kondensor

Kondensor : Pengertian, Fungsi, Harga, dan Cara Kerja Pada AC

Diposting pada

Kondensor – Sistem AC atau Air Conditioner merupakan sebuah perangkat tambahan yang berguna untuk mengkondisikan temperatur udara, mensirkulasikan udara, melembabkan udara,  dan memurnikan udara. Sistem Air Conditioner sebagai pendingin mempunyai beberapa komponen yaitu kompresor AC, kondensor, receiver dryer, katup ekspansi dan evaporator.

Air Conditioner atau sekarang dikenal dengan AC mempunyai beberapa komponen yang setiap komponen tersebut terdapat beberapa bagian, dan dari bagian-bagian itu mempunyai fungsinya masing-masing.

kondensor

Komponen AC atau Air Conditioner terdiri dari 4 bagian yaitu komponen utama, komponen pendukung, komponen kelistrikan, dan komponen pendingin. Tapi disini saya akan menjelaskan komponen utama dan untuk spesifikasi dari komponen utama itu adalah Kondensor, Apakah sobat mesinmotor tahu atau pernah mendengar nama Kondensor? jika belum, mari kita ulas bersama.

Pengertian Kondensor

Kondensor adalah sebuah alat yang memiliki fungsi sebagai penukar kalor atau panas, mengubah bentuk refrigerant dari bentuk gas hingga menjadi cair, dan menurunkan suhu temperature refrigerant.

Pada bagian ini normalnya menggunakan udara untuk sebagai media pendinginnya. Jumlah-jumlah kalor yang ada pada refrigerant dilepaskan ke udara lepas dengan bantuan kipas motor pada AC.
Agar pelepasan kalor lebih cepat, pipa pada kondensor di desain berliku-liku dan dilengkapi dengan sirip. Oleh sebab itu pembersihan sirip pipa pada bagian kondensor sangatlah amat penting supaya perpindahan kalor dari refrigerant tidak terganggu.

Dan apabila sirip pada kondensor dibiarkan dalam keadaan kotor, bisa menyebabkan turunnya performa kinerja Ac yang dapat membuat AC menjadi kurang dingin.

Masalah-masalah yang sering Dialami Kondensor AC Mobil

Kondensor AC mobil sendiri sering mengalami masalah atau karena faktor usia kondensor, penggunaan yang salah, ataupun karena gangguan lainnya. Apa sajakah masalah yang sering terjadi pada kondensor ac mobil ? Pada dasarnya masalah yang sering dialami hanya berpusat pada hal-hal berikut :

  • Umur spare part yaitu spare part ac yang sudah lama dan aus harus diganti dengan yang baru
  • Freon habis yaitu kondisi di mana freon habis sehingga ac tidak dingin. Biasa karenakan oleh kebocoran
  • Kebuntuan yaitu kondisi di mana aliran freon terhambat sehingga tidak bisamengalir dengan normalnya
  • Kebocoran yaitu kondisi di mana aliran freon bocor sehingga freon habis.
Baca Juga :  Karburator Motor

Hal-hal di atas menyebabkan pasokan freon ke sistem pendingin berkurang sehingga AC menjadi kurang atau tidak dingin.
Solusi  untuk kebuntuan dapat diatasi dengan penggantian silicagel oleh teknisi AC mobil.
dan untuk kebocoran dapat diatasi dengan pengelasan komponen yang berlubang/bocor.

Harga Kondensor

Untuk harga kondensor sangat bervariasi, memang sedikit merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli sebuah kondensor. Harga kondensor yang telah saya cari dibeberapa toko online paling murahnya sekitar harga Rp.800.000an tetapi untuk harga yang paling mahal sekitar Rp.2.000.000an.

Fungsi Kondensor

Komponen ini memiliki fungsi adalah untuk membuang udara panas dari Freon yang digunakan yang berasal dari kompresor AC. Jadi Freon yang awalnya berbentuk gas berubah menjadi cair setelah dibantu cooling fan atau kipas pendingin. dengan begini, tanpa adanya kondensor, maka bentuk Freon yang awalnya gas tidak akan berubah menjadi cair.

Untuk itulah mengapa bagian ini lumayan mempengaruhi dinginnya Air Conditioner.

Cara Kerja Kondensor

  1. Kondensor dapat dikenal dengan heat exchange yang bisa memindahkan panas ke udara.
  2. Komponen ini merupakan bagian yang lumayan panas dari AC Mobil, letak kondensor umumnya diletakan dibagian depan radiator mobil.
  3. Freon yang sudah di pompa oleh kompresor ac mobil akan masuk kedalam kondensor dalam wujud gas bertekanan tinggi dan bersuhu sangat panas.
  4. Hembusan angin dari pendingin atau fan yg menempel pada kondensor akan membuang panas yang di hasilkan serta menurunkan tekanan Freon dan terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair.

kondensor

Selanjutnya Tabung Receiver drier didalam berfungsi untuk memastikan bahwa Freon yang keluar dari kondensor adalah Freon cair, sebelum di kabutkan oleh expansi valve. Jika kondensor ada gejala mampet pada saluran pipanya,

Baca Juga :  18 Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual Secara Otodidak

maka proses untuk pembuang panas tidak akan sempurna maka akan menyebabkan tekanan pada Freon menjadi naik / over heat dan itu akan menjadi salah satu penyebab ac mobil kurang dingin serta membebani mesin.

Saran :
jangan lupa untuk memastikan kondensor selalu dalam keadaan bersih dari debu atau kotoran lainnya dengan cara sering2 mencuci dengan di semprot air, atau bisa juga pada saat cuci mobil minta sekalian di semprot kebagian kondensor, tapi sobat mesinmotor perhatikanlah tekanan air jangan terlalu kencang di kondensor, karena dapat membuat sirip menjadi mudah penyok.

Dan demikianlah ulasan tentang Kondensor, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat mesinmotor otomotif sekalian, dan alangkah indah nya jika sobat otomotif sekalian share artikel ini agar bisa terjangkau oleh semua orang, terima kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :

Busi Motor : Fungsi dan Harga Busi Motor Terbaik

13 Mobil Matic Murah 2019 Terbaik Untuk Wanita

Mobil Manual : Cara Menyetir di Tanjakan, Belokan dan Mundur