Kaca Helm Motor

Diposting pada

Kaca Helm Motor – Kaca helm merupakan hal yang paling penting pada bagian helm sebagai visor yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara, dan melindungi wajah sipengendara motor dari berbagai kondisi dijalan seperti debu, air hujan dan terik sinar matahari. Karena fungsinya cukup penting, pastinya kita wajib untuk merawatnya agar keadaannya tetap bagus dan nyaman dipakai saat berkendara.

kaca-helm

Kaca helm atau bisa disebut sebagai visor ini memliki fungsi untuk memproteksi mata dan wajah pengguna motor dari berbagai debu, air hujan maupun teriknya sinar matahari. Saat kaca kotor dan buram, kenyamanan saat berkendara dapat terganggu. Lalu kayak mana sih cara perawatan kaca helm motor tersebut? Metode paling sering dilakukan agar visor terlihat kinclong seperti baru beli yaitu membersihkan menggunakan visor cleaning kit (dapat beli di toko online atau bengkel).

Namun, apakah kita tahu apabila tidak usah membeli pembersih kaca helm motor mahal, ada cara alternatifnya dapat memakai hand sanitizer serta minyak kayu putih. Meskipun kedengarannya aneh, namun nyatanya telah banyak rider yang udah membuktikan keampuhan dari kedua bahan tersebut.

Jenis Kaca Helm

Berdasarkan jenisnya, Kaca helm dibagi menjadi dua jenis, antara lainnya :

Flat Visor

kaca-helm

Flat visor merupakan jenis visor untuk helm balap. Visor ini mempunyai karakteristik nya adalah pada permukaannya yang datar atau rata, ya namanya juga flat pastinya ya datar atau rata hehe. Sebab pada permukaannya yang rata, Flat visor dipakai pada helm full face balap. Hal ini disebabkan kaca flat dapat dipasangkan pelindung kaca ata Tear Off. Adapun lainnya, flat visor juga lebih cocok apabila ingin dipasang anti fog.

Baca Juga :  25 Variasi Motor Nmax Terbaik dan Terkeren 2019

Non Flat Visor

kaca-helm

Non flat visor merupakan kebalikan dari flat. Untuk permukaannya tersebut tidak rata atau bisa dibilang kaca cembung. Umumnya non flat visor ini dipakai pada helm seperti open face yang lebih dipakai untuk helm sehari-hari.

Harga Kaca Helm

Visor Helm / kaca helm KYT DJ Maru / KYT GalaxyHD Flat Visor Iridium Replacement for KYT R10 / RC7/ K2RiderKYT Visor Kaca Helm Motor for KYT Scorpion King
kaca-helmkaca-helmkaca-helm
Rp79.000Rp155.000Rp74.250
KYT vendetta visor kaca helm – Dark BlackZeus ZS-218 Visor Kaca Helm for Half FaceBogo BG-09 Visor Kaca Helm – Smoke
kaca-helmkaca-helmkaca-helm
Rp140.000Rp120.000Rp59.999
Zeus 610 Visor Kaca Helm – SmokeZeus ZS811 Visor Kaca Helm
kaca-helmkaca-helm
Rp150.000Rp120.000

 

Cara menghilangkan goresan pada kaca helm

Tidak jarang kaca helm sering tergores apabila setelah dibersihkan. Umumnya hal ini terjadi disebabkan salah dalam proses pengelapannya. Hal yang mungkin terjadi karena kain yang dipakai adalah kain kasar dan menggosoknya juga terlalu keras, sampai sampai dapat menimbulkan goresan goresan. Sementara itu, goresan yang ada pada kaca helm juga dapat terjadi disebabkan terbentur benda ataupun terjatuh. Lantas bagaimanakah cara menghilangkan goresan di kaca helm tersebut ? Beruntung sekali sobat mengunjungi artikel ini karena kami akan menyajikannya untuk sobat, sobat bisa simak cara menghilangkan baret pada helm dibawah ini.

  • Pertama-tama lepaskan kaca helm
  • Selanjutnya cuci helm terlebih dahulu dengan air sabun, kemudian bilaslah dibawah air yang mengalir agar setiap kotoran yang menempel dapat lebih cepat hilang.
  • Kemudian untuk menghilangkan goresannya, sobat dapat memakai amplas yang halus (1.500 – 2.200 SW), langsung amplas dengan perlahan pada bagian yang terlihat goresannya sambil disiram oleh air sabun atau air yang mengalir. Lakukan kembali langkah tersebut sehingga goresan secara sedikit demi sedikit menghilang.
  • Dalam proses pengamplasan tersebut, bisa membuat kaca akan terlihat kusam. Sobat tidak usah khawatir, sebab kaca helm dapat kembali halus dengan cara memakai White Compound yang diolesi ke bagian kaca helm yang terlihat kusam.
  • White Compund yang dipakai sebaiknya dioleskan terlebih dahulu ke kain katun yang halus lalu oleskan pada bagian kaca yang terlihat kusam dengan merata.
  • Apabila cara membersihkan kaca helm yang tergores yang ada diatas telah di lakukan, kemudian sobat langsung saja tinggal membilasnya dengan air yang bersih lalu keringkan dengan selembar kain halus yang kering ya sobat. Kemudian pasang kembali visornya jika memang goresannya telah hilang.
  • Dalam menggunakan amplas sebenarnya terbilang berbahaya, karena tidak semua kaca helm mempunyai ketahanan yang sama. Sebelum merencanakan untuk memakai amplas, sebaiknya sobat terlebih dahulu mengamplas sedikit saja pada bagian pojok kaca helm untuk memastikan apakah kaca helm motor nya itu kuat atau tidak ketika mau mengamplasnya.
Baca Juga :  Pahami Cara Kerja & Fungsi Raditor Mobil Beserta Penjelasannya

Demikianlah artikel tentang menghilangkan baret kaca helm, semoga dapat bermanfaat untuk sobat sekali dan jangan lupa dishare agar dapat bermanfaat untuk orang orang. Terima Kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :