Suara Mesin Motor Bunyi Tek Tek

Diposting pada

15 Suara Mesin Motor Bunyi Tek Tek Saat Mesin Panas dan Dingin – Hay sahabat semua.! Kendaraan anda bermasalah? atau mungkin mengeluarkan bunyi yang tidak enak di pendengaran telinga anda pada saat kendaraan anda dinyalakan atau setelahnya?

Kemudian setelah tuas gas mulai ditarik terdengar bunyi suara kletek, kletek yang bahkan bunyi suara tersebut seolah mengganggu pendengaran anda dan orang disekitar?

Berhati-hati lah! boleh jadi suaru tersebut merupakan sebuah pertanda bahwa mesin kendaraan motor anda mulai mengelitik.

Maka apabila hal tersebut selalu diabaikan, maka tentunya nantinya akan menyebabkan kerusakan yang fatal. Dimana bagian kepala piston atau bahkan blok mesin anda akan menajdi pecah akibat gesekan.

Namun pada dasarnya gejala mesin menggelitik bisa disebabkan karena timing atau ketepatan waktu pada saat proses pembakaran yang tidak tepat.

Adanya kendala tersebut dapat disebabkan karena campuran pada bahan bakar dan juga udara yang tekan oleh piston mengalami proses pembakaran lebih awal walaupun belum dapat mencapai titik mati atas (TMA).

Jadi dalam hal ini intinya, terjadinya proses pembakaran berjalan dengan secara prematur atau meledak terlebih dahulu.

Nah untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab bunyi tetk tek yang dikeluarkan oleh motor anda maka, simak ulasan selangkapnya di bawah ini. (Baca Juga : Penyebab Lampu Motor Mati Semua

15 Suara Mesin Motor Bunyi Tek Tek Saat Mesin Panas dan Dingin

15 Suara Mesin Motor Bunyi Tek Tek Saat Mesin Panas dan Dingin
15 Suara Mesin Motor Bunyi Tek Tek Saat Mesin Panas dan Dingin

Disebabkan Karena Bagian Klep

Biasanya bunyi suara “tik-tik” atau “tuk-tuk” yang ringan pada mesin stasioner hal itu dapat menunjukan ada setelan katup kendaraan anda ada yang renggang, sehingga membuat fungsi piano klep “rocker arm” mesin motor anda membentur kepala katup.

Baca Juga :  Daftar Harga Ban Tubeless Terbaru dan Terlengkap

Kemudian bunyi yang dikeluarkan akan semakin bertambah keras pada ketika putaran gas motor semakin dibesarkan.

Kemudian bukan hanya itu saja, bisa jadi masalah yang ditimbulakn karena disebabkan oleh per katup mesin motor anda mulai melemah, sehingga akhirnya menyebabkan terjadinya bunyi.

Disebabkan Karena Bagian Rantai Kamprat

Kemudian mengenai bunyi suara “tok-tok” yang mungkin adanya bunyi tersebut disebabkan karena rantai kendaraan motor anda sudah mulai kendor sehingga ada beberapa bagian yang juga ikut menjadi kendor.

Selain itu apabila setelan rantai keteng dalam pemasangannya terlalu kencang juga hal tersebut akan menyebab terjadinya bunyi suing atau suatu dengungan.

Kemudian bunyi suara “sek-sek” yang secara terus menerus, pada umumnya kerap diakibatkan karena gear atau rantai ketengnya minta diganti dengan yang baru.

Bagian Tensioner Rantai Sentrik

Seperti yang kita ketahui fungsi dari Chain tension yang mana untuk menjaga kekencangan rantai sentrik, apabila adanya perubahan pada kekencangan rantai tersebut“kencang/kendor” maka hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap proses putaran mesin.

Nah apabila hal ini terjadi pada motor anda, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja motor sehingga menjadi tidak maksimal sehingga akhirnya akan menimbulkan bunyi suara “tek-tek” tentunya hal itu akan sangat mengganggu anda. Nah cara mengatasinya adalah dengan cara melakukan penggantian Tensioner yang baru.

Bagian Piston

Kemudian suara bunyi yang dikeluarkan dari bagian ruang bakar, yang merupakan suatu gejala yang terjadi pada piston atau ring piston yang oblak, yang terdengar hampir samar, namun akan diketahui apabila tenaga motor semakin berkurang dan akhirnya akan menyebabkan keluarnya asap putih dari knalpotnya.

Kemudin suara ketukan seperti terasa berat, yang mana itu merupakan sebuah pertanda bahwa piston minta diganti dengan yang baru.

Baca Juga :  Lampu LED Motor : Variasi dan Harga Terbaik 2019

Bagian Stang Seher

Pada kasus ini biasanya menunjukan sebuah tanda bahwa pada sepeda motor anda akan muncul suara seperti gemeretak yang terjadi pada putaran bawah hingga menengah yang kemudian secara berangsur-angsur akan hilang pada putaran atas.

Yang mana adanya bunyi suara ini akan timbul karena disebabkan oleh kaki atau stang piston motor anda menampar pada bagian dinding silinder pada ketika posisi titik mati bawah. Maka anda harus waspada terhadap adanya suara bunyi ini, maka oleh sebab itu lalukan pengecekan kondisi motor anda.

Bagian Pin Piston

Kemudian apa penyebab pada kendaraan mengeluarkan sebuah bunyi dengung pada saat motor dinyalakan? bisa jadi hal tersebut disebakan karena setang piston mesin motor anda mulai longgar sehingga menjadi oblak, hal itu diakibatkan karena pin piston mesin anda tidak melekat dengan tepat di rumahannya.

Maka apabila keadaan setang piston motor anda sudah semakin bertambah parah, maka bunyi yang dikeluarkan akan semakin keras.

Bagian Bearing Piston

Kemudian keadaan yang sama akan timbul ketika baaring metal duduk dan juga pada metal jalan dikruk as mesin motor anda telah aus , maka hal tersebut akan diiringi dengan bunyi suara “ker-ker” serta ketukan yang sangat berat semakin menjadi keras.

Selain itui vibrasi mesin anda akan semakin meningkat pada footstep dan setang. Nah untuk mencegah terhadap kruk as yang sudah mengeluarkan suara, maka segera gantilah setang piston beserta dengan bearing metal dudukannya.

Bagian Kopling

Dalam hal ini apabila Rumah yang kopling mengalami sebuah masalah , maka hal tersebut akan menghasilkan suatu suara seperti bunyi“srek-srek” dengan secara berkesinambungan kemudian akan terasa “duk” pada ketika motor melakukan pengereman dengan secara tiba-tiba.

Baca Juga :  Komponen Transmisi Manual

Yang mana hal ini dapat disebabka karena bak kopling mulai semakin haus atau sistem otomatisnya sudah tidak berfungsi dengan baik karena mulai meranggang.

Bagian Roller

Nah untuk jenis motor matic,yang mana gejala seperti menghasilkan bunyi suara tek-tek yang biasanya kerap terjadi, hal ini disebabkan karena keadaan rumah roller yang semakin haus atau permukaan roller tidak lagi rata.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 15 Suara Mesin Motor Bunyi Tek Tek Saat Mesin Panas dan Dingin, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :