Merubah Arus Kelistrikan AC Ke DC

Diposting pada

Merubah Arus Kelistrikan AC Ke DC – Di dalam suatu jenis kendaraan, yang mana kelistrikan Ac adalah merupakan suatu rangkaian yang mampu bekerja dengan mengikuti putaran mesin.

Apabila kendaran dinyalakan, maka semua rangkaian kelistrikan akan sepenuhnya bekerja.

Kemudian mengenai kelistrikan Dc pada kendaraan adalah merupakan suatu rangkaian kelistrikan yang meliputi lampu pada kendaraan.

Yang mana rangkaian ini dapat bekerja meskipun mesin dalam keadaan tidak dinyalakan sehingga dapat memperoleh cahaya yang lebih stabil oleh sebab kinerjanya tidak harus bersamaan dengan putaran mesin.

Nah biasanya tujuan sejumlah orang melakukan perunbahan Arus kelistrikan dari Ac ke Dc pada kendaraan mereka adalah guna menambahkan fitu dalam pemasangan Lampu HID.

Sebab dengan menggunakan sistem kelistrikan Dc ini maka orang akan memperoleh suatu daya listrik yang sangat stabil dan bahkan bisa secara memperoleh kelistrikan dari sumbernya yakni aki pada kendaraan tersebut.

(Baca Juga : Cara Memasang Lampu HID Motor

Pengertian Arus AC dan DC

Cara Merubah Arus Ac Ke Dc
Cara Merubah Arus Ac Ke Dc

Apa yang dimaksud dengan AC (Alternating Current) ? yakni merupakan suatu sistem kelistrikan yang sangat bergantung terhadap sepul yang dapat digerakan oleh poros engkol mesin.

Jadi artinya kelistrikan ini dapat bekerja dengan optimal apabila mengikuti putaran mesin. Salah satu cirinya dapat kita perhatikan secara langsung pada lampu utama/headlamp.

Apa yang dimaksud dengan Arus DC atau (Direct current)? yakni merupakan arus langsung yang pengeluarannya sepenuhnya dibebankan pada aki.

Jadi arus ini mendapat pasokan pengisian dari sepul kemudian akan langsung ke aki dan akan dikeluarkan ke beban. Nah beberapa hal tersebut meliputi stater, lampu,klason, alarm dan sebagainya.

Baca Juga :  Injeksi : Komponen, Contoh, dan Cara Kerja Pada Motor

Adapaun ciri daripada kelistrikan DC sendiri ialah pada saat kontak dalam keadaan dinyalakan / ON maka hal tersebut akan membuat lampu utama menjadi menyala terang tanpa sedikitpun meredup.

Yang mana hal ini disebabkan oleh arus stabil yang diperoleh oleh lampu tersebut secara langsung berasal dari aki.

Keunggulan Arus AC dan DC

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai keunggulan dari pada arus listrik AC dan DC yang perlu sobat ketahui, diantaranya ialah:

  • Mampu mengalirkan arus listrik dengan jarak yang cukup jauh.
  • Meminimalisir biaya yang dikeluarkan daripada arus listrik DC.
  • Voltasenya bisa terus dinaikan dengan memanfaatkan trafo
  • Rangkaian arusAC lebih mudah dikelola, meskipun hanya menggunakan satu generator saja.
  • Kemudian Aliran arus listrik AC jauh lebih hemat kdinbandingkan dengan jenis DC.

Keunggulan DC

  • Penyimpanan Arus listrik DC bisa bertahan lebih lama. Misalnya seperti sebuah Aki, yang mana di dalam aki tersebut terdapat arus listrik DC yang bisa dipakai kapanpun kita inginkan.
  • Kemudian Arus listrik DC bisa dialirkan. Misalnya seperti pada sebuah baterai.
  • Kemudian jenis Arus listrik DC sangat aman apabila tersengat, sebab memakai tegangan yang rendah.

Cara Merubah Arus Kelistrikan AC Ke DC

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara Merubah Arus listrik Ac ke Dc secara sederhana pada motor, yang diantaranya ialah sebagai berikut.

Alat Dan Bahan

  • Alat Test pen dc
  • Isolasi
  • Pisau cutter
  • Kabel

Nah di bawah ini terdapat beberapa langkah yang harus sobat perhatikan tentang bagaimana cara pengerjaannya, berikut ulasannya:

  • Langkah yang pertama ialah dengan menentukan terlebih dahulu kabel warna apa yang berfungsi untuk mengisi jalur lampu bagian depan, nah untuk mencari tahunya pertama sobat buka terlebih dahulu switch sakelar yang berfungsi guna menghidupkan lampu kecil “low beam” dan juga lampu high beam. Biasanya untuk jenis motor Honda dan yamaha kabelnya berwarna kuning, sedangkan Suzuki berwarna kuning dan putih.
  • Kemudian sobat juga perlu mencari tahu socket yang merupakan sebagai penghubung dari sisi bawah ke lampu besar.
  • Selanjutnya rangkaian Kabel pada lampu depan tersebut sobat lepaskan terlebih dahulu dari socketnya dengan cara mencongkelnya bisa memakai obeng min, kemudian apabila sekun sudah berhasil dilepaskan, maka berikutnya sobat sambungkan kembali pada kabel yang mengarah ke sakelar on/off lampu ke aki dan bisa juga dengan cara dijumper ke bagian kunci kontak.
  • Nah dalam menghubungkan kabel tersebut, sobat harus teliti agar tidak terjadi kesalah dalam menghubungkannya. Biasanya terdapat dua jenis kabel, maka untuk jenis motor honda dan yamaha sobat dapat memilih yang berwarna hitam, kuning dan bergaris oranye, sedangkan untuk motor Suzuki kabelnya berwarna merah bergaris hitam.
  • Apabila semua langkah di atas sudah sobat kerjakan, maka selanjutnya sobat bisa mulai memasang kiprok “jika memang perlu” dan pada kabel yang sebelumnya bisa sobat hubungkan kembali, namun jangan sampai tidak diisolasi supaya dapat menghindari terjadinya korsleting.
  • Berikutnya sobat juga melakukan pemeriksaan terhadap Voltase yang dihasilkan jika pada saat Hid motor dihidupkan voltasenya diatas 12.4 V maka bisa sobat dipastikan bahwa aki yang terdapat pada motor tersebut akan awet dan tidak akan mengalami tekor.
Baca Juga :  Sistem AC Mobil

Demkianlah materi pembahasan kali ini mengenai Cara Merubah Arus Ac Ke Dc, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :