Penyebab Oli Motor Bocor Dari Bawah

Diposting pada

Oli Motor Bocor Dari Bawah – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Oli memiliki fungsi sebagai pelumas yang untuk melumasi setiap komponen-komponen yang ada dibagian dalam mesin sehingga tidak cepat aus dan juga panas.

Dengan memilih oli yang tepat tentu saja hal tersebut bisa memaksimalkan kinerja mesin sehingga mesin lebih tahan lama dan bertenaga.

Selanjutnya setelah kita bisa memastikan bahwa oli yang kita gunakan sudah sangat tepat untuk mesin kendaraan motor kita.

Lantas berikutnya kita juga perlu mengetahui berbagai masalah yang masih berkaitan dengan oli.

Seperti yang kita ketahui bahwa apabila oli pada kendaraan motor kita mengalami kebocoran, yang mana jika kita abaikan adanya persoalan tersebut, maka hal tersebut bisa berakibat fatal pada kendaraan kita.

Dalam hal ini akan kita ulas penyebab oli motor bocor dari bawah dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Nah dalam kasus ini apabila sudah sobat semua temukan apa yang menjadi penyebabnya, maka kita akan segera bergerak untuk mengatasi dan menanganinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Motor Bocor

Oli Motor Bocor Dari Bawah
Oli Motor Bocor Dari Bawah

Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai penyebab dan cara penanganannya, simak baik-baik ulasannya sebagai berikut ini

Oli Bocor /Keluar Dari Celah Mesin Motor

Dalam hal ini yang menjadi faktor penyebabnya ialah karena disebabkan adanya kerusakan pada packing mesin motor atau karena sudah hancur.

Baca Juga :  Daftar Harga Ban Mizzle Termurah dan Terbaik

Nah kondisi ini muncul karena packing pada mesin sudah rusak/ aus sehingga akhirnya membuat oli dari dalam ruangan mesin mengalir dan keluar dari setiap celah pada mesin.

Nah untuk menangani / Mengatasinya sebenar cukup simpel dan sangat mudah, yakni cukup dengan mengganti packing mesin tersebut dengan packing yang baru tentunya.

Namun dalam pemilihan packing mesin harus yang original atau yang sesuai dengan standar pabrikan dan biasanya packing tersebut di bandrol dengan harga sekitar 10 ribu bahkan mencapai 500 ribu untuk harga perpicisnya.

Oli Bocor/Keluar Dari Celah Baut Oli Motor

Kemudian faktor penyebab selanjutnya yakni oli yang keluar dari celah baut, yang mana biasanya kondisi ini sangat sering dialami oleh sejumlah orang.

Nah penyebab adanya kondisi ini ialah karena disebabkan ring baut yang berada pada bagian bawah mesin untuk menutup pembuangan oli sudah rusak/slek atau aus.


Maka apabila kondisi ini sobat alami saat ini, cara untuk mengatasinya adalah dengan cara mengganti ring beserta bautnya denga baru.

Oli Bocor Dari Celah Perseneling Motor

Kemudian yang menjadi faktor penyebab oli bocor selanjutnya sehingga membuat oli keluar dari celah persneling ialah, biasanya kondisi ini disebabkan karena pada saat memasang seal perseneling tidak tepat/ kurang pas, selain itu bisa juga karena seal perseneling tersebut memang sudah rusak.

Nah apabila hal ini terjadi pada motor anda cara untuk mengatasinya sebenarnya cukup simpel, yakni cukup mengganti seal perseneling yang rusak tersebut dengan yang baru.

Namun pastikan juga apabila anda melakukan pemasangan sendiri, harap pasangkan seal tersebut dengan benar dan pas agar kebocoran oli tidak terjadi lagi kecuali memang sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru kembali.

Baca Juga :  52 Helm Motor Cross Trail Terbaik dan Terbaru

Oli Motor Cepat Susut Tapi Tidak Terjadi Kebocoran

Kemudian yang menjadi faktor Penyebab oli cepat sekali berkurang selanjutnya ialah bisa juga disebabkan karena mesin motor mengalami over heat atau mengalami peningkatan suhu panas yang berlebihan.

Yang mana pada umumnya adanya kondisi ini bisa juga karena disebabkan terjadinya penguapan oli yang mungkin terlalu over (berlebihan), kendala ini penyebabnya adalah karena kualitas oli yang kurang baik.

Nah cara untuk mengatasinya sebenarnya terbilang cukup mudah, yakni cukup dengan mengganti oli yang memiliki kualitas yang lebih baik dari sebelumnya dan juga harus diingat upayakan agar tidak lupa selalu menservis motor anda dengan secara berkala 1-2 bulan sekali tergantung jarak tempuh yang anda capai.

Yang mana apabila selalu menempuh perjalanan jauh, maka sebaiknya melakukan pergantian oli 1 bulan sekali.

Namun apabila dalam jarak yang cukup dekat, maka bisa juga dengan melakukan penggantian oli 2 bulan sekali.

Oli Mengalami Kebocoran Di As Engkol & As Gigi

Kemudian penyebab Oli rembes di bagian as engkol atau as gigi biasanya karena disebabkan adanya kerusakan pada seal yang terdapat pada as engkol dan juga kerusakan pada seal as giginya.

Nah untuk mengatasi apabila seal memang menjadi penyebab terjadinya kebocoran atau rembesan oli yang keluar melalui as engkol dan as gigi ialah menggantinya dengan seal yang baru dan yang original.

Oli Mengalami Rembes Pada Bagian Bak Mesin “Tutup Magnet & Tutup Kopling”

Kemudian penyebab terjadinya rembesan atau kebocoran Oli yang keluar melalui bak mesin dari sisi kanan atau dari sisi kiri “tutup magnet dan tutup kopling” ialah karena disebabkan adanya kerusakan yang terjadi pada perpak atau packing yang ada pada bak mesin tersebut.

Baca Juga :  Cara Merawat Motor Matic

Nah untuk mengatasinya ialah cukup mudah, yakni cukup dengan melakukan pergantian perpak /packing yang rusak tersebut dengan yang baru dan kualitasnya harus yang asli, agar bisa digunakan dalam waktu yang cukup panjang.

Nah mungkin itu saja yang bisa mensinmotor.com sampaikan mengenai oli motor bocor dari bawah kali ini, semoga ulasan ini bemanfaat untuk sobat semua dan terimakasih atas kunjungnya.

Baca Juga :