Fungsi Kiprok Motor & Kendala yang Terjadi Jika Rusak

Fungsi Kiprok Motor  – Seperti kita ketahui sistem kelistrikan pada sepeda motor menjadi salah satu hal yang paling penting agar motor bisa bekerja dengan sempurna selain dari sektor mesin. Dan biasanya banyak para pengguna sepeda motor yang lebih mementingkan aki sebagai sumber listrik utama pada kendaraan yang mereka miliki. Namun tahukah kamu bahwa ternyata ada komponen yang ternyata lebih penting dibandingkan aki dalam urusan kelistrikan. Adalah “Kiprok”, pernah mendengar atau bahkan pernah memegang salah satu komponen dari sepeda motor yang satu ini?

Jika sudah pastinya kalian paham dan mengerti kan apa fungsi kiprok yang ada pada sepeda motor? jika belum, fungsi kiprok pada motor adalah sebagai salah satu komponen yang ada pada bagian pengisian arus listrik. Dengan adanya komponen bernama kiprok ini, sistem pengisian yang ada pada sepeda motor yang awalnya merupakan energi putar dan dialihkan menjadi energi listrik bisa berjalan semestinya. Namun jika kiprok rusak maka, biarpun aki dalam keadaan sehat atau bahkan baru bisa saja soak atau rusak.

Itulah sebabnya mengapa komponen yang satu ini bisa dibilang sangatlah penting keberadaanya. Dan itulah singkatknya fungsi kiprok pada motor yang mesti dan harus kalian ketahui. Lalu apa sih yang biasanya membuat kiprok rusak dan apa saja yang akan terjadi apabila kiprok motor rusak? nanti akan bisa kalian lihat penjelasannya di artikel terbaru mesinmotor.com berikut ini. Yang pasti baik itu aki ataupun kiprok dan juga komponen lain yang ada pada sebuah kendaraan bermotor sudah sepantasanya untuk kita perhatikan keberadaan dan kesehatannya.

Hal tersebut tidak lain agar semua fungsi dari masing-masing komponen tersebut bisa terjaga dengan baik. Yang mana dengan semua kondisi dalam keadaan baik, maka sepeda motor akan dapat digunakan dengan normal dan tentunya bisa berjalan dengan sebagai mana mestinya. Nah dari pada panjang lebar, mari kita ulas bersama mengenai fungsi kirprok motor, penyebab dan apa saja kendala yang akan terjadi apa bila kiprok pada sepeda motor rusak. Jadi silahkan simak infomasi terlengkapnya berikut ini.

Kendala dan Fungsi Kiprok MotorFungsi Kiprok Motor

Fungsi Kiprok Pada Motor

Kirpok yang dalam bahasa teknis disebut dengan “Rectifier Regulator”menjadi satu dari sekian banyaknya komponen keleistrikan yang memiliki fungsi cukup penting pada sebuah kendaraan bermotor baik itu sepeda motor atau mobil. Dari bahasa tersebut bisa diartikan bahwa Kiprok mempunyai dua fungsi yang berbeda yaitu sebagai penyearak arus pengisian dari spull dan juga sebagai pembatas tegangan dari spull. Dan untuk penjelasannya bisa kalian simak berkut ini

1. Sebagai Penyearah Arus Pengisian dari Spull

Dalam teknisnya, kiprok menjadi salah satu komponen yang begitu penting keberadaannya dalam urusan kelistrikan sepeda motor. Pasalah dua dari fungsi kiprok motor adalah sebagai peyearah arus pengisian dari Spull. Yang mana Spul sendiri merupakan satu dari dua komponen utama dari sistem pengisian arus listrik pada motor. Untuk Spull bisa dikatakan merupakan sebuah generator yang akan mengubah energi gerak atau mekanik menjadi energi listrik yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik.

Hanya saja ketika energi listrik yang dihasilkan tersebut melewati kiprok, arus yang di keluarkan adalah arus AC (Alternate Current) atau arus bolak-balik. Dengan arus yang dihasilkan adalah arus AC (Alternate Current) maka otomatis tidak bisa digunakan karena pada sepeda motor ataupun mobil sistem kelistrikan yang digunakan adalah DC (Direct Current). Oleh sebab itulah Kiprok memiliki peranan penting disini, karena menjadi rectiier atau penyearah arus listrik dari AC ke DC yang tentunya akan bisa digunakan di motor ataupun mobil.

Dengan fungsi kiprok motor diatas, tentunya kebutuhan listrik pada sepeda motor ataupu mobil bisa terpenuhi. Adapun cara kerja fungsi kiprok pada motor sebagai penyearah adalah dengan menghambat arus satu arah dari listrik yang di hasilkan dari Spull dan akan membukanya ke arah lainnya. Dengan demikian arus yang akan mengalir melewati kiprok akan menjadi satu arah alias DC (Direct Current)yang mana otomatis arus tersebut akan bisa langsung di gunakan pada kelistrikan sepda motor.

2. Pembatas Tegangan Pengisian dari Spull

Selain akan menyearahkan arus listrik yang ada, fungsi kiprok motor yang kedua adalah sebagai regulator atau dalam bahasa umumnya sebagau pengatur teganan pengisian. Dengan diaturnya tegangan pengisian makan voltase yang akan di hasilkan atau yang akan keluar tetap stabil yaitu 12 Volt. Selain itu kenapa ko harus diatur tegangannya?

Karena tegangan listrik yang dihasilkan dari spull itu berbading lurus dengan RPM mesin. Yang mana apabila RPM mesin rendah, otomatis tengangan yang dihasilkan dari spull juga akan rendah bahkan bisa berada di bawah 12 volt yang mengakibatkan lampu akan terasa redup apabila motor tidak berada atau tidak sedang di gas.

Sedangkan apabila RPM mesin dalam keadaan tinggi maka sudah bisa dipastikan tegangan yang dihasilkan juga tinggi bahkan bisa melebihi 12 volt, yang itu artinya melebihi beban yang sudah di tentukan pada sebuah kendaraan bermotor khususnya motor. Dengan begitulah fungsi kiprok motor sangatlah penting keberadaannya karena dengan adanya kiprok arus yang akan di hasilkan akan tetap stabil meski berada pada rmp tinggi ataupun rendah.

Lalu bagaimana cara kerja dari kiprok dalam menyetabilkan arus listrik? Disini kiprok motor akan membuang arus pengisian saat terbaca overcharge atau saat tegangan melebihi 12 volt. Dengan sudah di buang kelebihan arus yang di hasilkan tersebut, maka secara otomatis akan membuat segala macam komponen yang ada bisa jauh lebih aman. Dan itulah sebabnya kalian harus tau fungsi kiprok motor agar keberadaannya selalu bisa di perhatikan.

Apa yang Terjadi Jika Kiprok Rusak?

Seperti diatas telah kami sampaikan apa saja fungsi kiprok motor jelas bisa di ambil kesimpulan bahwa apabila kiprok motor rusak, akan ada banyak sekali hal-hal yang tidak semestinya terjadi, terutama pada bagian kelistrikan motor. Jadi bagi kalian yang masih cukup awam dengan hal ini, bisa kalian simak beberpa hal yang akan terjadi apabila kiprok pada motor rusak berikut ini.

  1. Apabila tiba-tiba kiprok motor rusak atau terputus, maka tidak bisa dipungkiri bisa jadi sepeda motor pun akan tiba-tiba bisa mogok karena arus kelistrikan yang ada pada motor terputs.
  2. Dapat membuat aki tekor atau bahkan bisa jadi memperpendek umur pakai aki yang semestinya mencapai 2 tahun mungkin bisa kurang dari tersebut
  3. Fungsi kiprok motor yang akan menjadi penghambat arus listrik dari spull yang tidak stabil akan membuat lampu redup

Itulah beberapa hal yang biasanya terjadi apabila fungsi kiprok pada sepeda motor rusak. Maka dari itu seperti diatas kami sampaikan sudah sepantasnya apabila kita sebagai pengguna dan pemilik kendaraan bermotor harus benar-benar bisa merawat dan mengetahui kondisi motor kita terutama pada beberapa komponen atau bagian tertentu seperti halnya pada komponen bernama Kiprok ini. Tentunya jika kerusakan sudah terajdi, maka kalian mau tidak mau harus servis motor kalian ke bengkel.

Apa yang Terjadi Jika Kiprok Dilepas?

Lalu apabila kiprok dilepas apakah ada pengaruhnya terhadap performa motor? jawabannya sudah jelas ada, karena seperti diatas kita sampaikan, kelistrikan motor membutuhkan arus DC yang bisa di dapat dari spull, sedangkan spull mengeluarkan arus AC yang akan bisa di ubah menjadi DC menggunakan komponen bernama Kiprok.

Jadi jelas apabila fungsi kiprok motor tersebut tidak ada karena kiprok dilepas maka arus listrik yang dihasilkan tidak akan bisa bermanfaat bagi sepeda motor baik untuk mengidupkan lampu atau dinamo starter pada motor tersebut.

Meski demikian, ada juga beberapa tipe sepeda motor yang memang mengharuskan untuk menggunakan sistem kelesitrikan AC, seperti halnya pada sepeda motor buatan Yamaha yaitu Yamaha Vixion Lightning. Yang dimana lampu utama dari sepeda motor tersebut menggunakan arus listrik AC untuk bisa menyala, disaat mesin mulai menyala. Jadi terang redupnya tentu akan di pengaruhi oleh RPM putaran mesin.

Dan itulah kiranya informasi yang dapat kami smapaikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya informasi diatas kalian yang masih belum paham mengenai fungsi kiprok motor dan apa saja yang akan terjadi pada sepeda motor tanpa adanya kiprok atau kiprok rusak bisa jauh lebih memahaminya.