Power Jet Karburator

Diposting pada

Power Jet Karburator – Pada era sekarang ini, motor-motor sudah tidak menggunakan karburator. Karena sudah ada teknologi injeksi yang dinilai dapat menghemat bensin dengan menggantikan peran dari karburator. Namun, nyatanya masih banyak yang memakai karburator dikarenakan dinilai mudah buat di modifikasi untuk menyesuaikan kinerja dan performa yang diinginkan.

Salah satu hal yang dapat dilakukan dengan karburator adalah dengan setting pilot jet dan main jet. Apabila motor sudah di modifikasi mesinnya, umum nya butuh adanya penyesuaian di karburator agar dapat mengimbangi suplay bensin yang diperlukan di ruang pembakaran. Setting pilot jet dan main jet mempunyai istilah lain yaitu setting spuyer yang berasal dari Bahasa Belanda spujer yaitu semprotan.

Power Jet

Power Jet Karburator ibaratkan doping buat motor, untuk mendongkrak kemampuan top sped pada sepeda motor yang menggunakan karburator standar, apabila memperbesar pilot jet dapat beresiko motor jadi boros dan mempunyai suara yang aneh di putaran bawah maka dengan cara ini karburator akan tetap stabil namun tidak drop pada putaran atas. Prinsip kerja Power jet buatan ini hanya mengandalkan isapan kompresi di sepeda motor tersebut jadi cuma bisa bekerja pada rpm tinggi dan tidak akan berpengaruh pada putaran bawah jadi masih aman untuk keseharian.

power-jet-karburator

Kelebihan dan Kekurangan

Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam memasang power jet, dapat sobat lihat dibawah ini :

Kelebihan memasang power jet

  • Dengan adanya penambahan power jet, gejala seperti kekeringan pada rpm atas, contohnya pada saat top speed dapat diatasi tanpa butuh Mainjet yang besar. Resiko dari mesin jebol disebabkan kekeringan pada rpm tinggi juga berkurang.
  • Bensin dapat lebih irit karena MJ dapat dikecilin tanpa takut ada nya kekeringan, dan juga respon gas diputaran tengah juga dapat lebih baik.
Baca Juga :  40 Harga Alarm Motor Tercanggih dan Terbaik 2019

Kekurangan memasang power jet

Dibutuhkan jetting ulang lagi, namun dengan setingan MJ yang pas dengan power jet

Cara membuat power jet karburator

Dengan seringnya ajang drag jarak pendek, diharuskan mempunyai mesin yang mempunyai kemampuan mumpuni, namun karena terkendala budget tetapi sobat dapat modifikasi karburator yang standar memaksa engine bermain pada putaran tinggi. Dengan melakukan itu maka diharuskan mempunyai suplay bahan bakar yang mumpuni, jika tidak bakal hamsyong.

Namun, tidak usah khawatir karena terdapat cara supaya bahan bakar tidak terkucur kuras yaitu dengan yaitu dengan penerapan power jet di karburator. Sebenarnya pada karburator ini telah tersedia jalur untuk power jet karbu. Jadi, kita tinggal langsung memanfaatkan untuk modifikasi karburator motor. Memang bisa dibilang ada, tetapi untuk fungsinya tidak semaksimal apabila kita menggunakan alat tambahan. Contohnya seperti slang, atau bisa sebut tunner.

Loh, kenapa kok tidak maksimal sih? Karena dengan terdapatnya slang dan semakin panjangnya slang, maka untuk suplay bensin buat di putaran atas semakin lama. Beda dengan cuma memanfaatkan jalur karburator saja. Tetapi tenang aja kok tidak apa apa karena langkah yang akan kita lakukan ini tidak menguras kantong hehe, hanya bermodalkan mata bor dan lem saja. Langsung saja kita eksekusi ya :

  • Langkah pertama, sobat harus mengetahui terlebih dahulu jalur atau saluran yang dapat digunakan buat power jet. Yaitu terdapat di mangkok dan badan karburator bagian samping. Namun, saluran ini masih dalam posisi tertutup. Maka itu butuh dilubangi.
  • Mata bor yang di gunakan, alat yang biasa digunakan untuk membuat merojok atau membesarkan lubang spuyer. Untuk satu set atau kemasannya ada yang mulai ukuran 0,3 – 1,6 mm. Tetapi untuk praktek kali ini bisa menggunakan yang 0,8 mm saja.
  • Lubangnya sedang sedang saja jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil  juga. Apabila terlalu besar malah ngga ada tekanan balik. Bensin jadi tidak mau naik dan apabila terlalu besar juga tidak maksimal.
  • power-jet-karburator
  • Pertama, lubangi atau tembuskan jalur yang ada disisi samping karbu. Jalur ini, buat jalur masuk dari mangkok. Setelah dilubangi, tutup permukaan lubang pakai lem besi. Lalu, lanjutkan tembuskan ke bagian venturi. Kalau udah lalu tutup lagi pakai lem besi di permukaan lubang.
Baca Juga :  Memahami Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Motor Diesel

power-jet-karburator

  • Sekarang pada bagian bodi telah tembus. Langsung bisa buat jalur pada bagian mangkok. Gunakanlah mata bor yang sama, Sekarang tembuskan jalur yang terdapat pada bagian ujung mangkok. Namun, supaya jalur bisa terisi bensin dari dalam mangkok, untuk itu jalurnya harus ditembuskan sebab tidak mungkin bor dari sisi dalam mangkok, untuk itu teknik pengeboran harus dilakukan dari sisi luar. Karena ruang untuk posisi mata bor itu terbatas. Maka haruslah dari luar.
  • Apabila telah tembus, jangan ketinggalan juga bagian luar yang telah dibor itu ditutup gunakan lem. Kini semua proses yang dilakukan telah, tinggal merakit ulang karburator dan pasang. Sekarang rasakan sensasinya.

power-jet-karburator

Demikianlah artikel tentang power jet karburator, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekali dan jangan lupa di share ya hehe… Terima Kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :

Pilot Jet ; Ukuran, Harga dan Cara Menaikan Pilot Jet Kekecilan

Cara Mengganti Oli Gardan Motor Beat dan Waktu Idealnya

Cara mengetahui Penyebab Spul Rusak dan Cara Memperbaikinya