Stang Motor

Diposting pada

Stang Motor – Kendaraan tentunya tidak terlepas dari banyak peranan komponen penting didalamnya, salah satunya ketika mengendarai dengan nyaman tidak jauh dari namanya stang. Stang menjadi komponen yang cukup vital, ketidakstabilan dari stang motor ini mempengaruhi pengguna dalam mengendarainya.

stang-motor

Dengan pemakaian yang lama digunakai pastinya komponen yang terdapat di sepeda motor akan mengalami low quality, mulai dari stang motor miring ke kanan atau stang motor tidak center, stang motor bengkok, stang yang terasa berat ataupun tidak stabil ketika melaju adalah salah satu permasalahan yang tidak jarang dirasakan oleh setiap pengguna sepeda motor. Apabila kondisi tersebut dibiarkan saja bisa sangat beresiko untuk keselamatan para pengendara itu sendiri, karena untuk stang yang berat sebelah atau tidak stabil akan membuat laju motor tidak nyaman dan susah dalam mengendalikannya.

Penyebab Stang Motor Berat dan Tidak Nyaman

Untuk mengetahui penyebab stang pada motor berat dan tidak stabil cukup banyak sekali ciri-cirinya, apabila motor sobat pernah melintas dijalan yang berlubang dan juga sering jatuh adalah penyebab yang tidak perlu diragukan lagi yang membuat stang menjadi berat dan tidak stabil. Oleh karena itu, sebelum kita melakukan perbaikan, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu permasalahannya.

Tidak Presisinya Posisi Shockbeker

Penyebab yang pertama adalah tidak presisi posisi shockbeker, umumnya suspensi yang tidak lurus atau presisi ini dikarenakan motor pernah jatuh atau motor pernah melewati jalanan yang berlubang dengan kecepatan yang tinggi. Untuk kasus seperti ini sebaiknya bawa dibengkel resmi motor atau tukang shockbeker

Baca Juga :  15 Harga Alat Cuci Motor Tanpa Listrik dan Otomatis 2019

Bearing Roda Yang Rusak

Penyebab yang kedua yaitu bearing roda yang rusak, bearing roda ini terletak ditengah ban. Kemudian untuk mengeceknya apakah  rusak atau tidak nya bearing roda adalah dengan membuka roda kemudian melihat apakah bearing roda yang kita cek tersebut rusak, apabila sobat menemukan terdapat bearing roda yang tidak beres segeralah untuk menggantinya.

Velg Melengkung atau Bengkok

Keadaan velg yang sepert ini juga termasuk penyebab stang menjadi berat sebelah atau tidak stabil, cara memeriksanya adalah pada bagian ban butuh diputar lihat apakah terdapat benjolan di velg apa tidak. Apabila velg bengkok hal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan dipress untuk velg racing, tetapi apabila velg retak disarankan untuk ganti dengan yang baru.

Segitiga Stang yang Kurang Sejajar

Segitiga motor bengkok merupakan Penyebab yang ketiga disebabkan segitiga dudukan yang kurang sejajar antara suspensi kanan dan kiri. Ini juga yang menyebabkan stang motor berat ke kanan. Apabila motor sobat mengalami hal tersebut, cara meluruskan stang motor yg bengkok yaitu cuma dengan meluruskan lagi kedua garpu kiri dan kanan agar sejajar. Untuk mengetahui apakah sudah sejajar atau stang bengkok dapat memakai alat fuller, namun untuk lebih sederhananya langsung dibawa tukang press saja.

Permukaan Ban Yang Tidak Rata

Penyebab yang kelima adalah permukaan ban yang tidak rata atau alias botak. Yah, sebagai bagian dari motor dengan fungsinya yaitu untuk melajukan motor pasti keadaan ban akan sangat mempengaruhi dari kesetabilan motor itu sendiri. Apabila kondisi motor itu tidak rata umumnya membuat stang goyang.

Komstir Yang Oblak

Nah, yang penyebab yang terakhir adalah komstir yang oblak. Komponen satu itu memiliki fungsi untuk memegang dalam pengendalian sudah pasti motor ini akan mengalami penurunan dari segi kinerja. Dan pada biasanya dari permasalahan yang tidak jarang dirasakan oleh motor terutama honda beat maupun jupiter z yakni komstir yang oblak itu dapat mengakibatkan stang berat untuk bisa dikendalikan dan stang yang goyang ketika mengendarai pada kecepatan yang tinggi. Cara mengatasinya ialah dengan mengencangkan, Untuk cara mengencangkan komstir honda beat dan cara mengencangkan komstir jupiter z yaitu dengan membelikan terlebih dahulu dengan yang baru khususnya di bagian cup dan bola bola besi yang ada komstir

Baca Juga :  Biaya Service Radiator Mobil Yang Bocor

Custom atau Aksessoris

Berikut kami sajikan beberapa custom stang yang mungkin menjadi pilihan sobat apabila mau menggantinya :

Stang Custom Chopper Japstyle Universal Stang Custom Tracker Universal Custom Camar Model Kaisar Universal
stang-motor stang-motor stang-motor
Rp80.000 Rp70.000 Rp129.200
Stang Custom Model Proman Stang Custom Model Harley Custom Lowrider Handlebar
stang-motor stang-motor stang-motor
Rp75.000 Rp75.000 Rp90.000
Stang Motor Custom Japstyle Bobber Dll Stang Japstyle Custom Universal No 22 Custom Gull 15 Black
stang-motor stang-motor stang-motor
Rp75.000 Rp75.000 Rp190.000

Demikianlah artikel tentang stang dari kami, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian dan jangan lupa dishare ya agar dapat membantu memberi info ke orang orang lainnya dan kami semakin semangat membuat tips seputar otomotif. Terima Kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :