Jalur Kabel Starter Motor

Diposting pada

Jalur Kabel Starter Motor – Apabila kita mengulas mengenai starter yang mana komponen ini ialah merupakan bagian penting yang berfungsi untuk menyalakan kendaraan.

Lantas bagaimana jika kick stater pada kendaraan anda mengalami kerusakan dan bagaimana cara untuk memperbaikinya?

Akan tetapi sebelum anda benar-benar mengetahui kerusakan tersebut karena disebabkan oleh apa, maka mulailah secara perlahan dengan melakukan pengecekan dari setiap rangkaian yang terlibat langsung pada stater tersebut.

Yang mana beberapa gejala yang bisa mengakibatkan matinya starter motor yakni terdapat ada empat komponen yang perlu kalian semua ketahui yakni mulai dari aki, rangkaian kabel, relay, dan motor starter itu sendiri.

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak

jalur kabel starter motor
jalur kabel starter motor

Apabila stater pada kendaraan anda mengalami kerusakan, maka terdapat beberapa hal yang harus anda lakukan dan melakukan pengecekan terlebih dahulu pada saat anda hendak memperbaiki Starter kendaraan anda yang rusak, nah beberapa hal tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

Periksa Aki Motor

Yang pertama yang harus kalian lakukan ialah melakukan pememeriksaan baterai/ aki pada kendaraan kalian, yang mana aki ialah merupakan salah satu komponen penting didalam sistem kelistirikan motor khusunya untuk urusan starter.

Kemudian apabila kita hendak ingin menghidupkan kendaraan dengan menekan tombol stater yang ada, namun stater tersebut tidak bekerja. Maka langkah yang pertama dapat kita lakukan adalah mengecek aki terlebih dahulu.

Lantas bagaimana cara mengecek tegangannya? yakni dengan memakai alat multimeter atau dengan avo meter.

Pada umumnya tegangan aki yang baik ialah sekitar 12 Volt, jika pada saat hendak melakukan pengecekan namun ternyata tegangan pada aki tersebut kurang dari 12 volt.

Baca Juga :  Japstyle : Scorpio, Tiger, Megapro Terkeren dan Terbaru

Maka itu artinya tegangan listrik yang terdapat pada aki tersebut sudah sangat lemah dan solusi terbaknya adalah dengan menggantinya

Periksa Rangkaian Starter

Kemudian cara yang tepat untuk memperbaiki Starter yang rusak selanjutnya ialah melakukan pemeriksaan padarangkaian starter, namun apabila aki motor tidak ada masalah, maka kita harus mengecek pada rangkaian pada bagian kabel kabelnya.

Kemudian apabila memang didapati terdapat kabel yang putus, maka alternatifnya ialah mengganti kabel tersebut dengan yang baru, bagaimana caranya yakni dengan menyambungkan kabel yang telah dilepaskan tersebut dengan kabel yang baru dan pastikan juga kondisi sambungannya harus aman.

Periksa Relay Starter

Kemudian apabila dari kedua langkah diatas sudah dilakukan namun masih belum ketemu juga yang menjadi penyebab mengapa stater tersebut rusak/tidak mau hidup. Maka selanjutnya kalian dapat melakukan pemeriksaan pada relay starter.

Namun melakukan pengecekan terkait mengenai keadaan relay starter apakah komponen ini masih berfungsi atau tidak yakni dapat dengan cara menghubungkan kedua kabel baterai min dan plus, yang mana jika kalian mendengar ada sebuah suara cetak, maka itu artinya keadaan relay tersebut masih bagus.

Bagitupun sebaliknya jika tidak mengeluarkan bunyi, maka artinya relay starter tersebut mengalami kerusakan.

Periksa Dinamo Starter

Kemudian cara selanjutnya untuk memperbaiki apabila starter rusak yang terakhir ialah dengan cara melakukan pemeriksaan pada dinamo starter motor tersebut.

Nah cara yang dapat kalian lakukan untuk mengecek apakah dinamo starter pada kendaraan tersebut masih bagus atau tidak yakni dapat dengan cara memakai alat bantu yakni multimeter.

Dimana cara probe dapat dilakukan dengan menghubungkan kabel dinamo starter probe kemudian satukan dengan massa.

Setelah itu tekanlah tombol starter dan periksalah arus listik, jika ada arus listrik yang memang mengalir, maka sudah bisa kita pastikan bahwa dinamo starter tersebut sudah mati.

Baca Juga :  Penyebab Lampu Meredup

Prinsip Kerja Sistem Motor Starter

Nah mengenai prinsip kerja daripada motor starter sendiri ialah, diawalai pada saat kita memutar kunci kontak pada kendaraan.

Yang pada saat letak kunci kontak tepat dalam kondisi “ON” maka kemudian main relay akan menjadi terhubung, sehingga kemudian mengakibatkan arus yang dialiri dari baterai akan mengarah ke setiap sistem kelistrikan.

jalur kabel starter motor
jalur kabel starter motor

Kemudian pada saat kunci kontak diputar tepat pada posisi “ST”, maka hal tersebut akan membuat relay starter switch akan langsung dihubungkan, sehingga kemudian membuat arus mengalir yang diterima dari baterai menuju ke terminal pada starter.

jalur kabel starter motor
jalur kabel starter motor

Kemudian oleh sebab terminal 50 memang dialiri dengan arus listrik, maka dengan hal tersebut mengakibatkan kemagnetan yang ada pada pull in coil sehingga kemudian membuat pull in coil dapat bergerak ke arah bagian hold in coil.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan mengenai jalur kabel starter motor, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :