Mobil Tidak Bisa Distarter

Diposting pada

Mobil tidak bisa distarter – Pernahkan mobil anda mengalami problem tidak bisa distarter ? pastinya kamu akan merasa sangat menyebalkan jika ketika pagi-pagi anda sedang terburu-buru ke kantor dan mobil anda tidak mau distarter.

Seolah-olah dunia runtuh karena tidak bisa dihindari, bagi masyarakat di kota-kota besar yang mayoritas memiliki mobil, mobil sudah menjadi suatu kebutuhan utama yang berguna dalam mendukung aktivitas mereka sehari-hari seperti berangkat kerja, pergi berbelanja, mengantar anak ke sekolah dan sebagainya. Nah menurut kalian apa penyebab mobil anda tidak bisa distarter dan bagaimana cara mengatasi mobil tidak bisa distarter. Hal itulah yang akan saya bahas di artikel ini.

mobil-tidak-bisa-distarter

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Perlu diketahui, mobil yang tidak bisa distarter berarti sistem starter dari mobil anda tidak dapat berfungsi sebagaimanan seharusnya. Mungkin isi dari artikel ini tidak dapat menyampaikan seluruh isi masalah yang menjadi penyebab mobil tidak dapat di starter dikarenakan perkembangan teknologi di bidang automotif membuat bertambahnya penyebab dari mobil mogok yang tidak bisa distarter.
Beberpa penyebab kenapa mobil anda tidak bisa distarter antara lain :

1. Cek kondisi aki

mobil-tidak-bisa-distarter

Aki merupakan salah satu faktor utama ketika mesin mobil dihidupkan, karena tanpa komponen ini maka mustahil mobil bisa di starter. Pemeriksaan dilakukan dengan pemeriksaan kondisi level air pada aki serta melakukan pemeriksaan voltase dan jika ada mobil lain yang normal maka melakukan jumper pada aki mobil lain dapat membantu menganalisa pada masalah ini.Jika dengan melakukan jumper mobil bisa di starter maka kemungkinan besar aki mobil tersebut sudah usang.

Baca Juga :  Daftar Harga Ban Motor IRC Terbaru dan Terlaris 2019

2. Cek Kondisi Sekring

mobil-tidak-bisa-distarter

Jika langkah awal telah di lakukan namun setelah melakukan jumper mobil tetap tidak bisa di starter maka langkah selanjutnya dapat kita lakukan pemeriksaan pada komponen sekring yang umumnya terdapat di dekat aki pada kutub positif. Jika sekring tersebut putus tentu mobil tidak bisa di starter dan apabila ini terjadi segera lakukan pemeriksaan di bengkel terdekat karena mungkin saja sistem kelistrikan pada mobil sedang bermasalah, sehingga mengakibatkan sekring terputus.

3. Cek Karburator

mobil-tidak-bisa-distarter

Bila mesin mobil stuck pada ketika melakukan starting , namun tidak bisa melanjutkan untuk menghidupkan mesin sehingga mesin tidak bisa berjalan maka dapat kita lakukan pemeriksaan pada karburator bila mobil tersebut tak menggunakan sistem supply bahan bakar dengan injeksi. Karburator yang tidak bersih tentu bisa menghambat proses starting pada mesin mobil.

4. Masalah Busi

mobil-tidak-bisa-distarter

Salah satu komponen yang dipakai pada sistem starter mobil adalah busi. jika pada bagian ini bermasalah, maka starter mobil pun bisa terkena dampaknya. Busi yang kotor atau sudah lama adalah dua faktor penyebabnya.Pertama, busi yang kotor dapat menghambat percikan bunga api yang dibutuhkan agar starter dapat bekerja.

ketika mobil tak bisa distarter, coba perhatikan busi yang ada di dalam ruang mesin. Bila kotor, segera bersihkan dengan cara digosok menggunakan pembersih khusus.Penyebab kedua ialah busi yang sudah tak baik lagi. Kondisi seperti ini yang bisa buat mobil susah distarter ketika masih dalam keadaan panas. Saat mesin sudah dingin, barulah starter dapat dilakukan. Busi seperti ini harus diganti supaya tidak menghambat kinerja mobil anda.

5. Aliran Bahan Bakar yang Tak Lancar

mobil-tidak-bisa-distarter

Keadaan mobil sulit distarter sering terjadi k mobil sedang panas. Ternyata salah satu faktor penyebabnya adalah aliran bahan bakar yang tidak terdistribusi dengan sempurna dari tangki ke mesin. adapun penyebab lainnya, tidak bercampurnya bahan bakar dengan udara juga dapat menjadi penyebab lain mobil tak bisa distarter dalam kondisi ini.

Baca Juga :  Daftar Harga Ban Mizzle Termurah dan Terbaik 2019

Tak hanya saat mobil panas, potensi mobil sulit distarter akibat bahan bakar pun dapat terjadi di pagi hari. Masalah ini disebabkan oleh pompa bahan bakar (fuel pump) dari tangki menuju karburator melemah akibat kondisi dingin. Cukup hentak fuel pump di dalam ruang mesin maka ia akan kembali berfungsi.

6. Koil Terlampau Panas

mobil-tidak-bisa-distarter

Koil juga punya peran untuk menyalakan starter mobil. Fungsinya sendiri ialah menggandakan tegangan listrik dalam jumlah sangat besar ke aki (bisa mencapai ribuan volt). Setelah itu, maka arus listrik dapat mengalir ke busi sehingga memantik pijaran bunga api.Jika sewaktu-waktu mobil susah distarter, lakukan pengecekan pada koil. Koil yang rusak bisa anda ketahui dari suhunya yang terlampau panas. Lakukan penggantian komponen ini supaya sistem mobil Anda dapat berjalan normal kembali.

7. Masalah Alarm

mobil-tidak-bisa-distarter

Selain masalah-masalah diatas, salah satu penyebab mobil susah distarter berikutnya adalah alarm mobil yang bermasalah. Masalah yang muncul pada alarm, umumnya karena battery alarm sudah hąbis daya listriknya dan perlu diganti sehingga menyebabkan mobil susah distarter

Ada beberapa tipe alarm mobil yang jka tidak diakifkan bisa menyebabkan mobil menjadi susah distarter, seperti contohnya KOS pada mobil Mirage. Ketika battery alarm habis maka kita juga akan sulit untuk mengaktifkan alarm agar bisa menstarter mesin.

Adapun penyebab lain disebabkan oleh error pada modul, baterai remot yang sudah mulai habis atau bisa juga pengaruh Tower pemancar yang lebih kuat frekuensinya.Situasi ini biasa terjadi pada mobil dengan alarm bawaan pabrik, karena alarm bawaan pabrik ini sudah di lengkapi dengan fitur pemutus starter.Hal ini adalah sebagai sistem keamanan jika posisi mobil kita mau dicuri.

Baca Juga :  Modifikasi Nmax : Modif Stiker, Aksesoris Terbaru 2019

Di sini saya akan berikan tutorialnya khusus untuk mobil jenis Avanza dan Xenia.Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah lakukan buka tutup dashboard yang posisinya ada di bawah setir. Selanjutnya kita cari letak modul alarmnya.

Kita cari kabel power dari alarm tersebut (kabel yang bermuatan arus positif) tersebut yang biasanya berwarna merah.Kita cabut fuse atau sekeringnya dan kita ulangi starter. jika mobil tetap tidak mau di starter kita coba lakukan dengan cara alternatif kedua.

Pertama-tama kita siapkan Tang kabel kalau tidak ada Gunting juga bisa dan juga isolasi.Selanjutnya kita cari kabel warna hitam pada modul alarm, ukuran kabel tersebut biasanya dua kali lebih besar dari kabel lainya.Setelah ketemu kita lepas dari socket alarm terus kita kupas kulit kabel tersebut sehingga kelihatan serabutnya.

Langkah selanjutnya kita gabungkan kedua kabel tersebut dan jangan lupa kita tutup pakai isolasi dengan rapat dan pastikan tidak ada serabut kabel yang keluar atau belum tertutup.Langkah terakhir adalah kita coba starter dan jika sudah berhasil rapikan dan kembalikan lagi tutup dashboard yang kita bongkar tadi.

Catatan : cara ini adalah hanya langkah awal agar mobil dapat di starter saja dan untuk memperbaiki Alarm yang error tadi segera bawa ke bengkel yang biasa menangani Alarm.Demikianlah sedikit tips cara mengatasi mobil tidak bisa distarter sehingga mobil tidak bisa di starter.Semoga bermanfaat bagi anda..

Artikel MesinMotor.com lainnya :

Kenali & Pahami 6 Ciri Ciri Kiprok Rusak Berikut Ini !

13 Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil yang Rusak

4 Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil Injeksi Terbaru