Penyebab Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin

Diposting pada

Penyebab Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin – Halo sob.! Pada Umumnya mesin motor itu memiliki tabung selang pernafasan yang mempunyai fungsi sebagai pencegah ruang mesin dari kekosongan.

Serta dalam kondisi normal selang pernafasan hanya akan mendorong gas / udara keluar dari mesin tanpa oli dan jika mendeteksi oli ikut keluar, maka hal itu menunjukkan ada yang salah dengan sepeda motor tersebut.

Selanjutnya apakah penyebabnya oli mesin dapat naik ke filter udara? Volume oli motor memiliki dosisnya sendiri, apabila melebihi dosis yang disarankan pabrik, maka oli akan tumpah ke filter udara dan bisa membuat mesin menjadi berat.

Mengapa oli tumpah ke filter udara dan bukannya langsung ke lantai? Sebab hampir di setiap mesin, selang pernafasan mesin disuplai ke kotak filter udara sehingga tidak ada benda asing yang memasuki selang pernafasan yang terhubung langsung ke interior mesin.

Penyebab Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin

Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin
Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin

Di bawah ini terdapat beberapa faktor yang menyebabkan oli terkadang sering keluar melalui selang pernafasan, untuk lebih jelasnya, simak ulasannya sebagai berikut :

Oli Mesin Terlalu Banyak

Jika kapasitas oli mesin terlalu banyak dan melebihi batas yang diberikan oleh merek atau pabrikan sepeda motor tersebut, itu dapat menyebabkan oli masuk ke udara melalui selang pernafasan karena oli berada di dalam mesin dan tidak mampu bersirkulasi dengan begitu maksimal karena kapasitas daya tampungnya berlebihan atau tidak tepat dari blok mesin.

Dan ketika mesin dinyalakan, oli pasti akan terbuang sia-sia melewati selang pernafasan dan cara mengatasi masalah ini yaitu dengan mengurangi oli sampai ke batasnya syarat atau yang sesuai dengan kapasitas oli mesin yang terlihat pada alat ukurnya.

Baca Juga :  Harga Sparepart Honda : Beat, Vario, Revo Resmi Original Terbaru

Alat ukur tersebut sering ditemukan pada penutup oli mesin atau pada tutup kopling seperti kaca untuk melihat ukuran oli mesin.

Keaslian Oli Jangan Gunakan Oli Palsu

Di zaman sekarang ini sudah semakin banyak merek yang memproduksi minyak palsu menggunakan kemasan merek terkenal, yang tentunya dapat menyebabkan minyak dengan cepat memasuki wadah udara melalui selang pernafasan karena tingkat kekentalan olinya tidak memiliki kecocokan.

Dengan kekentalan oli yang dibutuhkan untuk kendaraan, tentu dapat menyebabkan bagian-bagian mesin cepat aus dan mesin memanas dengan cepat.

Ring Piston Aus

Kondisi ring piston yang telah aus selain dapat menyebabkan motor menjadi kekurangan tenaga juga bisa menyebabkan oli ini akan keluar ke saringan udara melalui selang pernafasan mesin, tentu saja hal ini disebabkan oleh tekanan kompresi hasil pembakaran mesin motor yang tidak dapat lagi ditahan sepenuhnya oleh ring piston.

Serta tekanan yang dapat memasuki ruang mesin dan dapat menyebabkan oli mesin tersebut dikeluarkan dari mesin melalui selang pernafasan yang mengarah ke filter udara.

Itu sebabnya, kenapa oli keluar dari saringan udara pada sepeda motor, dan cara memperbaikinya yaitu dengan sesegera mungkin mengganti ring piston dengan yang baru, untuk lebih optimalnya lagi dengan mengganti suku cadang yang asli/original.

Kerusakan Pompa Oli

Selain volume oli, sirkulasi juga bisa memicu hidupnya lampu pada indikator oli.

Sistem ini memiliki sensor tekanan oli yang terletak di salah satu kompartemen atau rongga mesin.

Sensor ini juga dapat memeriksa tekanan pada aliran oli mesin. Jika tester mendeteksi adanya kelebihan dari tekanan aliran yang normal, maka lampu indikator tersebut akan hidup.

Dalam kondisi ini, pompa oli dasar sangat berpengaruh karena tekanan dan sirkulasi oli di mesin akan dibebankan kepada komponen-komponen ini.

Baca Juga :  Helm Half Face : KYT, INK, NHK Terbaik dan Termurah

Kerusakan pada pompa oli dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi, salah satunya adalah karena poros pompa dan poros engkol dipisahkan.

Mungkin itu saja yang bisa mesinmotor.com sampaikan kali ini terkait pembahasan mengenai Penyebab Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin, semoga ulasan ini bisa sangat membantu dan bermanfaat untuk sobat sekalian.

Baca Juga :