Menghidupkan Motor Matic

Diposting pada

Menghidupkan Motor Matic – Pengguna sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia hampir semuanya telah berteknologi injeksi yang biasanya terdapat pada motor matic, dengan berjalannya waktu kini regulasi standar emisi Euro III. Namun, banyak sekali perilaku yang sudah menjadi kebiasaan memakai motor jenis karburator masih kerap tertinggal, padahal teknologinya telah berbeda. Paling sederhana yaitu cara menyalakan motor. Faktanya, sampai sekarang ini masih banyak pengguna motor injeksi yang langsung menghidupkan motor setelah kontak motor dihidupkan. Semestinya, idealnya adalah dengan menunggu sampai melihat pada lampu indikator (injeksi) umumnya berkelir orange pada speedometer mati atau sesudah engine check.

cara-menghidupkan-motor

Dalam menyalakan motor berteknologi injeksi dengan melakukan langkah seperti itu memanglah tidak akan menimbulkan masalah serius. Namun, perlu diketahui sebagai bentuk perawatan supaya motor dapat lebih awet, maka seharusnya pengguna lakukanlah hal yang benar. Lebih baik tunggu jarum speedometernya sampai turun.

Hampir sebagian dari pengguan matic dibilang masih belum mengetahui bagaimana sih cara menghidupkan motor matic tanpa starter, yang tidak memahami teknik bagaimana cara menyalakan motor matic itu sendiri.

Untuk bagaimana cara menghidupkan motor matic agar motor tersebut dapat dengan mudah dihidupkan dan tidak buat pegel atau linu-linu pastinya simaklah ulasan ini tentang bagaimana caranya menyalakan motor matic tanpa aki dan bagaimana cara menghidupkan motor matic yang berteknologi injeksi.

Terkadag buat pemilik motor matic pastinya lebih memilih menggunakan electric starter di timbang dengan menyalakan mesin menggunakan kick starter. Karena dalam hal ini lebih mudah hanya tinggal pencet maka motor tersebut langsung dapat menyala dehhh.

Daftar Isi :

Cara Menghidupkan Motor Matic

Kick Starter

Namun ada waktu-watu tertentu dimana Sobat sebaiknya menyalakan motor dengan memakai kick starter atau engkol. Seperti ketika motor Sobat sudah lama ngga dinyalakan. Dengan memakai kick starter, akan dapat buat oli yang telah lama mengendap menjadi langsung bersirkulasi kembali.

cara-menghidupkan-motor

Nah untuk Sobat yang masih belum begitu mengerti bagaimana cara memakai engkol atau kick starter yang dengan memakai kaki, berikut ini adalah langkah langkah yang bisa Sobat ikuti :

  • Hal yang mendasar dan pertama kalinya yang harus kita lakukan yaitu dengan menggunakan kick starter beberapa kali tanpa menyalakan kunci kontak. Hal ini berfungsi untuk membiarkan oli menyebar luas dengan sempurna melumasi pada bagian mesin. Dan jangaan lupa juga untuk memastikan oli pada motor Sobat tidak habis.
  • Selanjutnya pada tuas choke ditarik yang biasanya terdapat disebelah kiri stang, untuk menutupi celah udara dan meyuplai bensin dengan jumlah yang lebih banyak agar mesin cepat hidup.
  • Apabila mesin telah hidup, lalu pada tuas choke ditarik kembali pada posisi minim, agar campuran bensin dan udara kembali seperti normal dengan setelan yang sesuai, dan jangan lupa untuk Sobat panaskan mesin motor tersebut selama beberapa menit sebelum dipakai.

Cara Merawat Motor Matic Dengan Mudah Agar Tidak Mati dan Awet

Setelah Sobat sudah mengetahui cara menghidupkan motor Adapun lainnya bagaimana tips merawat motor matic agar tidak mudah mogok dan awet tentunya. Untuk mengetahui bisa simak tips tips dibawah ini sebagai berikut:

  • Hal pertama kali yang Sobat harus lakukan yaitu panaskan terlebih dahulu mesin motor Sobat sebelum akan digunakan. Biasanya memanakannya setiap pagi hari.
  • Mengatur pada kecepatan gas ketika Sobat mulai menjalankan motor kesayangan, hal yang perlu dijauhi adalah jangan menurunkan gas secara mendadak atau tiba-tiba saat motor dalam posisi motor sedang melaju kencang.
  • Kemudian ada hal yang harus dihindari yaitu janganlah Sobat biarkan indikator bensin ada pada posisi di zona merah, dibiasakan untuk Sobat untuk mengisi bensin sebelum mencapai titik merah.
  • Rutin dalam melakukan pergantian oli, idealnya oli harus diganti setiap 1000 km pemakaian.
  • Periksa selalu keadaan aki dan busi motor Sobat.
  • Selalu periksa pada ruang transmisi dan juga mengganti oli Shockbreaker serta bersihkan pada ruang transmisi dengan rutin agar tidak kotor dan berdebu.
  • Selalu memperhatikan pada roller dan v-belt motor matic Sobat, apabila roller dan v-belt telah dalam keadaan tidak layak digunakan. Lebih baik Sobat untuk disarankan menggantinya dengan yang baru secara resmi.
Baca Juga :  17 Handgrip Motor Termurah dan Terlengkap 2019

Demikianlah artikel tentang Cara menghidupkan motor matic yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Sobat sekalian. Alangkah baiknya Sobat untuk membagikan artikel ini agar bisa lebih terjangkau dan membantu lebih banyak pengguna motor matic lainnya. Dengan share artikel ini juga dapat membuat kami lebih semangat untuk memberikan tips trik setiap harinya. Terima Kasih telah berkunjung! sampai jumpa di artikel MesinMotor lainnya.

Artikel MesinMotor Lainnya :

10 Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Soak, Rusak, atau Mati Paling Ampuh

4 Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil Injeksi Terbaru

Cara Merawat Motor Matic