Cara Potong Rantai Motor

Diposting pada

[100% Mudah] Cara Potong Rantai Motor Sendiri Pakai Palu dan Paku– Berbicara mengenai Rantai ialah menjadi salah satu komponen yang sangat penting bagi kendaraan sepeda motor, yang mana dalam hal ini tentunya untuk kendaraan motor yang bukan matic.

Kemudian pada saat sobat mengendarai sepeda motor secara mendadak rantai motor yang anda pacu tersebut kendur, sehingga dengan kendurnya rantai tersebut menghasilkan sebuah bunyi dan kinerja rantai berputar dengan tidak maksimal, yang bahkan jika tidak segera diperbaiki akan membuat rantai menjadi putus dan gear/ sprocket tempat rantai tersebut berputar akan mengalami pengikisan dan menjadi semakin runcing.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa rantai mempunyai peranan penting untuk melanjutkan proses putaran yang berlangsung pada mesin agar dapat menggerakan roda bagian belakang.

Dimana usur pembuatan rantai sendiri terdiri dari unsur logam sehingga apabila rantai yang kendur akan menghasilkan panas yang tidak beraturan dan dengan panas tersebut dapat membuat rantai cepat mengalami pemuaian.

Kemudian apabila gesekan yang berlangsung tidak optimal secara terus menerus maka hal tersebut akan membuat rantai menjadi melar.

Nah apabila hal demikian terjadi, maka harus segera kita lakukan penyetelan kembali, agar rantai tersebut dapat kembali kencang dan dapat berfungsi dengan baik.

Akan tetapi apabila rantai tersebut sudah tidak lagi dapat diperbaiki, maka langkah yang dapat kita lakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

Cara Memotong Rantai Motor Manual

[100% Mudah] Cara Potong Rantai Motor Sendiri Pakai Palu dan Paku
[100% Mudah] Cara Potong Rantai Motor Sendiri Pakai Palu dan Paku

Biasanya sebagaian orang banyak melakukan pemotongan rantai dengan secara manual, apabila rantai pada motornya mengalami kendur. Yang mana cara ini lebih efektif, jika memang rantai masih bisa digunakan, tentunya dengan hal ini juga dapat menghemat biaya.

Baca Juga :  Penyebab Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin

Nah biasanya pengerjaan untuk melakukan pemotongan rantai secara manual ini membutuhkan alat seperti di bawah ini. Dan berikut adalah langkah cara potong rantai motor dengan metode manual.

  • Kunci Ring, Pas, Kunci T
  • Obeng
  • Tang
  • Palu dan Paku
  • Bekas Laker Roda
  • Balok Kayu
  • Gerinda
  • Rantai Rantai

Nah berikut ialah merupakan beberapa langkah tentang bagaimana cara memotong rantai motor dengan menggunakan cara yang manual.

  • Pertama persiapkan alat gerinda untuk memotong pin mata rantai maka membutuhkan mata gerinda yang tajam supaya dapat melepaskan pin tersebut dengan mudah
  • Kemudian apabila pin tersebut sudah berhasil dipotong maka, berikan ganjalan di bawah pin rantai tersebut dengan beralaskan sebauh mur dengan ukuran yang biasanya 14 atau 17
  • Kemudian apabila mur dan pin tersebut sudah pas dan tepat, selanjutnya pakai besi dan arahkan besi tersebut tepat dibagian pin tersebut, lalu anda pukul permukaan besi tersebut dengan memakai palu supaya pin bisa terlepas.
  • Selanjutnya jika pin telah dilepas, maka kemudian rantai tersebut sobat sekalian sesuaikan kembali sebatas mana rantai tersebut akan mengencang ketika rantai kalian terapkan di motor, dengan demikian kalian dapat mengetahui batasan mana pin tersebut yang harus kalian lepas.
  • Kemudian apabila telah kalian potong dan satukan kembali, maka sudah bisa langsung kalian terapkan kembali rantai tersebut di motor kalian

Menggunakan metode ini terbilang sangat mudah, namun pada saat proses pengerjaan, terkadang sering terjadi sebuah insiden, seperti misalnya tangan terpukul palu. (Baca Juga : Modifikasi Thailook – Beat, Mio, Vario, Scoopy dan Style

Cara Memotong Rantai Motor dengan Alat

[100% Mudah] Cara Potong Rantai Motor Sendiri Pakai Palu dan Paku
[100% Mudah] Cara Potong Rantai Motor Sendiri Pakai Palu dan Paku

Apabila cara yang disajikan diatas masih sangat sulit untuk di kerjakan, maka ada cara lainnya yang dapat sobat terapkan, yakni dengan menggunakan sebuah alat khusus, yang alat tersebut dapat kalin beli terlebih dahulu diberbagai toko yang menjual perlengkapan spearpart motor. Yang mana alat tersebut kerap disebut Chain Breaker.

Baca Juga :  Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga

Nah dengan menggunakan alat tersebut, tentunya akan memberikan kalian kemudahan untuk melepas, dan kembali menerapkan pin rantai. Kemudian dengan alat tersebut sobat semua sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk memukul pin dengan menggunakan palu.

Nah di bawah ini ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memotong rantai motor dengan mengusung alat Chain Breaker.

  • Lakukan pelepasan rantai motor terlebih dahulu supaya bisa lebih mudah untuk melepaskan dan memberikan kalian ruang untuk pengerjaannya.
  • Kemudian apabia telah berhasil dilepas maka tentukan terlebih dahulu berapa mata rantai yang nantinya akan kalian lepaskan/potong.
  • Kemudian bisa kalian pakaialat tersebut dengan metode memnempatkan alat tersebut tepat di bagian pin rantai motor
  • Nah jika telah pas, kemudian lakukan pemutara pada ujung lain dari alat ini dengan memakai tangan sampai pin rantai tersebut tertekan oleh alat ini.
  • Kemudian jika pin sudah berhasil dilepas maka singkirkan beberapa mata rantai yang sudah kalian tentukan sebelumnya lalu baru kalian sambung kembali rantai motor yang sudah kalian lepas tersebut

Demikianlah yang bisa kami sampaikan kali ini mengenai [100% Mudah] Cara Potong Rantai Motor Sendiri Pakai Palu dan Paku, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :