Kenali & Pahami 6 Ciri Ciri Kiprok Rusak Berikut Ini !

Ciri Ciri Kiprok Rusak – Didalam kendaraan bermotor banyak sekali terdapat komponen yang mempunyai fungsi begitu penting. Dan dari sekian banyaknya Kiprok merupakan salah satunya. Adapun seperti sudah kami jelaskan pada pembahasan sebelumnya, Kiprok atau yang dikenal sebagai Regulator Rectrifer merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi sebagai penyearah arus listrik yang di hasilkan oleh spull dalam bentuk arus AC ke DC. Fungsi inilah yang dikenal sebagai rectrifer.

Selain itu ada pula fungsi lain dari kiprok yang akan menjadi pembatas tegangan atau regulator sehingga tegangan yang akan dikeluarkan akan tetap stabil. Umumnya, hampir semua kendaraan bermotor yang ada memiliki komponen yang satu ini. Selain itu, pada kendaraan sepeda motor ada beberapa tipe motor yang masih mengusung jenis kiprok halfwave, yang mana untuk lampu depan atau lampu utamanya masih mengunakan arus AC serta mampu memancarkan cahaya yang terang sesuai dengan putaran atau rpm mesin.

Ketika kiprok rusak mungkin beberapa jenis motor yang masih mengandalkan lampu utama dengan arus listrik AC, tidak akan berpengaruh kepada bagian-bagian lain. Akan tetapi umumnya untuk moto-motor saat ini penggunaan kiprok menjadi wajib karena rata-rata keseluruhan arus listrik yang dibutuhkan semuanya dengan arus listrik DC yang di keluarkan oleh aki motor. Namun seperti barang lainnya, tetap ada kemungkinan bahwa dengan masa pakai sepeda motor yang hampir setiap hari membuat kiprok rusak.

Yang mana apabila sudah terlanjur rusak maka motor sekarang yang menggunakan arus listrik DC bisa dibilagn akan lumpuh. Oleh karena itu jaga dengan baik kondsi kiprok motor yang ada. Apabila sudah terlanjur rusak, maka sebaiknya kalian kenali terlebih dahulu ciri ciri kiprok rusak yang biasanya terjadi pada sepeda motor kalian. Agar kedepannya kalian bisa memastikan bahwa kiprok yang ada tersebut sudah rusak sebelum menggantinya dengan yang baru. Maka dari itu, pada pembahasan kali ini mari bersama-sama kenali dan pahami cici ciri kiprok motor rusak yang bisa kalian simak berikut ini.

Inilah 6 Ciri Ciri Kiprok RusakCiri Ciri Kiprok Rusak

1. Motor Brebet

Dalam dunia otomotif “brebet” atau bisa di bilang kinerja mesin tidak sempurna akan mengeluarkan bunyi yang tidak sempurna. Bila di telusuri ternyata bunyi brebet yang di keluarkan oleh mesin yang berjalan tidak lancar juga menjadi salah satu ciri ciri kiprok rusak yang membuat sistem kelistrikan pada sepeda motor tidak berjalan dengan semestinya. Jika itu terjadi maka kita patut mencurigainya, sehingga harus ada tindakan khusus yang musti kira lakukan agar kinerja listrik pada motor kembali normal dan tentunya akan membuat mesin juga lancar lagi.

2. Aki Sering Tekor

Pada pembahasan fungsi kiprok motor juga sudah pernah kami sampaikan bahwa ketika kiprok motor rusak maka dapat berimbas pada rusaknya aki. Yang mana umumnya umur aki yang mampu mencapai 2 tahun atau lebih bisa saja mulai tekor di bawah itu. Hal tersebut bisa jadi karena fungsi kiprok mulai melemah atau bahkan sudah rusak. Jika satu atau dua kali kalian sudah mengganti aki namun tetap mendapatkan hasi yang sama, maka bisa jadi itu merupakan ciri ciri kiprok yang rusak dan harus segera di ganti.

Namun apabia kalian masih belum yakin bahwa itu terjadi karena kiprok yang rusak, kalian bisa saja mengeceknya dengan mengukur menggunakan voltmeter DC pada aki yang kalian gunakan. Pertama cek tegangan aki sebelum mesin hidup yang biasanya harus mencapai maksimal 13 volt, kemudian cek juga ketika mesin saat berada di posisi stasioner yang harus mendapatkan angka 12-13 Volt DC, lalu perlahan mulailah menaikan rpm mesin dan seharusnya mencapai 15 volt. Apabila hasil tetap sama, maka itu bisa menjadi ciri ciri kiprok rusak atau juga spul yang rusak.

3. Motor Susah di Starter

Motor susah di starter juga menjadi salah satu ciri ciri kiprok rusak yang membuat aki motor soak. Tentunya ketika aki soak maka kondisi kelistrikan yang ada pada motor pun tidaklah baik sehingga musti dan harus di cari masalah yang menyebabkan kenapa aki bisa menjadi soak. Nah salah satu hal yang sering terjadi pada kendaraan bermotor adalah terjadikan ketikdak sempurnaan asupan listirk ke aki yang mungkin bisa terjadi karena kondisi kiprok mulai melemah dan membuat kinerja atau fungsi kiprok sendiri tidak sebagaimana mestinya. Dan jika itu dibiarkan maka lama kelamaan akan membuat aki semakin rusak dan tentunya menjadikan motor susah di starter.

4. Tegangan Spul Hampir Tidak Ada

Lalu ciri ciri kiprok rusak juga bisa di lihat dari tegangan output spul yang dihasilkan. Maka dari itu agar tidak berandai-andai ketika mesin dalam keadaan hidup kalian bisa mengecek dengan mengukurnya, yang mana untk melakukan hal ini wajib untuk menghidupkan mesin, setelah itu kalian pasang voltmeter AC dan ketika memang ada indikasi atau ciri ciri kiprok motor rusak, maka tegangan spul hampir seperti tidak ada atau kurang dari 10 VAC. Namun ketika saat soket kiprok di lepas (mohon matikan lampu) justru tegangan spul kembali normal. Dengan begitu bisa dipastikan bahwa kiprok yang ada sudah mulai rusak dan harus segera di ganti agar tidak menjalar.

5. Lampu Mudah Putus

Kejadian yang sering diamali setiap pengendara motor apabila terjadi indikasi atau ciri ciri kiprok rusak adalah sering terjadi lampu putus. Hal ini jelas bisa saja terjadi mengingat kiprok halfwave yang digunakan sudah tidak bisa lagi menghabat aliran arus yang di hasilkan spul. Padalah arus listrik yang di butuhkan untuk sebuah lampu motor biasanya hanya 12 volt, jadi tidak heran apabila arus listrik berada di atas batas yang mampu di gunakan oleh lampu membuat lampu sering putus karena kelebihan arus listrik. Dan hal ini biasanya terlihat ketika lampu terasa lebih terang ketika rpm mesin mulai naik.

6. Suhu Kiprok Tinggi atau Bahkan Dingin

Normalnya apabila kondisi kiprok dalam keadaan bagus dan baik, maka suhu kiprok akan terasa hangat. Hal ini tentu saja tidak lain tidak bukan dikarenakan aliran listrik yang datang dari spul terus mengalir melewati kiprok tersebut. Sedangkan untuk ciri ciri kiprok rusak jelas apabila motor di gunakan cukup lama namun suhu kiprok malah tetap dingin. Maka apabila itu terjadi jelas dan bisa dipastikan bahwa kiprok motor sudah rusak, oleh sebab itu sebaiknya kalian ganti dengan yang baru agar sistem kelistrikan pada sepeda motor kalian akan tetap terjaga.

Berbeda dengan motor yang menggunakan sistem kelistrik AC sebagai sumber energinya, ketika mesin di geber seharusnya nyala lampu akan semakin terang, namun apabila terjadi hal sebaliknya yaitu ketika mesin di geber namun nyalanya justru meredup maka sudah bisa dipastikan itu adalah ciri ciri kiprok rusak. Jadi mau tidak mau agar kondisi nyala kembali seperti semula kalian harus segera menggantinya dengan kiprok yang lebih baru dan sehat.

Kiranya itulah beberapa ciri ciri kirpok rusak dan apa saja yang terjadi ketika kiprok motor mulai tidak berfungsi normal. Maka dari itu pelajarilah beberapa hal yang sudah kami sampaikan diatas agar kalian bisa memahami dengan betul sehingga ketika terjadi kejanggalan yang berkaitan dengan kiprok akan bisa kalian tangani sendiri tanpa harus membawa motor kalian ke benkel terkecuali hal-hal teknis berat lainnya. Jangan lupa simak juga tips memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.