Lampu Sein

Diposting pada

Lampu Sein – Lampu sein atau bahasa kerennya turn signal ini merupakan bagian yang sangat penting dari beberapa jenis-jenis lampu yang berada pada kendaraan dari roda dua maupun roda empat. Walaupun terlihat spele, namun fungsi lampu tanda belok ini merupakan bagian yang sangat fital jika dibandingkan dengan lampu kepala atau headlamp pada saat siang hari. Untuk itu kita akan mengulas dan mempelajari apa saja yang ada pada lampu sein ini serta rangkaian kelistrikannya tersebut bagaimana sih cara kerjanya lampu ini sekaligus dengan komponen lainnya sebagai pendukung.

lampu-sein

Komponen Lampu Sein atau Sen Signal.

Pastinya penasaran, bukan? Komponen apa saja sih yang ada pada rangkaian kelistrikan lampu sein ini? Mari kita ulas satu persatu ya.

Bola Lampu

Komponen pertama yang terdapat pada lampu sen ialah bola lampu. Pada bola lampu sen ini terdapat empat buah lampu. Dua lampu pada bagian depan kiri dan kanan. Sementara dua lainnya terletak pada bagian belakang, serta pada kiri dan kanan. Bola lampu pada lampu sen ini umumnya berwarna kuning dengan kekuatan daya yang dibilang kecil.

Lampu indikator penanda belok kiri dan kanan.

Selanjutnya, komponen kedua yang ada pada lampu sein adalah lampu indikator. Lampu indikator penanda belok kiri dan kanan ini terdapat di dashboard depan pengemudi. Umumnya juga pada lampu ini berwarna kuning. Apabila saat kita mengarahkan saklar lampu penanda belok kiri. maka akan terdapat lampu yang menunjuk panah ke arah kiri dan begitupun juga sebaliknya pada lampu yang satunya.

Baca Juga :  18 Helm Supermoto : Full Face, dan Half Face Terbaik dan Murah 2019

Saklar lampu

Komponen ketiga yang tidak kalah penting yaitu Saklar lampu. Komponen ini memiliki fungsi yaitu untuk mematikan dan menghidupkan arah posisi lampu sein. Sementara itu juga untuk dapat menghubungkan flasher sama lampu dan sumber tegangan yang didapat dari baterai. Umumnya juga saklaar lampu ini memiliki enam kaki atau soket yang mengarah ke lampu ada dua. ke flasher ada 2, dan sisanya kesumber tegangan.

Flasher (Pengedip)

Flasher merupakan alat yang dipakai untuk membuat lampu sein bisa berkedip. Oleh karena itu komponen yang satu ini bisa disebut dengan nama pengedip.

Sekring

Komponen kelima yang terdapat pada lampu sein adalah sekring. Umumnya komponen ini terpasang dua buah sekring yang memiliki fungsi sebagai keamanan rangkaian kelistrikan.

Kunci Kontak

Komponen selanjutnya ialah kunci kontak. Komponen ini memiliki fungsi untuk menghubungkan sumber arus listrik yang ada pada baterai menuju ke rangkaian lampu sein.

Baterai

Komponen terakhir yang terdapat pada lampu sein adalah baterai.Baterai dapat dibilang sangat penting pada rangkaian lampu sen. Apabila baterai mengalami pengurangan daya maka akan membuat lampu sen dapat redup bahkan tidak bisa hidup sama sekali loh. Sementara itu, fatalnya juga bisa merusak flasher.

Rangkaian Kelistrikan Lampu Sein

Berikut ini adalah gambaran rangkaian kelistrikan pada lampu sen atau lampu tanda belok.

lampu-sein

Variasi Membuat Lampu Sein Berkedip

Banyak orang yang merasa bosan dengan lampu sen default, namun Sobat dapat mengubah lampu sen tersebut sesuai yang Sobat mau mulai dari berkedip cepat, ataupun bersamaan. Langsung saja bisa sobat ikuti langkah-langkah cara membuat lampu sein motor berkedip cepat dan cara membuat lampu sein motor berkedip bersamaan :

Baca Juga :  Sistem Pengapian : Pengertian, Konvensional, Fungsi, dan Cara Kerja

Cara membuat lampu sein berkedip cepat

Alat Yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan sebagai berikut :

  • Obeng minus
  • Timah dan solder
  • Kapasitor Elektrolit 1000uF / 12 V
  • Mempunyai kemampuan basic elektronika maupun penyolderan komponen

Praktek Kerja

  • Hal dasar yang harus dilakukan yaitu mencari letak flasher, biasanya flasher ini terletak di bodi depan atau lebih pasnya di belakang speedometer.
  • Apabila telah ketemu, bukalah semua body motor depan kemudian cabut flasher yang umumnya berbentuk kotak hitam.
  • Kemudian bukalah chasing flasher dengan memakai obeng minus yang telah di siapkan.
  • Untuk flasher terdapat 4 komponen yang tersusun dari Kapasitor, Pelatuk, Resistor dan kumparan kawat yang berfungsi sebagai magnet penarik pelatuk saklar.
  • Selanjutnya lepaskan kapasitor dengan cara disolder dengan timah yang tersambung dengan komponen lainnya.
  • Kemudian pasanglah kapasitor pengganti yang telah disediakan di tempat kapasitor lama. Tetapi yang harus diperhatikan polaritas kapasitor di kaki plus dan minusnya.
  • Apabila telah dilakukan berarti modifikasi untuk cara membuat lampu sein motor kedip cepat sudah selesai.

Cara membuat lampu sein nyala semua

Alat dan Bahan yang dibutuhkan

  • flasher mobil
  • saklar
  • Isolasi
  • obeng
  • kabel

Praktek Kerja

  • Langkah pertama, Sobat harus tahu letak flasher di motor Sobat.
  • Apabila telah ketemu letaknya, maka Sobat harus ganti flasher motor Sobat dengan flasher mobil.
    pada flasher pada mobil itu terdapat 3 kaki, 2 kaki pada flasher itu dapat langsung Sobat hubungkan dengan socket sementara yang satunya dapat Sobat hubungkan ke body motor Sobat atau ke grond umumnya sih kabelnya itu warna hitam.
  • Apabila pemasangan Sobat telah benar, cobalah Sobat hidupkan lampu sen Sobat dan lampu sen Sobat akan hidup,akan tetapi kedipan lampu sen itu akan bisa berkedip lebih cepat dari yang tadi, Sobat tidak usah khawatir pada dasarnya ini wajar karena Sobat telah mengganti flasher motor Sobat dengan flasher mobil.
  • Terdapat perbedaan disini dalam membuat lampu sen Sobat berkedip secara bersamaan, coba Sobat bongkar totok lampu. lalu Sobat cari kabel yang bermuatan positif pada kedua lampu sen Sobat.
  • Apabila telah menemukan kabel yang bermuatan positif maka Sobat harus gabung atau hubungakan kabelnya
  • Agar lampu sen Sobat masih bisa dipakai seperti biasa maka disini Sobat bisa menambahkan saklar disambungannya. lalu tempatkan saklar itu ditempat yang tidak sulit dijangkau tangan agar Sobat tidak sulit untuk menjangkaunya.
Baca Juga :  Cara Mengkilapkan Motor dan Merawatnya

Itulah kedua cara membuat lampu sein nyala bersamaan dan sein berkedip cepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat sekali dan jangan ketinggal artikel menarik lainnya dari kami. Terima Kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :