biaya-service-radiator-mobil

Biaya Service Radiator Mobil Yang Bocor

Diposting pada

Radiator Bocor – Radiator mobil kalian sedang bermasalah seperti bocor, atau karena sirkulasinya yang terhambat? Jika kalian mendapatkan permasalah di radiator tersebut, harus cepat-cepat diservice gan, karena itu dampaknya sangat fatal nantinya.

biaya-service-radiator-mobil

Pengertian

Radiator mobil yang bocor, tentunya air yang berada di dalam radiator akan terus berkurang dengan sendirinya. Bila tetap dipaksakan, tentu akan menyusahkan kamu untuk isi ulang terus menerus. Jangan sampai lupa bisa-bisa bahaya mobil mengalami over heating karena tidak mengalami pendinginan yang optimal.

Jika over heating? Wuahh, bisa berkali-kali lipat biaya yang diperlukan untuk membongkar mesin, lebih baik kamu perbaiki radiator itu segera atau beli radiator yang baru.
Sama saja ketika radiator terlalu kotor yang membuat sirkulasi air tidak lancar, ditambah ruang untuk pendinginan air juga tidak maksimal. Efeknya hampir sama, yaitu ditakutkan terjadinya over heating.

Sering kali bengkel langganan kita tempat kita menservis kendaraan tidak menerima jasa servis radiator, mau tidak mau kita sendirilah yang datang langsung ke bengkel servis radiator. Bisa juga sih melalui bengkel untuk dilepas radiatornya terlebih dahulu, jadi nanti yang bawa radiator ke tukang radiatornya adalah montir bengkel. Itu bila tidak pengen ribet. (baca juga : Cara Membersihkan Radiator Mobil)

Penyebab Utama yang membuat terjadinya over heat pada mesin Mobil di antaranya :

Kondisi Radiator yang rusak (Bocor), bisa di tandai dengan melihat radiator kotor berkerak yang mengakibatkan sirkulasi menjadi kurang lancar. dan kipas pendingin pun menjadi tidak maksimal.
Water Pump lemah , yang mengakibatkan sirkulasi pemompaan kurang optimal
Tutup radiator Rusak , biasanya masalah ini sering di abaikan dan di anggap sepele padahal fungsi tutup radiator sebagai jalur pernafasan penguapan, jika tutup radiator rusak maka performa radiator akan berkurang.
Terjadinya kebocoran pada selang radiator, yang mengakibatkan sirkulasi air dari reservoir menjadi terhambat.

Baca Juga :  Harga Lampu Projie : Beat, Vixion, Jupiter dan Mobil 2019

Ciri – Ciri Radiator Bocor

Radiator dalam kondisi normal , bisa bertahan selama 6 bulan tanpa harus disini Coland ( air pendingin radiator), dan jika mengalami masalah radiator biasa nya radiator akan cepat habis di tandai dengan pergantian air radiator seminggu atau pun setiap hari ketika berkendara.

Selain itu ciri – ciri radiator rusak bisa diketahui dari kondisi radiator yang terdapat flak putih yang dikarenakan terdapat air yang bercampur debu yang mengering, dan inilah spot yang mengalami kebocoran pada radiator,

dan jika kita sudah mengetahui permasalah terjadinya over heat karena masalah radiator yang rusak ada baiknya kita membawa ke tempat perbaikan Radiator agar kerusakan pada Radiaotor tidak bertambah Parah

biaya-service-radiator-mobil

Cara memastikan radiator bocor atau tidak Cara memastikan radiator mobil bocor atau tidak sebenarnya sangat mudah,,, caranya seperti mengecek ban dalam motor bocor/ tidak: Tutup semua lubang radiator dengan plastik dan ikat dengan karet, kecuali lubang pembuangan air, setelah ditutup masukkan radiator ke dalam air tapi jangan sampai air masuk ke dalam radiator, lubang pembuangan yang tidak tertutup tadi tidak boleh masuk ke dalam air (misalnya bak di kamar mandi).Lalu tiuplah dengan kuat lubang yang tidak tertutup tadi sambil melihat air apakah ada gelembung udara yang keluar dari air? jika ada berarti memang ada kebocoran.

Adapun kerusakan radiator Beberapa kasus radiator rusak/ tidak bisa mendinginkan mesin bukan karena kebocoran akan tetapi faktor lain misalnya:

1. Kipas radiator sudah lemah sehingga tidak bisa menyemburkan udara dengan kencang, ini menyebabkan pendinginan air di radiator tidak maksimal

2. Radiator buntu, nah ini menyebabkan air dalam radiator tidak mengalir atau alirannya lambat sehingga aliran air untuk mendinginkan mesin juga lambat.

Baca Juga :  Harga Helm Cakil : Pilot, Jadul, KYT, Vespa Terbaru 2019

Nah ngomong-ngomong masalah biaya atau ongkos servis radiator, tentu saja setiap bengkel memiliki tarifnya masing-masing. Terlebihnya lagi dipengaruhi oleh susah tidaknya melepas radiator dari mobil, perbaikan yang dilakukan dan penggantian. So, artikel ini dinamakan perkiraan karena saya tak tahu harga pastinya di setiap bengkel. Dan ini sesuai dengan pengalamannya.

Kemungkinan Biaya Service Radiator Mobil :

1. Ongkos servis radiator + pelepasan dari mobil

Ongkos servis radiator dengan rincian korok (dibersihkan), penambalan bila bocor sampai pelepasan dan pemasangan radiator ke mobil biasa memangkas ongkos 200 an ribu. Tergantung dari susah tidaknya melepas dari mobil, dan banyak sedikitnya kotoran serta banyak sedikitnya komponen yang ditambal.

2. Ongkos servis radiator

Apabila Anda sudah melepas radiator sendiri, maka dengan servis biasa pada umunya hanya memakan ongkos sekitar 100 ribu rupiah saja. Bisa juga lebih murah dari itu bila, tidak ada penambalan.

3. Bila ada penggantian

Terkadang perlu dilakukan penggantian atau penambahan komponen, seperti pada bagian atas radiator atau dilakukan pengelasan dan penambahan komponen seperti pada lubang masuk atau lubang keluar dari radiator. Tentu perlu penambahan biaya seharga harga komponen + biaya pemasangannya

Nah bagi pecinta otomotif yang memiliki masalah radiator lebih baik segera diservice, pilihlah tempat service radiator yang sudah punya reputasi (nama baik) atau cukup ramai…tanya-tanya pada teman dulu dimana tempat service yang baik di kota tersebut.

Baca Juga Artikel MesinMotor.com Lainnya :