Resistor

Diposting pada

Resistor – Penerangan pada kendaraan yaitu lampu adalah komponen yang sangat penting pada kendaraan pada saat digunakan berkendara di malam hari. Kali ini kita akan membahas tentang lampu motor. Lampu motor yang mempunyai pencahayaan yang minim dapat mengakibatkan kecelakaan. Biasanya orang orang untuk mengatasi hal tersebut dengan menghindari hal yang tidak diinginkan contohnya seperti ditilang polisi atau yang berbahaya nya yaitu kecelakaan karena lampu minim cahaya ataupun mati, pasti kebanyakan berfikir tinggal langsung diganti saja lampu tersebut. Namun ada cara lampu motor lebih terang yang dapat Sobat lakukan yaitu memperbaikinya loh.

resistor

Penyebab Lampu Tidak Terang

Sebelum mengetahui cara melakukannya, alangkah lebih baik Sobat perhatikan dahulu penyebab lampu tidak terang sebagai berikut :

Pemakaian lampu sudah terlalu lama

Masa pemakaian memang tidak dapat menipu, apapun bendanya tentunya mempunyai masa penggunaan, hal yang sama juga  dengan lampu. Penggunaan lampu yang sangat lama pastinya akan mengurangi kemampuan lampu itu dengan perlahan. Sehingga lampu tentunya akan mengalami penurunan kemampuan yang dapat berakibat pada redupnya cahaya lampu.

Tahanan yang besar pada rangkaian lampu

Tahanan atau resistance adalah hambatan yang fungsinya menahan tegangan sebuah rangkaian elektrik. Sebab hal ini arus yang tersalur di ujung rangkaian pada beban tidak maksimum yang pada akhirnya beban atau lampu ini tidak bersinar secara optimal. Hambatan ini asalnya bisa dari banyaknya sambungan di sepanjang rangkaian atau terdapa kerak pada terminal lampu. Sementara itu pada kabel yang terhubung tidak kencang juga dapat mengakibatkan meningkatkan hambatan suatu rangkaian.

Baca Juga :  Harga Lampu Projie : Beat, Vixion, Jupiter dan Mobil 2019

Tegangan kiprok yang melemah

Ketika lampu hidup, listrik yang digunakan asalnya dari kiprok pada dinamo altenator. Yang kita ketahui bahwa altenator akan menghasilkan arus listrik dengan takaran sesuai dengan RPM mesin, hal tersebut dapat membuat lampu bisa terang saat RPM mesin tinggi dan redup saat mesin berputar di RPM idle. Namun apabila tegangan yang didapat kiprok lebih lemah dari yang biasanya itu dapat berefek pada pencahayaan yang akan minim terang serta gangguan di sistem elektrikal lain contohnya horn.

Cara membuat lampu depan motor lebih terang

Walaupun zaman sekarang sudah banyak sekali produsen lampu yang membuat lampu HID yang membuat lampu menyala lebih terang. Nah, ini yang menjadi titik beratnya yaitu biaya bahwa untuk mendapatkan lampu HID akan mendapatkan kesulitan bagi yang low budget, karen lampu tersebut mempunyai harga yang dibilang cukup mahal. Tapi tenang saja Sobat karena banyak cara agar lampu motor terang yang dapat diaplikasikan untuk membuat lampu motor bisa menjadi lebih terang dari yang sebelumnya. Contohnya saja Sobat bisa menggunakan resistor dan dioda.

resistor

Dikesempatan yang senggang ini kami akan memberikan sebuah cara yang cukup simple untuk yang bisa buat lampu motor menjadi lebih terang dengan memakai dioda.

Kenapa harus memakai dioda?

Alasannya lebih dari ke penggunaannya sebab lebih banyak orang yang memakai dioda resistor dan relay. Komponen ini mempunyai fungsi yaitu dapat menyimpan arus listrik kemudian melepaskannya, sehingga membuat lampu motor lebih terang.

Cara membuat lampu motor lebih terang dengan dioda

Sebelum Sobat melakukan tahap ini, sebelumnya siapkan bahan-bahan yang akan dipakai berikut ini.

Bahan bahan

  • Dioda 6 ampere 3 buah
  • Dioda 1 ampere 1 buah
  • Fiting lampu
  • kabel secukupnya
Baca Juga :  Kruk As : Pahami Tanda Kerusakan dan Modifikasinya

Langkah-langkah

  • Langkah awalnya yaitu ketiga dioda yang mempunyai kapasitas 6 ampere dibuat sebagai rangkaian paralel. Dimana yang terdapat kode lingkaran warna putih itu menunjukan positif jangan sampai tertukar, lalu sambungkan pada kutub positifnya didalam kontak dan kutub negatifnya pada bagian kabel minus fiting.

resistor

  • Selanjutnya, kabel minus yang terdapat di fiting dipotong dan disambungkan pada bagian negative yang terdapat pada rangkaian dioda tadi.
  • Setelah itu, dioda yang sebesar 1 ampere itu pada kutub positif itu disambungkan pada bagian fiting lampu jauh. Dioda 1 ampere mempunyai fungsi yaitu agar sensor lampu jauh yang terdapat pada motor Sobat dapat mati, dengan begitu Sobat dapat mengubah sendiri mau digunakan lampu jauh atau lampu dekat.
  • Tahap terakhir pada bagian kutub lainnya disambungkan menggunakan saklar external yang akan kita pasang, jadi Sobat dapat mengatur kapan ingin menggunakan Boosternya.

Cukup mudah bukan cara membuat lampu motor lebih terang.

Cara membuat lampu motor lebih terang dengan resistor

Trik membuat lampu motor lebih terang dengan resistor ini dipakai dengan memasang sebuah resistor 680 ohm/1 watt dikabel spull lampu dari generator ke kiprok. Hasilnya tegangan yang didapat oleh generator dengan yang masuk di dalam kiprok tidak akan sama. Lalu, tegangan yang datang didalam kiprok bisa lebih rendah yang pada akhirnya regulasi tegangan yang timbul akan lebih besar dari yang biasanya. Cara ini dapat menghasilkan tegangan yang masuk didalam lampu sekitar 15 volt.

dikarenakan tegangan ini lebih besar, maka lampu akan menyala lebih terang. Bahkan apabila ingin agar lampu motor lebih terang lagi, Sobat dapat ganti resistor dengan tegangan lebih besar, namun yang harus di ingat bahwa semakin besar tegangan yang dipakai. Maka potensi lampu motor juga akan lebih cepat mati sebab terlalu panas sehingga cara yang paling sesuai yaitu dengan memakai variable resistor yang berjenis potensio. Hasilnya Sobat cuma butuh memutar potensio untuk dapat tegangan yang diinginkan. Cukup mudah bukan cara agar lampu motor lebih terang.

Baca Juga :  Kaca Helm Motor

Demikian artikel tentang cara membuat lampu motor jadi terang, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk tidak ketinggalan artikel terbaru lainnya. Terima kasih

Artikel MesinMotor Lainnya :