japstyle

Japstyle : Scorpio, Tiger, Megapro Terkeren dan Terbaru 2019

Diposting pada

Japstyle – Ngomong-ngomong soal Otomotif memang tidak pernah ada habisnya, mulai dari spesifikasi, desain, sampai jenis motor yang pasti selalu terus bersaing. Di Indonesia juga sudah lumayan banyak berdiri perusahaan otomotif yang selalu mengembangkan inovasi terbarunya dalam bentuk produk yang berkualitas.

Misal untuk jenis motor hingga saat ini sedikitnya ada 5 jenis motor yang bisa kita nikmati, seperti matic, bebek, sport, trail, dan adventure. Nah berbicara soal jenis motor, taukah kalian jika saat ini telah muncul trand baru yakni motor custom atau motor modifikasi yang memadukan beberapa motor menjadi satu motor yang berkelas ?

japstyle

Membuat motor custom bisa menjadi alternative yang tepat bagi kalian yang sudah cukup bosan dengan konsep motor itu-itu saja, nah berbicara soal motor custom ada satu konsep yang paling banyak digemari masyarakat luas, khususnya para kawula muda yaitu konsep Japstyle.

Konsep motor Japstyle ini memiliki desain ala-ala motor jaman dulu akan tetapi pada sektor pacunya biasanya menggunakan mesin-mesin berkapasitas besar sehingga mampu memberikan kualitas performa yang ampuh

Mengenal Japstyle

Japstyle merupakan jenis modifikasi sepeda motor yang asalnya dari negeri Sakura, yang dimana sobat mesinmotor sudah menebak dari penamaan Japstyle sendiri merupakan kependekan dari Japannese Style.

Modifikasi jenis Japstyle sebetulnya sudah mulai tenar pada tahun 1980-an,  cuma saja pada tahun itu pembuat modif motor di Jepang tidak terlalu memikirkan dan menamakan hasil karya modifnya dengan Japstyle, hal tersebut dikarenakan belum adanya acuan baku tentang modifikasi motor tersebut.

Modifikasi Japstyle

Beberapa motor bisa kalian modifikasi menjadi motor japstyle, dan inilah daftar contoh motor yang telah diubah menjadi motor japstyle :

Baca Juga :  Komponen Transmisi Manual

Japstyle Megapro

Kita lihat mulai dari rangka, tangki, swing arm murni buatan sendiri agar benar-benar beda dari modifikasi lain. Perubahan pada rangka paling utama pada japstyle, makanya rombak ulang atau dibuat baru dilakukan untuk mengejar detail yang sempurna.

japstyle

Cuma saja untuk main frame cuma mengubah sudut, sedangkan sub frame dibuat baru. Subframe dibuat ulang dari pipa berdiameter 3 dim, panjangnya dari rangka tengah sekitar 28 cm dengan lebar 17 cm sudah lumayan tidak terlalu panjang untuk tampilan Japstyle nya.

Tangki dari Mega Pro dirasa kurang pas dengan tema japstyle, maka digantilah dengan tangki milik Honda CB Glatik jadul. Cuma saja tidak langsung pasang karena harus dipoles ulang  terlebih dahulu supaya sedikit berbeda.

japstyle

Diganti juga  kaki-kaki termasuk swing arm dengan yang baru tapi bukan hasil beli melainkan custom sendiri. Panjang sekitar 36 cm dengan perhitungan lebar 28 cm sudah pas untuk memasukkan ban berukuran 120/80-17 dengan tampilan seperti Japs style

Data modifikasi

Ban Swallow Enduro, 110/80-17 dan 120/80-17
Pelek V Rossi, 3,00×17
Sok belakang Ride It
Knalpot Custom
Karbu Ninja
Swing arm Custom

Japstyle Scorpio

Untuk perubahannya pun tidak selalu harus merevisi rangka atau mengganti lengan ayun bawaan motor. Ini sebetulnya kustom yang sederhana, Ciri khas Japstyle dengan kaki-kaki ban yang besar. Sederhana karena tidak banyak perubahan, rangka tidak kami potong, dan swing arm juga tetap kami gunakan yang bawaan.

japstyle

Pada dasarnya sepeda motor hasil modifikasi bergaya Japstyle memakai single seater. Tapi, salah satu karyanya ini memakai jok rata yang mampu menampung pengendara dan penumpangnya. Walau jok karena permintaan konsumen alhasil kami buat dapat berboncengan, tapi sebetulnya jika Japstyle itu kan motor laki, jadi lebih menariknya ke single seater.

Baca Juga :  Harga Helm KYT Terbaru 2019

japstyle

Adapun lainnya, modifikasi yang sangat terlihat adalah dari penggunaan ban dengan ukuran yang lebih besar dan membulat. Supaya lebih simpel dan murah, velg bawaan tetap dipakai. Lewat penggunaan ban yang lebih besar tidak akan terlalu mempengaruhi tenaga dari mesinnya.

Ini pemilihan idenya dengan ban besar lebih ke arah Cafer Racer sebetulnya, hanya kalau untuk Jap Style lumayan cocok, malah lebih maco kan. Kalau untuk tenaga tidak ada masalah sudah dicoba, karena mesinnya 225 cc.

japstyle

Untuk menambah tampilannya lebih terlihat kekinian, Penambahkan lampu utama Led Daymaker, serta lampu sein yang menggunakan Led. Tidak terlalu ada kesulitan mengkustom Yamaha Scorpio ini, karena kembali ke awal, modifikasinya ini lebih mudah dengan pemasangan komponen handmade berupa spakbor dan knalpot yang mudah dicocokan dengan bentuk motor.

japstyle

Pengerjaan pun cuma membutuhkan waktu 1,5 bulan dan dana yang diperlukan berkisar Rp 8 juta. Nah, untuk budget karena ini sederhana maka habisnya cuma sekitar Rp 8 juta untuk modifikasinya, karena motornya langsung dari konsumen.

Detil modifikasi

Lampu Headlamp daymaker
Lampu sein Sein grill custom
Lampu belakang Grille custom
Cover aki Handmade
Fender Handmade
Spion Aftermarket

Japstyle Tiger

Honda Tiger produksi 2008 yang jenis ini lumayan menyenangkan untuk dipakai harian. Inilah yang dirasakan ketika mengendarainya sebelum eksekusi pemotretan berlangsung. Mengusung konsep simpel dan memang untuk penggunaan harian.

Perubahan utama terletak pada chassis nya yang dibikin lebih pendek dari aslinya. Lalu diganti suspensi depan Honda Tiger dengan Yamaha Byson. Untuk shockbreaker belakang dipilih menggunakan shockbreaker milik Honda Astrea Grand.

japstyle

Ground clereance motor jadi lebih cocok untuk dikendarai berkat dukungan penggantian velgnya, depan memakai velg custom 3,5 x 17 sementara pada bagian belakangnya lebih besar setengah inci dengan lingkar diameter yang sama yaitu R17. Supaya penampilan terlihat lebih sangar, ban Swallow dibuat dengan variasi ukuran yaitu 110/70 di depan dan 130/70 di belakang.

Baca Juga :  Motor Roda Tiga : Honda, Tertutup, Toyota dan Harga 2019

Beberapa komponen custom pun mestinya dibikin untuk melengkapi style serta performanya. Seperti riser dan handlebar harus diusahakan sedemikian rupa supaya bisa menunjang penampilan japstylenya. adapun juga penambahaan penggunaan headlamp aksesoris kepunyaan Harley-Davidson.

Dari sisi performa mesin, tidak banyak ubahan yang dilakukan. Cuma cukup bore up, supaya tenaganya dapat mahir dengan gayanya. Setelah itu, knalpot custom juga diambil alih dari Prospeed, supaya tidak cuma terdengar sangar dari suara mesinnya tapi juga membantu kemampuan tenaganya.

Detil Modifikasi

Motor Honda Tiger 2008
Velg/ban Custom 3,5×17 (depan), dan 4,0×17 (belakang), ban Swallow 11/70-17 (depan) dan Swallow 130/70-17
Suspensi Yamaha Byson (depan), Honda Astrea Grand (belakang)
Tromol Original Honda Tiger
Knalpot Prospeed
Others Custom riser, handlebar, headlamp custom Harley-Davidson

Dan demikianlah ulasan tentang motor japstyle, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat mesinmotor sekalian, dan alangkah indah nya jika sobat mesinmotor sekalian share artikel ini agar bisa terjangkau oleh semua orang, terima kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :