Mobil Manual : Cara Menyetir di Tanjakan, Belokan dan Mundur

Mobil Manual – Salah satu hal yang paling menyulitkan ketika seorang pemula adalah belajar mengemudi mobil manual, sehingga yang akan timbul adalah perasan tegang, basahnya telapak tangan maupun berpikir akan terjadi sesuatu yang buruk. Memang mengendarai mobil dengan transmisi manual bukan perkara yang mudah dibandingkan mengendarai mobil matik, terlebih ketika menghadapi jalan yang ekstrim, mulai dari tikungan maupun tanjakan, bahkan mengendarai mobil saat mundur juga akan menyulitkan.

menyetir-mobil-manual

Karena beberapa pemula yang tidak mau repot-repot belajar mengemudi dikondisi seperti ini lebih memilih mobil matik yang jauh lebih mudah tentu dengan alasan lain yaitu kepraktisan. Bagaimana tidak susah, ketika kita belum sangat menguasai memainkan ketiga pedal kita di tuntut harus mengoperasikannya dengan cepat jika tidak maka mobil akan lebih dahulu mundur dari pada maju ke depan.

Tanpa lama-lama, inilah langkah-langkah mengendarai mobil manual sebagai berikut :

BELAJAR MENGEMUDI DI TANJAKAN

menyetir-mobil-manual

Menggunakan Rem Kaki

Langkah-langkah saat menggunakan rem kaki untuk menghadapi kondisi ini adalah:

  1. Injak rem kaki dengan kaki kanan, kaki kiri injak pedal kopling hingga dalam. Pastikan posisi presneling masuk ke gigi 1.
  2. Pindahkan kaki kanan ke pedal gas dengan cepat. Kaki kiri lepas kopling perlahan.
Perhatian : Anda tidak perlu cemas hingga menginjak pedal gas sangat dalam, ubah mindset anda bahwa menginjak pedal gas sedikit saja sudah cukup.

Kemudian tips penting lainya adalah perhatikan pedal kopling. Masing-masing mobil memiliki setelan kopling yang berbeda, ada mobil manual yang baru bisa berjalan setelah kopling dilepas 1/2 injakan, ada yang sudah bisa bergerak maju jika injakan pedal kopling sudah dilepas 1/4 nya saja.

Kalau sobat sudah hafal seberapa dalam ketinggian pedal kopling ketika dilepas mobil akan berjalan, ingat terus hal itu.ketika kaki kanan sudah melepas pedal rem maka kaki kiri segera mengurangi injakan pedal kopling hingga posisi injakan yang anda hafal tadi, diikuti kaki kanan menambah injakan pedal gas sedikit demi sedikit.

Baca Juga :  Kruk As : Pahami Tanda Kerusakan dan Modifikasinya

Sekali lagi tanamkan pada ingatan anda menginjak pedal gas sedikit demi sedikit, tidak perlu panik.Yang sering terjadi ketika anda lupa atau panik adalah dalam waktu yang sedemikian singkat anda bingung kenapa mobil tidak berjalan maka ditambahlah injakan pedal gas hingga dalam padahal anda lupa melepas kopling, dan ketika anda ingat lalu melepas pedal kopling yang terjadi adalah mobil akan loncat karena gas terlalu besar.

Jadi ingatlah, pada awal gas tekan sedikit demi sedikit sambil posisi kopling dilepas hingga mobil dapat bergerak. Kekurangan memakai rem kaki ini adalah respon kaki saat pindah ke pedal harus cepat, jika tidak maka mobil akan segera mundur.

Menggunakan Rem Tangan

Cara cadangan lainnya lebih mudah bagi pengemudi pemula yang belajar mobil di tanjakan adalah menggunakan rem tangan sebagai pengganti rem kaki di tanjakan. Urutannya ketika menggunakan teknik ini adalah:

  1. Kaki kanan tetap di pedal gas, kaki kiri menginjak pedal kopling secara penuh.
  2. Posisi perseneling masuk gigi 1, dan tangan kiri anda bersiap melepas rem tangan yang aktif.
  3. Saat memulai berjalan injak pedal gas sedikit demi sedikit sambil kurangi injakan pedal kopling. Turunkan rem tangan perlahan.
    Ketika sudah berjalan pastikan rem tangan sudah benar-benar tidak aktif.

Dengan menggunakan rem tangan ini membuat mobil tidak menyentak ketika mulai berjalan di tanjakan, hal itu disebabkan kaki kanan anda lebih dapat mengontrol pedal gas karena sudah stand-by dari awal di posisi pedal gas. Dan posisi mobil tidak mundur sedikit pun karena terbantu rem tangan.

Perhatian : Singkronkan antara tangan anda saat melepas rem tangan dengan kaki kiri melepas pedal kopling. Ingatlah di posisi injakan pedal kopling seberapa dalam mobil dapat mulai berjalan(yang dikatakan dicara pertama).Langkah ini sangat mudah bagi pemula yang baru belajar mengemudikan mobil, karena jika hanya sedikit anda melepas rem tangan mobil tidak langsung mundur dan lebih kecil kemungkinan untuk panik sebab posisi kaki kanan sudah ada di pedal gas sejak mobil belum berjalan.

Kekurangan menggunakan rem tangan adalah anda harus memastikan rem tangan anda benar-benar pakem, karena rem tangan hanya mengandalkan kedua roda belakang jadi tidak sepakem rem kaki yang mengandalkan rem pada keempat roda. Terkadang pada kondisi tanjakan extrim dan muatan penuh, rem tangan mobil tidak mampu untuk benar-benar menjaga mobil untuk dalam posisi diam.

Baca Juga :  Biaya Service Radiator Mobil Yang Bocor

Belajar Mengemudi di Jalan Belokan

menyetir-mobil-manual

  1. Posisikan mobil ke kanan sejauh mungkin. ini bermanfaat supaya Anda bisa mengemudikan mobil dalam kurva yang lebih lebar dan mendapatkan momentum terbaik saat berbelok. Anda harus melakukannya bila ingin berbelok ke kiri. Jika sobat ingin memutar ke kanan, ikuti langkah yang sama dalam arah yang berlawanan. Mulailah pada sisi kiri jalan.
  2. Putarlah ke kiri dalam posisi sedekat mungkin dengan sudut jalan. Anggap bagian sudut ini sebagai “sumbu” belokan. Berbeloklah secepat mungkin tanpa mengenainya.
  3. Rem mobil selambat mungkin. Pencet rem supaya Anda tidak kehilangan kontrol, tetapi jangan sampai habis. Injak rem sesuai keperluan agar mobil melambat dan Anda bisa berbelok dengan aman, tetapi jangan berlebihan sehingga mobil tersendat-sendat atau terpunting.
  4. Selesaikan belokan sejauh mungkin ke kanan. Dengan begini, belokan Anda memiliki radius terlebar dan dilakukan dalam jalur selurus mungkin, sehingga Anda bisa bergerak cepat dengan efektif. mempraktekkan panduan ini juga akan menghasilkan gesekan terbaik serta efisiensi yang memaksimalkan daya saat mobil berbelok.

Ketika berbelok, hentikan menginjak rem namun pertahankan kaki Anda di atasnya. Ini penting untuk memaksimalkan gesekan yang berguna dalam menuntun roda mobil. Kemudian  ketika mobil berbelok, tekan gas hingga mobil tidak bertambah cepat atau melambat. Begitu Anda meninggalkan sudut belokan, tambahkan tenaga mobil secara bertahap sembari melepaskan kontrol kemudi dengan perlahan.

Mengendarai Mobil Saat Mundur

menyetir-mobil-manual

Pada dasarnya mobil manual bisa berjalan mundur adalah dengan memindahkan transmisi gigi ke posisi gigi mundur (R) atau biasa disebut atret. Jadi langkah-langkah adalah sebagai berikut ini,

  1. Nyalakan mesin mobil, kemudian kaki kiri menginjak pedal kopling dalam-dalam dan tahan.
  2. Tangan kiri memindahkan tuas perseneleng atau tuas gigi ke posisi R, kini mobil sudah siap untuk jalan mundur.
  3. Posisi kaki kiri masih menginjak pedal kopling dengan penuh.
  4. Langsung posisikan kaki kanan Anda untuk sedikit menginjak pedal gas. Injak sedikit saja, jangan terlalu kecil, tapi jangan pula terlalu besar.
  5. Tahan kaki kanan Anda diposisi tersebut.
  6. Langsung sedikit demi sedikit, lepaskan kaki kiri Anda dari kopling.
  7. Lepas dengan perlahan saja hingga akhirnya kaki kiri melepaskan injakan pedal secara penuh. Rasakan mobil perlahan-lahan akan bergerak mundur.
Baca Juga :  Noken As : Racing, Tiger, Mio, Harga, Fungsi dan Bagian

Demikianlah pembahasan Cara Menyetir di Tanjakan, Belokan dan Mundur Mobil Manual Dengan Mudah Dan Aman. Semoga artikel ini bisa membantu sobat otomotif sekalian sehingga bisa membantu Anda sekalian dalam belajar mengemudi. Tapi yang terpenting, belajarlah dengan rutin agar cepat mahir dalam mengendarai mobil manual.

Artikel MesinMotor.com Lainnya :