Pelek Motor
Pelek Motor

Pelek Motor

Diposting pada

Pelek Motor – Untuk mengubah warna pada pelek dengan menggunakan cat ialah salah satu tahap mengubah cahaya agar terlihat lebih menarik atau bagus pada bagian pelek motor.

Mesinmotor.com akan mengupas materi seputar otomotif dengan judul Pelek Motor. Dimana penjelasan akan dibahas berdasarkan Definisi, Tips, Proses dan Fase.

Definisi

Nah untuk sobat yang memiliki kendaraan roda dua, yaitu sepeda motor, ini tentu akrab dengan komponen ini. Fungsi komponen ini tidak kalah pentingnya dari komponen lainnya.

Pelek Motor

Komponen ini disebut dengan nama yang biasa disebut pelek atau velg, dimana komponen dari motor yang sangat berpengaruh pada penampilan dan nilai estetika sebuah motor. Khusus untuk pria, ya, yang sangat suka mengganti komponen motor.

Di dunia otomotif, terutama motor, ada dua jenis pelek yang sangat populer, terutama bagi kaum pria. pelek ialah roda jari-jari atau yang biasa disebut ruji dan pelek racing atau biasa disebut pelek palang.

pelek ruji menggunakan potongan besi yang terlihat seperti tusuk sate. Sedangkan pelek racing atau pelek palang ialah hasil cetakan dari mesin yang memiliki bentuk lebih padat dan terlihat lebih keras dari pelek ruji.

Tips Cara Pengecatan Pada Pelek Motor

Nah, jika sobat melihat motor melintas di jalan raya, terutama motor yang menggunakan pelek berbentuk lingkaran biasanya memiliki beragam warna. Ada warna bawaan dari pabrikan, tetapi tidak sedikit pelek merupakan hasil modifikasi bengkel atau ke pemilik kendaraan itu sendiri.

Saran cara melukis pelek dengan motor jari, agar warna lebih menarik dan lebih hidup muncul. Sekarang di materi ini kita akan berbagi cara melukis pelek dengan motor jari. Untuk Anda semua yang senang dengan dunia otomotif atau tidak karena Anda hanya ingin tahu, mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga :  Ukuran Parkir Motor

Bahan Dan Alat Yang Dibutuhkan

Sekarang, sebelum kita semua melakukan pengecatan, jelas hal utama yang perlu dipersiapkan adalah peralatan yang dibutuhkan untuk membuat lukisan itu. Peralatan yang diperlukan ialah sebagai berikut:

  • Cat besi, Anda bisa menggunakan cat merek apa saja yang penting, judulnya adalah cat besi.
  • Lebih tipis, lebih tipis itu berfungsi seperti campuran cat besi sebelumnya, sehingga cat tidak cepat kering.
  • Kuas proses cat menggunakan kuas untuk mendistribusikan hasil cat dengan sempurna pada setiap velg.
  • Wadah cat.
  • Kertas isolasi, digunakan untuk menutupi bagian lain dari roda yang tidak ingin terkena cat.
  • Kunci pas atau cincin pahat ini digunakan untuk membongkar roda depan dan belakang, serta beberapa komponen lain yang harus dilepas saat pengecatan dimulai.
  • Amplas ini berguna untuk membersihkan jari-jari mesin yang kotor dan kotoran yang sulit dihilangkan dan dihilangkan.
  • Deterjen dan spons setelah pengamplasan jari-jari motor, mereka harus segera dibersihkan dengan deterjen sehingga benar-benar dibersihkan dan digosok dengan spons. Hal ini dilakukan untuk menjaga velg tetap bersih sehingga cat melekat dengan sempurna saat dicat.

Proses Pembuatan Cat Pelek Motor

Cara melukis pelek motor ialah dengan mencampur cat terlebih dahulu. Langkah untuk mencampur cat ialah dengan terlebih dahulu menuangkan cat besi ke dalam wadah plastik, kemudian mencampur cat dengan lebih tipis.

Gunakan bagian yang tepat, ya, Anda mematuhi standar penggunaan yang ditemukan dalam cat atau kemasan lebih tipis. Aduk sampai merata hingga cat benar-benar bisa digunakan. Untuk warna cat sesuai dengan selera Anda.

Fase Pengerjaan

Untuk langkah-langkah pekerjaan itu sendiri dibagi menjadi beberapa fase untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat penjelasan di bawah ini:

Baca Juga :  Harga Helm NHK Full Face Terbaru 2019

Fase pertama pembersihan

Bersihkan semua ruji atau velg yang akan dicat, karena pasti ada banyak kotoran atau bahkan karat yang menempel di jari-jari Vleg. Apalagi jika kondisi rodanya panjang.

Cara untuk melakukan ini adalah menghapus roda depan dan kemudian belakang menggunakan kunci pas atau cincin. Roda mesin harus dilepas sehingga mudah untuk melakukan proses pengecatan baik selama pembersihan.

Fase perataan

Setelah melepaskan semua roda, segera periksa ujung roda, jika ada karat pada amplas, bersihkan dengan deterjen dan bersihkan dengan spons yang telah disediakan.

Kemudian keringkan sinar matahari selama sekitar 15 menit sehingga kondisinya benar-benar siap untuk dilakukan.

Fase penutupan

Jika ada velg yang warnanya berbeda dari bagian yang akan Anda cat, Anda harus terlebih dahulu menutupi bagian tersebut dengan kertas isolasi sehingga lebih bebas dalam proses pengecatan, sehingga ketika tidak ada noda cat yang tidak mereka bersih.

Fase Pengecetan

Dalam proses pengecatan ini ada dua metode yang bisa Anda lakukan, yang pertama adalah metode celup. Yang harus Anda lakukan adalah mencelupkan jari-jari roda ke dalam wadah yang telah diberi cat, tetapi sebelum mencelupkannya, Anda harus terlebih dahulu mengikatkan velg ke benang.

Kemudian direndam dalam wadah penuh cat, tujuan menggunakan benang ini adalah agar velg sepenuhnya tenggelam dalam cat. Meski begitu, Anda tidak memukul tangan Anda.

Kemudian, dijemur di bawah sinar matahari dan menunggu sampai kering, metode kedua adalah menggunakan kuas, satu-satunya cara adalah melukis roda secara merata menggunakan kuas secara merata, kemudian keringkan di bawah sinar matahari dan tunggu sampai benar-benar kering.

Proses kontrol

Cara pengecatan terakhir dengan motor jari dengan memeriksa lebih jauh. Setelah semuanya dikeringkan dan dikeringkan, lebih baik sebelum jari-jari pelek alloy dipasang kembali, pastikan hasil cat benar-benar sempurna berdasarkan apa yang Anda inginkan.

Baca Juga :  Karburator Mio

Jika ada bagian yang tidak sempurna, Anda harus membersihkannya lagi menggunakan amplas dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Kemudian, setelah memeriksa lagi dan hasilnya sesuai dengan yang Anda inginkan, sambungkan kembali roda alloy ke posisi yang sama dengan start.

Kemudian sambungkan kembali ke roda depan dan ke roda belakang, ini jelas Anda melakukannya dengan hati-hati dan dengan cara yang benar, sehingga hasil pengecatan tidak rusak dan tanpa cacat. Sederhananya, jika dilakukan sendiri untuk apa di bengkel menghabiskan biaya mahal. Intinya adalah jika Anda ingin mencoba semua yang dapat dan dapat Anda lakukan.

Sampai sinilah yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga: