Penyebab Lampu Meredup

Diposting pada

Halo sob.! Dikesempatan kali ini kembali akan kami paparkan pembahasan terkait mengenai penyebab lampu motor meredup. Namun dikesempatan sebelumnya, dimana kami juga telah menyampaikan pembahasan mengenai Cara Bobok Knalpot. Baiklah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Lampu Motor Redup

Penyebab Lampu Meredup
Penyebab Lampu Meredup

Di bawah ini terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa lampu motor meredup, berikut ini penjelasannya :

1. Soket lampu kendor

Seperti yang kita ketahui bahwa aliran prinsip kerja daripada arus listrik itu sama hlany seperti air. Yang mana pada saat kita mengalirkan air dengan menggunakan, namun selang tersebut dalam posisi kendor.

Maka sudah pasti air tersebut akan meluber keluar sehingga kemudian menyebabkan hanya sedikit air yang akan sampai ke bak penampungan.

Demikian pula dengan sistem arus listrik, yang mana apabila ada soket yang kendor maka hal tersebut akan menyebabkan arus listrik yang mengalir menuju ke lampu akan menjadi semakin berkurang. Sehingga Hasilnya cahaya lampu yang akan akan dihasilkan menjadi redup.

2. Soket lampu karatan

Kemudian bahan pembuatan Soket lampu ialah menggunakan bahan dari logam dengan dibentuk seperti plat. Namun pada plat dari bahan logam ini juga pasti bisa karatan. Nah apabila soket tersebut berkarat , maka sudah pasti adanya karatan tersebut akan menjadi penghambat berlangsungnya aliran arus listrik yang menuju ke lampu.

Sehingga akhirnya membuat daya listrik yang mengalir menuju ke lampu menjadi semakin rendah dari yang seharusnya. Kemudian membuat cahaya lampu akan menjadi semakin berkurang tingkat pencahayaannya.

Baca Juga :  Penyebab Tarikan Motor Lambat

Nah biasanya adanya karatan pada soket ini, dapat juga karena disebabkan oleh sejumlah hal, yang diantaranya ialah karena terkena air hujan yang masuk kesetiap celah pada head cover motor dan kemudian melekat pada soket ini.

3. Baterai lemah

Kemudian faktor penyebab selanjutnya adalah karena Aki atau baterai, yang mana seperti yang kita ketahui bahwa fungsi aki ialah sebagai penyimpan arus listrik.

Dimana pada ketika kita menghidupkan semua sistem kelistrikan pada motor dalam kondisi mesin mati, maka pada saat itu juga aki akan menyediakan daya listrik yang dibutuhkan oleh setiap komponen.

Maka apabila aki sudah mulai melemah, secara otomatis sistem pada semua kelistrikan yang akan dihidupkan tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Seperti misalnya ketika kita menekan tombol klakson, maka suara yang akan dikeluarkan pasti tidak keras seperti biasanya/sember, dan lampu yang redup.

4. Kiprok lemah

Kemudian apabila aki memiliki fungsi guna menyimpan arus listrik, maka kiprok dan spull juga ialah merupakan suatu komponen yang memiliki fungsi guna mengatur dan mengisi daya aki.

Selain itu tugas kiprok dan juga spull bukan hanya sekedar untuk melakukan pengisian saja, namun pada dua komponen ini juga bertugas untuk mengatur dan menunjang setiap sistem kelistrikan pada saat mesin dinyalakan.

Jadi dengan kata lain, pada saat mesin motor sudah dalam kondisi menyala maka pada saat itu juga baterai sudah tidak lagi bertugas sebagai penyedia sumber listrik, akan tetapi kiprok dan spull lah yang akan mengambil peranan aki untuk menyediakan listrik terhadap semua sistem kelistrikan.

Maka dengan sudah sangat jelas, yang mana jika kiprok atau spull rusak maka hal tersebut akan berdampak terhadap arus pengisian yang akan terganggu. Sehingga akhirnya menyebabkan lampu motor menjadi redup.

Baca Juga :  17 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak, Rusak, atau Mati Paling Ampuh

5. Kabel lampu meleleh

Kemudian yang menjadi penyebab lampu rem redup selanjutnya ialah, bisa karenan di sebabkan ada kabel yang meleleh sehingga menjadi penghambat arus listrik.

Yang pada akhirnya listrik yang akan dialirkan oleh sumber arus menuju ke lampu akan menjadi berkurang.

Nah Lelehan yang terjadi kabel ini juga bisa terjadi dibagian soket. Khusus pada ketika keadaan soket yang sudah terlalu panas.

Yang mana adanya Panas ini juga dapat timbul karena disebabakan adanya loncatan elektron yang berlangsung didalam soket sehingga akhirnya menyebabkan adanya kenaikan suhu diksekitarnya.

Cara Mengatasi Lampu Motor Meredup/ Kurang Terang

Nah setelah kita sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab, lampu rem kurang terang atau meredup. Maka selanjutnya kita akan coba untuk mengatasinya dengan beberapa penjelasan yang terdapat di bawah ini.

  • Pada saat mesin dalam keadaan mati, nyalakan lampu sein. Apabila kedua lampu sein berfungsi dengan baik(bedkedip) maka itu artinya bateri O.K. Namun jika tidak berkedip, maka artinya aki motor anda soak/tekor.
  • Lakukan pemeriksaan pada soket lampu, pastikan apa soket tersebut masih dalam kondisi normal atau tidak. Kemudian perhatikan juga tidak terdapat lelehan atau karatan pada soket. Apabila terdapat lelahan, maka itu artinya anda harus mengganti soket tersebut dengan yang baru.
  • Lakukan pengecekan pada kabel lampu motor mulai dari ujung sampai ke bagian ujung selanjutnya. Selain itu harap pastikan juga bahwa kabel semuaya masih dalam kondisi normal (tidak terdapat sambungan/ada sedikitpu kabel yang terkelupas).
  • Kemudian setelah melakukan beberapa cara diatas namun masalahnya masih belum ditemui juga, maka lakukan pengecekan pada kiprok. Setelah itu ketika mesin kodsisi hidup, maka lakukan pengukuran tegangan output yang dialiri oleh kiprok dengan memakai alat voltmeter. Apabila tegangannya kurang dari 11 Volt maka itu artinya ada suatu kerusakan.
Baca Juga :  Cara Menghilangkan Baret Pada Kendaraan

Kemudian cara yang terakhir ialah dengan menggunakan sebuah alat khusus dengan berupa volt meter atau multimeter.

Dimana pada umumnya alat ini hanya tersedia di bengkel dan juga dimiliki oleh beberapa teknisi elektronika.

Maka jalan alternatifnya ialah dengan membawa motor kita ke bengkel terdekat agar semua masalah bisa segera teratasi

Demikianlah yang bisa mesinmotor.com sampaikan, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :