Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian

Diposting pada

Motor Tidak Ada Pengapian – Apabila sobat semua memiliki sebuah kendaraan sepeda motor ada baiknya sobat juga harus sedikit memahami beberapa macam gangguan yang biasanya sering terjadi pada motor sobat dan bagaimana cara mengatasinya.

Kemudian gangguan yang biasanya kerap terjadi ialah kehilangan pengapian pada sepeda motor. Mungkin sobat sudah pernah mengalaminya, pada ketika tengah mengemudikan kendaraan motor anda, lalu secara tiba-tiba seperti kehilangan tenaga dan mendadak mogok.

Yang mana mekanisme pengapian pada sepeda motor erat kaitannya terhadap proses pembakaran dan mengenai performa sepeda motor.

Sebab pada dasarnya tenaga yang telah dihasilkan oleh motor semuanya berasal dari proses pembakaran yang berlangsung di dalam ruang pembakaran, lalu yang memicu proses pembakaran disebabkan dengan adanya pengapian yangterdapat pada sistem pengapian motor.

Dalam hal ini apabila pada sepeda motor tidak ada sistem pengapian, maka hal tersebut tidak akan memicu adanya proses pembakaran sehingga motor tidak akan bisa menyala.

Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian dan Cara Mengatasinya

Motor Tidak Ada Pengapian
Motor Tidak Ada Pengapian

Di bawah ini terdapat beberapa penjelasan mengenai penyebab motor tidak ada pengapian yang dlengkapi juga dengan bagaimaa cara mengatasinya, simak ulasannya sebagai berikut ini.

1. Accu /Aki

Dalam hal khusus motor yang menerapkan sistem Injeksi, Accu merupakan bagian yang sangat penting untuk proses pengapian dan juga menjadi sumber daya yang paling utama untuk motor.

Maka apaila Accu/batterai pada jenis motor ini mengalami kerusakan, tentu saja dapat dipastikan bahwa mesin motor tidak akan menyala, sebab tidak ada terjadi proses pembakaran sama sekali.

Nah adapun cara untuk mengatasinya apabila motor sobat tidak ada pengapian, maka caranya sangat mudah, cukup dengan mengganti Accu maka motor sobat akan kembali bisa menyala.

Baca Juga :  Jadwal Servis Motor

Nah biasanya yang menjadi Indikasi bahwa motor Injeksi sudah mengalami kerusakan atau kehabisan daya Accu ialah kerap ditandai dengan lampu indikator yang akan mati pada saat posisi kunci kontak dalam keadaan On.

Maka apabila demikian kejadiannya bisa kita pastikan bahwa daya Accu motor sobat sudah habis/rusak.

Namun tentunya berbeda halnya dengan motor yang masih menggunakan sistem Karburator, sebab apabila daya Accu habis/rusak pun mesin motor tetap masih dapat dihidupkan.

2. Bensin

Kemudian yang menjadi penyebab mesin tanpa pengapian selanjutnya ialah karena disebabkan oleh bensin yang habis.

Namun biasanya masalah ini sangat jarang ditemukan sebab apabila motor kehabisan bensin, biasanya lampu peringatan akan memberikan sebuah tanda bahwa bensin pada kendaraan anda hampi kosong.

Maka pada saat motor yang kamu kendaraai secara tiba-tiba mati, langkah yang harus kamu cek terlebih dahulu sebelum memeriksa kebagian lainnya adalah tangki bensin, apakah bensin di dalamnya masih terisi atau sudah habis.

Maka apabila sudah dipastikan bahwa motor kamu mogok karena kehabisan bensin, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengisi bensin kembali.

3. Busi

Kemudian yang menjadi penyebab motor anda mogok/mati selanjutnya ialah disebabkan karena busi busi yang sudah tidak dapat bekerja dengan baik.

Namun anda jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan yang baru, langkah yang bisa anda lakukan terlebih dahulu ialah dengan melakukan uji coba terhadap busi tersebut, apakah kondisi busi itu masih bisa digunakan atau tidak.

