Cat Motor

Diposting pada

Cat Motor – Tampilan motor merupakan hal yang harus diperhatikan agar selalu terlihat nampak baru dan terawat. Tidak lain halnya dengan cat pada body motor. selain itu, mengcustom cat motor merupakan hal yang dapat membuat tampilan motor menjadi unik. Namun janganlah sampai merubah warna dasar menjadi warna lain apabila untuk digunakan sehari hari. nanti bisa kena tilang hehe. . . Tetapi bagi yang hanya sekedar koleksi ataupun untuk ajang lomba sah sah aja ya Sobat.

cat-motor

Biasanya mengcustom cat motor dilakukan ditempat khusus pengecetan. Namun, Sobat dapat melakukannya sendiri dirumah loh. Hitung-hitung untuk mengurangi biaya kan? Dengan itu juga Sobat dapat mengontrolnya langsung setiap detail yang di cat. Terlebih itu juga dapat menyenangkan untuk diri sendiri dalam mengecat motor bagi yang suka sekali dengan dengan hal yang berbau variasi motor.

Bagi Sobat yang bingung cara mencampur warna cat motor, disini kami akan membagikan tips dan cara mencampur cat motor. Untuk itu terus simak penjelasan dibawah ini ya Sobat.

Jenis Cat Motor

Cat Stoving atau Basecoat

Jenis cat ini merupakan yang paling mahal dikarenakan kekuatan catnya yg tahan lama dan tidak mudah terkena gores seperti stratc body, umumnya cat stoving ini terdapat pada bengkel yg mempunyai ruangn oven

Cat PolyUrethane

Pada cat ini direkomendasikan apabila Sobat berkunjung ke bengkel yang tidak mempunyai ruang oven sebab cat tersebut sangat baik apabila digunakan kepada mobil kesayangan Sobat. Tetapi masih tetap dibawah cat stoving dikarenakan faktor oven dan non oven sehingga pada proses mengeringkannya dibilang agak terhambat untuk pengerasan cat

Baca Juga :  Daftar Harga Ban Motor FDR Terbaru dan Terlaris 2019

Cat lacquare atau Nitro Cellulose

Untuk cat jenis ini kami sarankan jangan dipakai, karena selain cepat kusam dan bisa merusak cat original yg sudah di aplikasikan di bengkel resmi. Walaupun cat ini terbilang cepat kering, namun juga cepat pudar. Untuk harga cat ini pun terbilang miring dari harga cat di atas.

Tips campuran warna cat motor

Pada tiap warna umumnya telah ada warna produk pasarannya sendiri sendiri, misalnya : hijau kawasaki, merah ferrari, kuning, putih dan sebagainya. Tetapi, apabila Sobat ingin mencari warna yang unik dan beda dari yang biasanya, Sobat dapat mencampurnya sendiri cat motor sesuai selera.

cat-motor

Cara mencampurkan warna cat motor biasanya selalu perpatokan dengan warna utama atau primer yaitu merah, biru dan kuning. Warna sekunder didapatkan dengan mencampurkan antar warna primer contohnya kuning dengan biru menghasilkan hijau atau biru dengan merah akan menghasilkan ungu, merah dengan kuning akan menghasilkan orange. Rasio pencampuran tidak harus satu banding satu, nah ini yang membuatnya unik. Pencampuran yang tidak seimbang akan menghasilkan varian warna yang unik loh. Sobat dapat berekperimen dengan berbagai perbandingan.

Cara mengoplos cat

Pada tiap warna umumnya telah ada warna produk pasarannya sendiri sendiri, misalnya : hijau kawasaki, merah ferrari, kuning, putih dan sebagainya. Tetapi, apabila Sobat ingin mencari warna yang unik dan beda dari yang biasanya, Sobat dapat mencampurnya sendiri cat motor sesuai selera. Cara campur cat motor biasanya selalu perpatokan dengan warna utama atau primer yaitu merah, biru dan kuning. Warna sekunder didapatkan dengan mencampurkan antar warna primer contohnya kuning dengan biru menghasilkan hijau atau biru dengan merah akan menghasilkan ungu, merah dengan kuning akan menghasilkan orange. Rasio pencampuran tidak harus satu banding satu, nah ini yang membuatnya unik. Pencampuran yang tidak seimbang akan menghasilkan varian warna yang unik loh. Sobat dapat berekperimen dengan berbagai perbandingan.

Baca Juga :  Mobil Tidak Bisa Distarter

Sesudah didapatkan campuran cat yang sesuai ekspetasi kita yang sudah kita tahu cara mengoplos cat motor atau mencampurkan cat motor. langkah selanjutnya yaitu persiapan untuk pengecatan.

  • Langkah pertama, Sobat lakukan dengan mengoleskan dua lapisan utama atau primer epoxy. Hal ini akan berguna untuk melindungi logam dari berbagai kelembaban dan menghindari efek yang tidak diharapkan seperti berkarat karena terkena panas ataupun hujan. Sobat bisa ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan untuk mengetahui pengeras mana yang diharuskan untuk dicampur dengannya. Pastikan untuk selalu membaca petunjuk pemakaian dikemasan ketika masih berada pada toko cat, sehingga Sobat dapat membeli pengeras pada saat yang bersamaan.
  • Kemudian, Campurlah primer dengan pengeras. tuangkan larutan pada kaleng pistol semprot.
  • Semprotlah satu lapis secara merata dan diamkan sampai kering.
  • Kemudian ulangi. Ikuti petunjuk pengeringan yang telah direkomendasikan pada kemasan untuk primer yang sudah Sobat beli.
  • Saat melakukan penerapan pada produk apapun itu dengan alat semprot, utamakan untuk menggerakkannya dengan perlahan dan merata pada semua permukaan body motor.

Info Penting

Primer sebagian besarnya akan menghasilkan tekstur yang kasar, salah satunya sesudah beberapa lapisan. Jadi Sobat sebaiknya menghaluskan permukaan itu agar terlihat rata. Pakailah amplas yang basah dan kering dengan ukuran 2000 grit. Perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan thinner untuk membersihkan primer. Gunakanlah lap lembut untuk menghilangkan kotoran dipermukaan yang baru di amplas.

Demikian artikel tentang cat motor dan cara mengoplos warna cat, semoga cara mengoplos warna cat motor dapat bermanfaat dan mudah diterapkan untuk sobat mesinmotor sekalian. Jangan ketinggalan artikel dari kami yang lainnya. Terima Kasih.

Artikel Mesinmotor Lainnya :