Memahami Fungsi Oli Gardan dan Cara Menggantinya

Diposting pada

Fungsi Oli Gardan – Pada motor matik terdapat dua jenis oli yang masing-masing berbeda fungsi dan penempatannya, yaitu oli mesin dan oli transmisi atau gardan.

Pastinya sudah tidak asing lagi bagi sobat otomotif semua dengan yang namanya Oli Gardan, terutama untuk kalian semua pengguna motor matic. Karena Oli Gardan merupakan salah satu komponen yang selalu diperhatikan sekali, pasalnya pada motor matic tidak hanya rutin mengganti oli mesin saja.

Oli gardan juga harus kita perhatikan secara rutin, karena fungsi oli gardan sangat pengaruh sekali terhadap motor matic kesayangan kalian semuanya. Oleh karena itu, sobat otomotif semuanya harus mengetahui lebih dalam akan oli gardan. Dimana harus tahu fungsinya dan juga kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan.

fungsi-oli-gardan

Pengertian

Pasalnya hampir kebanyakan orang yang selalu melupakan dan membiarkan oli gardan sampai habis, oleh sebab itu berdampak pada motor matic kalian semua. Apabila hal tersebut sampai terjadi, akan berakibatkan pada sektor tranmisinya akan bermasalah dan mau tidak mau harus dibawa ke bengkel.

Tentunya hal tersebut tidak ingin terjadi pada motor kesayangan kalian semuanya bukan, maka dari itu kita harus perhatikan secara benar. Bagia sobat otomkotif yang memiliki sebuah motor matic entah itu produk dari Yamaha, Honda, Suzuki dan produk lainnya. Sebaiknya perhatikan secara seksama akan kondisi oli gardan, atau tidak cek secara rutin setiap kali service.

Bagi sobat mesinmotor yang sudah mengetahui fungsi oli gardan pada motor matic, pastinya akan selalu rutin untuk mengeceknya setiap kali melakukan service rutin setiap bulannya. Apalagi untuk harga oli gardan pada motor matic tidak terlalu mahal juga kok. jadi apa salahnya untuk selalu mengganti sebelum kehabisan.

Baca Juga :  Cara Mengganti Oli Gardan Motor Beat dan Waktu Idealnya

Sehingga motor tidak berdampak buruk, terutama pada komponen tranmisinya yang terhubung langsung dengan oli gardan. Apalagi untuk sekarang ini setiap pabrikan motor sudah merekomendasikan oli gardan yang bisa kalian pilih pada motor kesayangan kita semuanya.

gantilah oli transmisi karena sama pentingnya dengan mengganti oli mesin. Amat disayangkan pergantian jenis oli transmisi ini sering terlewatkan pergantiannya sehingga mengakibatkan rusaknya komponen motor.Tidak sedikit pemilik motor matic yang menganggap enteng fungsi oli gardan.

Banyak juga yang lupa menggantinya karena usia pakainya yang cukup lama. Perlu diketahui, oli gardan mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada transmisi otomatis. Oli gardan hendaknya diganti setiap motor sudah menempuh jarak 8.000 km atau sudah berusia 8 bulan, tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Efek yang ditimbulkan jika tidak mengganti oli gardan akan berimbas pada gear ratio. Kerusakan komponen tersebut bisa ditandai dengan munculnya suara berisik dari dalam box CVT.Pasalnya, komponen di dalam box CVT tidak terlumasi dengan baik saat terjadi perpindahan gigi otomatis. Hal ini dikarenakan kekentalan oli yang sudah berkurang, sehingga gesekan terjadi antar komponen.

Fungsi Oli Transmisi atau Gardan

Mungkin sebagian orang memang belum mengerti dengan yang namanya oli gardan, karena kebanyakan orang hanya mengetahui cuma oli mesin. Pada hal oli gardan sendiri memiliki fungsi sama persis dengan oli mesin, dimana memiliki peran yang sama-sama pentingnya. Oleh karena itu kalian semua harus memperhatikan betul akan oli gardan pada motor matic kalian semuanya. terlebih untuk harga oli gardan motor matic tidak terlalu mahal-amahal amat kok sekitar Rp.35.000.

Oli transmisi atau bisa dikenal dengan oli gardan ini berfungsi untuk melancarkan kinerja transmisi otomatis. Banyak sekali komponen yang saling bergesekan di dalam transmisi otomatis motor matic yang apabila tidak dilumasi dengan oli gardan akan terdengar suara berisik pada bagian box CVT bagian belakang.

Baca Juga :  15 Harga Alat Cuci Motor Tanpa Listrik dan Otomatis 2019

Fungsi oli gardan memang sangat penting sekali, oleh karena itu kalian semua harus perhatikan secacara benar. Sobat otomotif juga bisa cek setiap kali service rutin setiap bulan, jika sudah waktunya ganti akan terlihat. Seperti pepatah bilang “lebih baik mencegah dari pada mengobati” pastinya kalian tidak ingin hal seperti tersebut terjadi bukan.

Waktu yang Tepat Mengganti Oli Transmisi atau Gardan

Inilah waktu yang sesuai untuk mengganti oli transmisi atau gardan :

Memang terdapat banyak sobat otomotif yang masih bingung kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan. Karena kebanyak orang hanya tau waktu kapan ganti oli mesin, oleh sebab itu kami akan informasikan kepada kalian semuanya. Dimana kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan, dengan rutin mengganti oli gardan membuat kinerja sistem tranmisi lebih optimal. Apalagi jika sobat otomotif semuanya mengetahui detail akan fungis oli gardan, pastinya tidak akan menunda untuk mengganti oli gardan.

Untuk waktu pergantian oli gardan yang dianjurkan setiap montir di dealer resmi biasanya setiap dua kali ganti oli mesin atau lebih detailnya 2:1. Dalam catatan jika kalian setiap kali ganti oli mesin 1000 km, maka kalian harus mengganti oli gardan pada 2000 km baru diganti. Namun untuk kalian semua yang ingin motor awet dan tahan lama, bisa ganti oli gardan setiap bulan.

Efek Mengganti Oli Transmisi atau Gardan Secara Rutin
Apabila anda rutin mengganti Oli transmisi dengan waktu yang ditentukan, motor matic anda akan terhindar dari suara berisik dari bagian box CVT. Pakailah oli transmisi formulasi khusus yang mempunyai kelebihan tingkatan kegesekan yang rendah, mampu melumasi celah tersempit pada Gear CVT serta mampu menahan tekanan kerja dan temperatur yang tinggi terhadap daya pelumasan.

Baca Juga :  Lampu Hazard

Baca Juga Artikel MesinMotor.com Lainnya :