Caranya ialah lepaskan Busi dari blok, lalu setelah dilepaskan dari bloknya terapkan kembali kabel Busi dan tempelkan busi tersebut pada blok mesin, kemudian nyalakan dengan mengengkol motor dan perhatikan apakah busi tersebut masih mengeluarkan atau tidak.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras

Maka apabila dari busi tersebut tidak memercikan apa, bisa kita pastikan bahwa penyebab motor menjadi mogok tersebut karena busi yang sudah rusak.

Namun apabila dari Busi tersebut masih memercikan api, maka bisa kita pastikan bahwa kendala yang menyebabkan motor anda mogok bukan karena disebabkan oleh busi.

4. Sekring

Kemudian apabila sudah dipastikan bahwa busi bukanlah yang menjadi penyebab motor anda mogok, maka berikutnya kita akan melakukan penelusuran pada komponen sekring, sebab apabilah Sekring sudah putus/rusak maka hal tersebut juga bisa menjadi menyebabkan pengapian pada motor anda akan hilang/motor tidak ada pengapian.

Cobalah kamu ganti Sekring dengan yang baru yang memiliki kapsitas sesuai standar pabrikan.

Selanjutnya coba nyalakan motor kembali, Apabila berhasil berarti memang sekringlah yang bermasalah, Kemudian apabila masih tidak mau menyala juga, maka cobalah kamu lakukan pengecekan pada komponen lainnya.

6. Stop Engine

Kemudian yang bisa menjadi faktor penyebabnya motor anda mengalami mogok selanjutnya adalah karena disebabkan Stop engine, sebab pada komponen ini memiliki pengaruh yang besar terhadap hidup dan matinya mesin.

Dimana pada saat motor akan dinyalakan, maka sistem pengapian terlebih dahulu harus masuk melalui komponen ini, sehingga apabila terjadi kerusakan pada bagian komponen maka hal tersebut akan menyebabkan motor tidak akan ada pengapian.

Nah untuk mengatasi apabila sistem pengapian hilang karena disebabkan oleh komponen ini ialah adan cukup dengan membuka bagian penutup lalu bersihkan. Namun apabila keadaannya memang sudah rusak maka segeralah menggantinya dengan yang baru.

7. Koil

Kemudian yang menjadi penyebab motor tidak ada pengapian selanjutnya ialah bisa karena disebabkan oleh Koil.

Namun apabila pada saat melakukan uji coba dengan menggunakan Kick stater (engkol) masih tetap saja tidak ada pengapin, maka penyebabnya motor tersebut tidak ada pengapian bukan karena disebabkan oleh Koil.

Baca Juga :  Alat Ukur Mekanik

Sebab pada dasarnya fungsi Koil sendiri adalah untuk meningkatkan sistem pengapian menjadi lebih besar, yang semula arus listrik yang dihasilkan oleh Accu hanya 12 Volt kemudian menjadi berlipat ganda karena adanya koil ini, bahkan bisa mencapai ribuan Volt.

Selanjutnty arus itu akan di alirkan menuju ke Busi agar dapat memercikkan api guna peroses pembakaran di dalam mesin.

8. CDI

Kemudian bukan hanya Koil saja, sebab ada juga peran CDI yang juga merupakan salah satu komponen yang sangat penting.

Walaupun pada umumnya sangat jarang maslah yang terjadi karena disebabkan adanya kerusakan pada komponen ini, namun bukan berati CDI juga tidak akan mengalami masalah.

Kemudian apabila sudah didapatkan hasilnya bahwa keadaam Koil dan CDI masih dalam kondisi bagus, maka yang harus di lakukan pengecekan adalah komponen ECU (Electronic Contol Unit) dan juga Sepul.

Nah cara melakukan pengecekan ini anda harus menggunakan alat pengukur Multi tester agar bisa mengecek bagaiman keadaan Sepul, sedangkan untuk mengecek ECU, biasanya akan ditandai dengan lampu indikator MIL nya akan nyala.

Selanjutnya lakukan pengecekan pada tegangan input daya, khusunya lakukan juga pemeriksaan pada saluran massa.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan kali ini, semoga ulasan kali ini bisa sangat berguna untuk sobat semua.

Baca Juga :