helm-supermoto

18 Helm Supermoto : Full Face, dan Half Face Terbaik dan Murah 2019

Diposting pada

Helm Supermoto – Berkendara merupakan kegiatan yang sehari hari dilakukan oleh orang yang melakukan perjalanan jauh, maupun dekat. Terutama pada perjalanan jauh, lebih banyak resiko yang akan dihadapi. Oleh karena itu, dibutuhkan keamanan yang dapat melindungi sobat mesinmotor dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Salah satunya yaitu helm. Helm merupakan perangkat yang sangat penting bagi pengendara itu sendiri. Helm dapat melindungi benturan ketika terjadi kecelakaan dan dapat melindungi kita dari debu dan polusi ketika diperjalanan. Dibutuhkan Helm kualitas baik berstandar SNI yang harus kita miliki, salah satunya ialah Helm Supermoto.

helm-supermoto

Jika diliat dari bentuknya nampak nya Helm Supermoto mirip seperti Helm Motor Cross. Walaupun sama-sama peranti yang melindungi pengendara saat baik motor, helm mempunyai fungsi berbeda sesuai dengan desain dan jenisnya. Begitu juga dengan helm supermoto yang saat ini sedang digemari oleh kalangan muda. Sesuai namanya, helm ini disegmentasikan untuk para pengguna penunggang sepeda motor jenis supermoto, motorcross maupun supermortard.

Helm supermoto dan helm motocross pada dasarnya sama. Cuma saja helm ini mempunyai visor, sedangkan helm motocross tidak. Fungsi visor sebagai pelindung mata pada helm motocross digantikan oleh kacamata goggle. Perbedaan lainnya adalah helm ini mempunyai cakil atau bagian menonjol yang berada tepat di daerah mulut yang relatif lebih pendek dibanding helm motocross.

Helm supermoto memang sesuai juga dipakaikan di jalan raya, layaknya helm full-face biasa. Namun ingat, helm supermoto tidak dirancang untuk kecepatan tinggi. Kendati demikian, bukan berarti helm supermoto tidak punya kelebihan. Simak saja ulasan berikut.

Daftar Isi :

Kelebihan dan Kekurangan Helm Supermoto

Terdapat beberapa kelebihan dan Kekurangan Helm Supermoto.

Kelebihan Helm Supermoto

1. Melindungi jadi lebih maksimal dan optimal
Helm tipe ini mempunyai bagian menonjol pada bagian mulut, di mana bagian tersebut didesain untuk memberikan redaman yang lebih maksimal dibanding helm dengan tipe full face biasa.

2. Leluasa untuk bernafas
Helm tipe ini memungkinkan penggunanya untuk leluasa bernafas ketika menggunakannya. Hal ini disebabkan adanya rongga pada bagian mulut helm tersebut. Helm ini dirancang sebab peruntukannya untuk kegiatan adventure. Dalam kegiatan ini pengendara biasanya membutuhkan energi lebih besar. Karena besarnya energi yang dikeluarkan itulah yang mengakibatkan semakin banyak pula oksigen yang dibutuhkan sang pengendara.

3. Praktis dan Aman Dalam Visibilitas
Jika dibandingkan dengan helm motocross, maka helm supermoto lebih praktis. Hal ini dikarenakan helm motocross masih harus menggunakan kacamata google yang terpisah dari helm. Sementara helm ini sudah dilengkapi dengan visor.

Kekurangan Helm Supermoto

1. Tidak Untuk Pengguna Motor Balap
Di lihat dari desainnya, helm ini memang tidak direkomendasikan untuk sobat mesinmotor penggila kecepatan. Pasalnya helm ini tidak aerodinamis. Hood alias canopy untuk melindungi dari sinar matahari menjadi penghambat aliran angin. Dalam kecepatan tinggi, kondisi ini akan mengganggu sekaligus membahayakan pengendara. Luas penampang bagian samping yang lebih lebar juga jadi faktor penambah risiko. Dalam keadaan ngebut, jika sang rider menoleh sedikit saja maka lehernya akan menerima beban angin yang besar. Bukan tidak mungkin dapat mencederai leher pengendara.

2. Berat yang lebih berat
Helm ini biasanya memiliki berat yang di atas rata-rata. Hal ini akan membuat sobat mesinmotor marasa cepat capek dengan berat helm tersebut.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Radiator Mobil

3. Efek fish eye pada kaca visor
Yang menjadi faktor kekurangan helm ini lainya adalah adanya efek fish eye atau cembung pada visibilitasnya. Hal ini dikarenakan tingkat kelengkungan kaca visor pada helm ini jauh lebih besar dibandingkan kaca visor pada helm full face atau half face. Efek cembung pada visor helm tersebut bisa membuat pusing jika belum terbiasa.

Harga Helm Supermoto

Full Face

Cargloss Sircon Supermoto WhiteCargloss Sircon Supermoto Orange
helm-supermotohelm-supermoto
Rp900.000Rp850.000
Snail Helmet MX311 Black Visor IridiumKYT Enduro Solid Black Glossy Helm
helm-supermotohelm-supermoto
Rp838.000Rp645.000
Snail Helmet Motocross Single Visor MX-310 Supermoto Polos PutihZeus Super Moto ZS2100B
helm-supermotohelm-supermoto
Rp620.000Rp445.000
Zeus Supermoto 2100B Grafik E13Cargloss YZF Sircon Supermoto
helm-supermotohelm-supermoto
Rp499.000Rp1.080.000
MDS Super ProMTX SuperMoto
helm-supermotohelm-supermoto
Rp 450.000Rp490.000

Half Face

JPX Supermoto ExtremeJPX Nmax Supermoto Red Doff
helm-supermotohelm-supermoto
Rp260.000Rp260.000
JPX Nmax Supermoto Green DoffJpx Supermoto Extreme Black Doff
helm-supermotohelm-supermoto
Rp260.000Rp260.000
JPX Supermoto Nmax Black Doff SilverJPX Supermoto XTeam black doff Silver
helm-supermotohelm-supermoto
Rp260.000Rp260.000
JPX Supermoto Wild RiderJPX Supermoto Nmax Double Visor
helm-supermotohelm-supermoto
Rp260.000Rp258.000

Dan demikianlah ulasan tentang Helm Supermoto : Full Face, Half Face Terbaik dan Murah 2019, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat mesinmotor sekalian, dan alangkah indah nya jika sobat mesinmotor sekalian share artikel ini agar bisa terjangkau oleh semua orang, terima kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :