuat tarikan motor tidak bertenaga.

Kemudian apabila sudah dipastikan bahwa penyebab dari motor tidak bertenaga tersebut karena disebabkan oleh kerusakan CDI, maka Cara Mengatasinya adalah dengan mengganti CDI tersebut dengan yang baru.

4. Piston / Seher (kompresi mesin)

Kemudian apabila yang menjadi penyebab selanjutnya adalah karena disebabkan oleh Kompresi mesin / Piston yang kurang maksimal, maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah melakukan pembongkaran silinder mesin.

Kemudian apabila sudah dibongkar didapati kondisi Piston sudah gosong maka tentu saja itu akan menyebabkan kompresi mesin menjadi seperi ngempos sehingga membuat kinerja mesin tidak bekerja secara maksimal.

Baca Juga :  Penyakit Motor Mio

Nah biasanya adanya indikasi ini dapat kita perhatikan secara langsung pada asap knalpot, yang mana apabila asap tersebut berwarna hitam pekat maka itu sudah pasti kondisi piston tersebut sudah rusak.

Kemudian selain kerusakan Piston bisa juga penyebab terjadi motor tidak bertenaga tersebut karena kondisi Ring Piston yang memang sudah aus.

Maka untuk mengatasinya adalah lakukan pembongkaran dan cek semua kelayakan komponen yang terdapat dibagian piston.

Apabila sudah kita dapati keadaan piston atau ring tersebut sudah rusak, maka segeralah ganti komponen yang rusak tersebut.

Namun apabila kondisi silinder sudah mengealami kelecetan, maka cara mengatasinya adalah dengan di bore Up.

5. Busi

Yang menjadi faktor penyebab motor tak bertena selanjutnya ialah karena disebabkan oleh busi, yang mana apabil Busi pada motor sudah menghintam atau koto, maka hal tersebut akan menimbulkan efek motor akan menjadi rebet sehingga tarikan gas juga akhirnya ikut menjadi tidak stabil dan tenaga motor akan terasa seperti ngempos.

Apa anda mengalami kondisi seperti ini, maka sebelum berfikir untuk menggantinya ialah, lakukan pengecekan terlebih dahulu dan buka tutup Busi, kemudian keluarkan Busi tersebut dari tempatnya, lalu bersihkan dengan menggunakan sikat atau amplas yang halus

Selain itu pastikan juga jarak pada tempat mengalirnya pengapian apakah berada pada jarak sesuai atau tidak biasanya jaraknya sekitar 0,6-0,8mm.

Namun apabila ketika dibersihkan namun motor tetap saja ngempos atau bahkan susah hidup, maka sebaiknya ganti busi tersebut dengan yang baru.

6. Silinder Head

Kemudian faktor penyebab selanjutnya ialah karena disebabkan kepala silinder dipenuhi dengan kerak.

Dimana adanya kerak tersebut akan mengganggu dan mempengaruhi kinerja tarikan motor sehingga mengakibatkan motor akan terasa berat bahkan bisa menyebabkan mesin motor akan menjadi mudah panas

Baca Juga :  Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga

Cara Mengatasinya adalah dengan membongkar bagian head dan kemudian lakukan pembersihan pada sejumlah kerak atau kotoran yang menempel dengan menggunakan sekrap/ amplas kasar agar dapat mengikis ketebalan kotoran yang melekat.

7. Bahan Bakar (bensin)

Kemudian faktor penyebab selanjutnya adalah karena disebabkan oleh Bensin. Lantas mengapa ko bensin juga bisa dianggap menjadi sebagai penyebabnya? Tentu saja hal ini berhubungan dengan nilai Oktan yang terkandung di dalam bensin tersebut dan karena penggunaan oktan yang rendah.

Maka apabila motor anda mesinnya berkapasitas dengan CC yang besar maka nilai nila Oktan yang sangat direkomendasikan juga musti tinggi, Nah apabila anda memilih dengan memakai jenis bensin dengan nila Oktan yang bernilai kecil, maka hal tersebut akan menyebabkan tarikan motor akan menjadi tidak stabil.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga dari beberpa poin-poin diatas dapat membantu kita untuk mengatasi apabila kasus tarikan motor kurang bertenaga tersebut terjadi pada kendaraan motor sobat semua dirumah. Terimakasih.

Baca Juga :