oli-gardan-beat

Cara Mengganti Oli Gardan Motor Beat dan Waktu Idealnya

Diposting pada

Oli Gardan Beat – Pada motor matic,sobat mesinmotor mesti harus teliti dalam melakukan perawatan rutin, berbeda dengan motor transmisi manual dimotor matic ada 2 macam oli yang masing-masing berbeda fungsinya serta penempatannya yakni oli mesin dan oli transmisi atau gardan.

Kadang-kadang pergantian oli gardan ini dispelekan bahkan sampai parahnya lagi sobat mesinmotor tidak tau sama sekali keberadaan gardan ini. Mengganti komponen ini sangat sayang sekali untuk kita lewati gitu aja, sebab akan berefek pada komponen transmisi. Umumnya akan aus kalau tidak dipakai pergantian oli gardan secara rutin.

oli-gardan-beat

Oli gardan merupakan salah satu pelumas yang dibutuhkan sepeda motor matik. Fungsinya yakni untuk melumasi sistem transmisi. layaknya seperti oli mesin, oli gardan juga perlu diganti secara berkala. Namun, masa pakainya lebih lama dibanding oli mesin. Berbicara mengenai masa pakai, Technical and Training Service Engineer Motul Indonesia Isadat Salam memberikan saran mengenai masa pakai ideal oli gardan. Agar tarikan motor tetap enak, Salam menyarankan agar oli gardan diganti setiap dua kali pergantian oli mesin.

Waktu yang Tepat Mengganti Oli Gardan

Berikut ini waktu yang biasanya untuk pergantian oli transmisi atau gardan :

Dengan ciri-ciri yang perlu untuk diganti ketika timbul bunyi pada bak transmisi motor. Sementara hal ini sangat mengganggu fokus pengemudi ketika sobat mesinmotor sedang diperjalanan. Ada dari beberapa sumber dari bengkel khusus roda dua menyebutkaan sarannya oli gardan motor matik diganti bersamaan dengan oli mesin. Hal ini supaya pelumasan pada mesin dan transmisi berlangsung seimbang.

Baca Juga :  Cara mengetahui Penyebab Spul Rusak dan Cara Memperbaikinya

Di beberapa buku manual tidak disebutkan setiap kilometer. Umumnya oli mesin diganti setiap 3.000 Km atau 3 bulan sekali dalam pemakaian normal. Adapun yang menganjurkan setiap 2.000 kilometer, tetapi ada pula yang setiap 4.000 kilometer. Nah jadi kesimpulannya  adalah pada setiap kendaraan untuk mengganti oli gardan setelah dua kali melakukan pergantian oli mesin atau idealnya adalah dengan  rasio 2:1 Dan itu dapt dilakukan sekaligus dengan oli gardan. Durasi waktu yang lebih kurang sama berlaku untuk pergantian oli gardan, walaupun dalam beberapa pabrikan mengklaim oli gardan dapat bertahan hingga 8.000 Km. Untuk diketahui oli gardan motor matik dapat bertahan lebih lama dari oli mesin sebab oli mesin bekerja lebih berat sementara oli gardan cuma melumasi roda gigi motor saja.

Efek Mengganti Oli Transmisi atau Gardan Secara Rutin

Jika sobat mesinmotor rutin mengganti Oli transmisi dengan waktu yang sesuai, motor matic sobat mesinmotor akan terhindar dari suara berisik pada bagian box CVT. Pakailah oli transmisi khusus yang mempunyai kemampuan tingkatan gesek rendah, dan bisa melumasi celah-celah yang sempit pada Gear CVT serta menahan tekanan kerja dan temperatur yang tinggi pada daya pelumasan.

Cara Mengganti Oli Gardan Motor Beat

Nah bagaimana sobat mesinmotor sudah bisa memahami semua hal mengenai oli gardan , apabila sudah paham mari kita lanjutkan pada bagian cara penggantianya pada motor beat yang dapat sobat lihat dibawah ini :

  • Yang pertama sobat mesinmotor bisa parkirkan kendaraan di tempat yang aman dan mempunyai permukaan yang rata ( untuk memastikan oli keluar semua saat mengisi pas dengan takaran) . Selanjutnya sobat dapat menggunakan standard dua agar posisi motor rata. Selanjutnya sobat buka baut penguras, ( buka baut untuk penguras dan juga baut untuk pengisi oli gardan).Biarkan oli tersebut keluar sampai benar benar habis anda bisa menggunakan kompresor agar lebih maksimal , tapi jika tidak ada juga tidak masalah.
Baca Juga :  Daftar Harga Ban Motor FDR Terbaru dan Terlaris 2019

oli-gardan-beat

  • Anda bisa siapkan oli transmisi yang dapat di beli di toko bengkel terdekat di kota sobat untuk harganya kurang lebih sekitar 10.000 saja , selain oli gardan motor, siapkan juga kunci T atau kuci Y ukuran 12-an untuk membuka baut ,selanjutnya sobat coba perhatian pada gambar diatas terdapat lubang lubang pengisi, dan penguras
  • Selanjutnya sobat bisa buka terlebih dahulu bagian baut pengisi

oli-gardan-beat

  • Jika baut pengisi telah maka sobat juga buka baut penguras, maksudnya ialah baut untuk saluran pembuangan oli ,jangan terlalu keras ,harap hati-hati, sebab oli nantinya akan menetes, siapkan wadah seperti gelas, atau tempat yang lumayan untuk menampung oli pembuangan.
  • Setelah itu tunggu oli gardan keluar semuanya , tunggu oli tersebut sampai tetesan terakhir hehe,artinya adalah sampe berhenti menetes lagi. bisa juga sobat menggunakan compresor jare biar maksimal, sobat dapat memiringkan motor untuk memaksimalkan, tunggu saja sampai oli tidak keluar.
  • Pada intinya adalah kuras oli tersebut sampai benar-benar habis dengan cara dimiringkan ke arah kiri tapi sobat harus hati-hati, biar motornya tidak jatuh ,gunakan standard kiri dan standard tengah
  • Apabila oli sudah dirasa habis dan telah kering sobat dapat tegakkan kembali motornya, terus tutup kembali baut yang di lepas tadi (khusunya baut penguras oli) sobat dapat kencangkan baut tersebut sesuai torsi. selanjutnya sobat masukan oli gardan tersebut ke ujung tempat olinya, secara perlahan lahan memasukkannya lewat lubang pengisi.

oli-gardan-beat

  • Apabila oli gardan tersebut susah masuk, sobat dapat miringkan motor ke kiri sedikit, dan sambil menekan-nekan botol oli, sobat dapat tekan sampai semua isi olinya habis dan masuk sempurna ke gearbox
  • Nah setelah dirasa sudah selesai sobat dapat pasang kembali baut pengisi dan kencangkan sesuai torsi. Untuk oli sendiri sobat dapat gunakan sesuai dengan kapasitas yang di rekomendasikan pada motor sobat. sebagai contoh oli gardan SAE 140, Oli transmisi Manual SAE 90, oli transmisi Automatic ATF.
  • Yang terakhir, sobat mesinmotor periksa kebocorannya kalau tidak bocor sudah bisa dikatakan mantap .
Baca Juga :  Fungsi Relay Pada Mobil

Dan demikianlah ulasan tentang Cara Mengganti Oli Gardan Motor Beat dan Waktu Idealnya, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat mesinmotor sekalian, dan alangkah indah nya jika sobat mesinmotor sekalian share artikel ini agar bisa terjangkau oleh semua orang, terima kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :