honda-forza

Honda Forza – Harga, Review, dan Spesifikasi Terbaru 2019

Diposting pada

Honda Forza – Honda bisa dibilang sudah tertinggal selangkah dari Yamaha dalam merilis motor matic 250cc di Indonesia. Seperti yang kita tahu sobat mesinmotor, Yamahasudah memasarkan XMAX 250 sebagai jagoan barunya. Motor ini secara langsung menjadi primadona di Indonesia, walaupunharganya lumayan mahal. Pastinya Honda tidak mau kalah dari pesaing abadinya tersebut. Oleh sebab itulah mereka mempunyai rencana untuk merilis motor baru yang siap menantang XMAX 250. Honda sudah menyiapkan motor ini secara matang dan belum lama ini sudah diperkenalkan di Jepang dengan nama “Honda Forza 250”.

Spesifikasi dan Harga Honda Forza

honda-forza

Motor ini sudah dipasarkan di Eropa dan tidak menutup peluang akan dipasarkan di Indonesia untuk menantang Yamaha Lexi. Kedua motor ini sama-sama mengusung desain maxi skuter dengan mesin 125cc sebagai performa intinya. Tetapi kami lebih menyukai desain Honda Forza 125, karena telihat lebih modern dan futuristik. Sampai-sampai desainnya lebih mantap dibandingkan All New Honda PCX yang belum lama ini telah dipasarkan di Indonesia untuk bersaing melawan Yamaha NMAX.

Persaingan Yamaha dan Honda memang terbilang sengit. Setiap pabrikan gembor-gembor menghadirkan motor terbaik yang mempunyai fitur canggih dan teknologi terkini. Honda Forza ini jadi buktinya. Motor ini memakai teknologi canggih yang dapat menandingi Yamaha Lexi. Salah satu teknologi terbaiknya yaitu sistem penguncian Keyless yang membuat pengendara merasa semakin praktis.

Spesifikasi Honda Forza

Sebagai motor skutik premium Honda Forza 250 mau menantang dari skutik premium lainnya, yaitu Yamaha XMax. Skutik ini sendiri telah dipasarkan Yamaha sejak 2017 lalu dan penjualannya lumyan tinggi di pasar Indonesia. Rata-rata per bulan Yamaha XMax dapat terjual 1.200 unit menurut data AISI. Tanpa lama-lama mari kita ulas detailnya sebagai berikut.

Baca Juga :  Harga Motor Mini Trail Bekas Murah dan Terbaik 2019

Mesin

Spesifikasi
  • Kapasitas 248 cc
  • Diameter Langkah 72mm x 68.5 mm
  • Rasio Kompresi 10.5:1
  • Kopling Automatic centrifugal clutch; dry type
  • Sistem Bahan Bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
  • Starter Electric
    Transmsi V-Belt, CVT

 

Motor ini termasuk versi downgrade dari Forza 300 yang telah dipasarkan di Eropa. Desain keduanya sama, tetapi posisi berkendara Forza 250 telah dicocokkan dengan postur orang Asia. Oleh sebab itu itulah motor ini dibuat lebih rendah dengan tinggi jok 715 mm. Coba sobat mesinmotor bandingkan dengan Forza 300 yang mempunyai tinggi jok 780 mm, pastinya motor ini jauh lebih nyaman ditunggangi. Honda ini juga membuatnya lebih ramping dengan ukuran panjang 2.140 mm, lebar 750 mm, dan tinggi 1.355 mm. Meskipun lebih ramping,tetapi desain Forza 250 tetap terlihat besar layaknya XMAX 250.

Berbeda dengan Yamaha XMAX 250 yang terlihat agresif, maka motor ini terkesan lebih modern dan futuristik. Pada sisi depan telah terpasang lampu berteknologi LED yang mempunyai desain modern seperti burung yang sedang mengepakkan sayapnya. Sementara itu, kita akan menjumpai lampu sein yang terpasang secara direct pada bagian spion. Sementara untuk bagian belakang menggunakan stop lamp berteknologi LED yang terlihat sporty. Dan yang paling menarik, Forza 250 mempunyai fitur Windshield Electric yang dapat dinaik turunkan dengan sebuah tombol.

Dimensi

Spesifikasi
  • 2140 mm x 750 mm x 1355 mm
  • Bobot isi 129 kg (Cast Wheel), dan 128 kg (Spoke Wheel)
  • Tinggi Tempat Duduk 715 mm
  • Tinggi terhadap tanah 135 mm
  • Jarak Sumbu Roda 1510 mm
  • Kapasitas tangki 11.5 Liter

 

Selain itu pada sisi lain, pada bagian dimensi yang diusung spesifikasi Honda Forza 250 ini pun terlihatnya patut untuk kita bahas secara mendalam. Oleh karena itu dimensi di sini sangat berkaitan erat dengan struktur body pembentuk desainnya. Yang mana, kali ini Honda Forza 250 mempunyai bentuk bodi ramping dan terukur dengan dimensi panjang 2.140 mm, lebar 750 mm, dan tinggi 1.355 mm dengan wheelbase 1510 mm dan berat antara 128 kg (Spoke Wheel) dan 129 kg (Cast Wheel). Meskipun lebih ramping, tetapi desain dari Honda Forza 250 ini tetap nampak besar layaknya XMAX 250.

Baca Juga :  Harga Suzuki GSX 150 Bandit 2019, Review Kelebihan & Kekurangan

honda-forza

Di sisi itu, skutik premium buatan pabrik asal Negeri Matahari terbit ini pun juga mau dirancang dengan tinggi tempat duduk berukuran 715 mm yang dinilai lumayan ideal dan terlihat proporsional dengan badan orang Asia Tenggara untuk membuat posisi berkendara lebih nyaman. Tidak cuma sampai di situ, skuter matik yang mempunyai kapasitas tangki bahan bakar 11.5 liter ini pun dibikin dengan ground clearance setinggi 135 mm yang sesuai untuk dikendarai di medan jalan raya perkotaan. Pasti saja, dengan ukuran dimensi yang dipakainya spesifikasi Honda Forza 250 tersebut maka akan memberikan posisi riding yang lebih nyaman dan sangat cocok untuk dikendarai menempuh jarak jauh.

Rangka dan Kaki-Kaki

Spesifikasi
  • Rangka Underbone
  • Suspensi depan Telescopic fork 33mm
  • Suspensi belakang Twin Shock
  • Velg / Ban Tubeless, 120/70R15
  • Velg / Ban Tubeless, 140/70R14
  • Rem Depan Single Disc 256 mm
  • Rem Belakang Single Disc 240 mm
  • Sistem Pengereman ABS 2 Chanel

 

Jarak pada sumbu roda motor tersebut mencapai 1490 mm, sehingga jarak antara roda depan sampai belakang termasuk panjang. Ini dia, untuk memperkuat bodinya, Honda memakaii rangka bertipe Tubular steel underbone. Kemudian untuk suspensinya menggunakan suspensi depan Teleskopik dengan diameter 33 mm. Pada sisi belakang terpasang 2 buah shockbreaker yang menjamin kenyamanan ketika mengendarai Maxi skuter ini. Terlebih Honda Forza mempunyai ban tapak lebar yang otomatis meningkatkan kestabiliannya.

Ban depan Honda Forza 125 mempunyai ukuran 120/70-15 dan ban belakangnya 140/70-14. Keduanya stelah menggunakan ban tubeless yang lebih nyaman dan aman ketika dipakai berkendara. Dan berbicara soal keamanan, Honda melengkapinya dengan 2 buah rem cakram yang telah terpasang pada roda depan dan belakang. Untuk sisi depan mempunyai cakram berdiameter 256 mm dan sisi belakang berukuran 240 mm. Supaya semakin sempurna, Honda menyediakan teknologi ABS yang membuat daya pengereman semakin maksimal dan menghindrai ban terkunci ketika mengerem mendadak.

Baca Juga :  Harga Kawasaki KLX 150BF 2019, Review Kelebihan & Kekurangan

Harga Honda Forza

Terbaru
  • Baru – Rp 89 jutaan (Kemungkinan)

Dan demikianlah ulasan tentang Honda Forza, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat mesinmotor sekalian, dan alangkah indah nya jika sobat mesinmotor sekalian share artikel ini agar bisa terjangkau oleh semua orang, terima kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :