spul

Cara mengetahui Penyebab Spul Rusak dan Cara Memperbaikinya

Diposting pada

Spul – Setiap kendaraan motor harus diketahui apa saja kondisi didalamnya oleh seorang pemilik, pengetahuan dalam ciri-ciri, penyebab, pengecekan, dan cara merawat motor tampaknya menjadi hal wajib yang harus dipahami. Apalagi dalam kelistrikan kendaraan seperti lampu dan komponen listrik lainnya tidak dapat menyala padahal lampu sudah diganti. Terdapat masalah di pengisian aki dan akan mengalami cepat tekor. Hal ini bisa jadi penyebabnya bisa dari bagian spulnya.

Pengertian Spul

Spul merupakan salah satu komponen yang terpenting pada kelistrikan motor. Spul tergolong bagian terpenting dalam kelistrikan motor yang berfungsi sebagai sumber listrik untuk kebutuhan elektrikal. Jika spul sampai rusak, suplay daya listrik buat motor akan terhenti. Pada spul ini menyediakan sumber tegangan bolak-balik AC.

spul

Kemungkinan motor anda tidak dapat menyala atau tiba-tiba mogok itu bersumber dari spul yang bermasalah atau rusak. Mungkin jika sobat mesinmotor masih pemula dalam hal motor mestilah tidak paham tentang masalah-masalah kerusakan pada spul, namun kerusakan pada spul dapat anda pahami dengan cara melihat ciri-cirinya jika spul motor tersebut rusakdisebabkan terbakar, berikut adalah cara untuk mengetahui spul rusak.

Ciri-Ciri Spul Motor Rusak

Kalau dilihat dari ciri-ciri atau gejala yang terjadi kalau spul motor rusak umumnya lampu akan mati, pengisian aki berkurang dan pastinya aki cepat tekor. Ciri lainnya kalau komponen spul ini terbakar adalah tidak mampunya alternator diberi beban listrik. Apabila socket kiprok ke spul di lepas dan diukur dengan Voltmeter AC dan terbaca voltasenya cukup. Tetapi saat diberi beban ke kiprok dan diukur ulang, umumnya voltasenya drop, yang sehingga tidak terdapat arus yang masuk ke kiprok.

Baca Juga :  Fungsi Kiprok Motor & Kendala yang Terjadi Jika Rusak

Ciri-ciri selanjutnya bila spul rusak bisa dilihat langsung secara fisik namun ini harus membongkar blok mesin atau membuka tempat spul berada jika sudah terbuka akan terdapat warna kabel spul menjadi memerah dan bahkan timbul warna hitam akibat terbakar. Umumnya terlihat juga plastik dari angker atau rumah spul terlihat meleleh. Jika sudah begini, harus digantikan yang baru atau membuat lilitan ulang spulnya.

Cara Mengecek Spul Motor Rusak

Adapun setelah kita sudah tahu ciri-cirinya hal yang berikutnya bagaimana cara mengatasinya, nah berikut ini pembahasan selengkapnya yaitu:

spul

Spul Pengisian

Pada umumnya kabel warna putih, apabila spul tersebut rusak atau terbakar maka berpengaruh terhadap aki akan ngedrop sampai habis 2-3 kali, bahkan jika diganti kiprok pun akan tetap sama sebab problemnya ada pada lilitan spul. Cara mengeceknya dapat dilihat kondisi fisik umumnya terbakar atau lilitan kawat putus, untuk pengecekan secara akurat tanpa membongkarnya memakai avometer.

Setting di OHM/Hambatan kondisi dingin suhu mesin sekitar 20 derajat, hubungkan soket merah avo dengan kabel putih spul dan soket hitam avo dengan kabel hitam maka terbaca 0,2 – 1,0 Ohm, jika lebih dari 1,0 Ohm maka dianjurkan ganti/kalau mau dililit ulang tapi tidak dianjurkan karena resiko tanggung pemakai.

Spul Penerangan

Kerusakan parahnya lampu depan atau lampu utama tidak hidup atau lampu sudah mulai redup, akibatnya sama dengan spul pengisian dari lilitan putus atau terbakar. pengecekannya dengan cara visual diukur dengan avometer suhu mesin 20 derajat kondisi dingin supaya akurat.

Sebab yang jari umpamanya Motor Jupiter Mx maka warna kabelnya spul kuning di hubung dengan soket avometer warna merah selanjutnya kabel hitam spul di hubungkan dengan soket avometer warna hitam, terlebih dahulu setting avometer di Ohm atau Hambatan, tahanan akuratnya 0,2 sampai 1,0 Ohm lebih dari spesifikasi yang dianjurkan penggantiannya.

Baca Juga :  Harga Ban Michelin Terbaru dan Terlengkap 2019

Pulser

Ini dibilang susah susah gampang, karena umumnya motor susah hidupnya jika mesin masih dingin tapi kalau sudah panas mudah hidupnya. Pengecekannya dengan cara tidak bisa di lihat saja, harusnya mesti diukur pakai avometer. Dengan suhu biasa 20 derajat atau keadaan mesin dingin aturlah avo di Ohm tahanan yang diperoleh 250-380 Ohm.

spul

Penyebab spul mati banyak sekali variasinya. Tetapi, biasanya yang menjadi penyebab utama kerusakan umumnya dikarenakan umur yang sudah mendekati ajalnya.

Bagaimanapun hal itu memang terasa masuk akal mengingat setiap komponen mestinya mempunyai batas waktu pemakaian. Adapun lainnya, permasalahan kelistrikan ini juga terjadi disebabkan terkena air terlalu deras yang mengakibat konslet.

Cara Memperbaiki Spul Rusak

Daripada berlama lama, langsung saja kita simak cara memperbaiki spul motor yang rusak dengan gampang sebagai berikut ini.

Buka Spul Motor Terlebih Dahulu

Pertama-tama tentu saja sobat mesinmotor harus membuka komponennya terlebih dahulu. Membukanya tidaklah susah sebab cuma dibutuhkan untuk melepas setiap baut di dalamnya.

Namun tetap saja harus teliti setiap posisinya supaya dalam pemasangan kembalinya tidak salah. Pergunakanlah beberapa peralatan pendukung seperti gergaji besi supaya lebih mudah melepas lem yang menempel pada komponen.

Kumparan dan Area Spul di Bersihkan

Mungkin saja yang menjadi penyebab kerusakan tersebut karena kotoran yang terlalu banyak di area sekitar komponen. Jadi bagusnya sobat mesinmotor membersihkannya dan jangan sampai lupa untuk membersihkan tempat kumparan.

Persiapkan Peralatan untuk Melilit Spul

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa cara perbaiki spul motor yang rusak ini lebih ditekankan pada pelilitan ulang spul yang diklaim sudah rusak.

Jadi sebelum memulai prosesnya, terlebih dahulu mempersiapkan peralatannya yang meliputi kawat, pulpen bekas, dan lem besi.

Baca Juga :  40 Harga Alarm Motor Tercanggih dan Terbaik 2019

Proses Pelilitan

Sekarang sudah saatnya melakukan proses pelilitan ulang spul. Supaya prosesnya lebih  gampang,

spul

maka pergunakanlah beberapa alat yang sudah dipersiapkan seperti kawat bekas pulpen yang dibungkus dengan lilitan kawat kawat baru yang sudah dipersiapkan. Butuh diperhatikan untuk ukuran kawat baru sebaiknya sama dengan kawat aslinya atau bawaan supaya cocok.

Tambahkan Lem supaya Merekat dengan Baik

Setelah dirasa sudah berhasil melilitnya dengan sempurna. Maksudnya tidak terlihat regang dan semuanya tersambung dengan baik.

Cara selanjutnya adalah menambahkan lem besi di dalamnya. Lem besi dipakai supaya perekatan pada komponen kelistrikan tersebut lebih erat. Jadi tidak akan mudah lepas nantinya.

Pengecekan Ulang

Tips di atas sebenarnya sudahlah selesai. Tetapi, janganlah lupa untuk melakukan pengecekan apakah telah berhasil berfungsi atau tidak.

Mudah kok caranya, Sobat mesinmotor cukup menggunakan bantuan AVO meter untuk mendeteksi hubungan kelistrikannya.

Selain itu, mengukur hubungan ujung kawat satu dengan lainnya juga dapat diaplikasikan. Apabila semuanya terbukti terhubung maka otomatis semua prosesnya sudah dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Dan demikianlah ulasan tentang cara mengetahui Penyebab spul rusak dan cara memperbaikinya, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat mesinmotor sekalian, dan alangkah indah nya jika sobat mesinmotor sekalian share artikel ini agar bisa terjangkau oleh semua orang, terima kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :