Cara Merawat Motor Matic

Diposting pada

Cara Merawat Motor Matic – Mempunyai kendaraan yang indah dan terawat menjadi keinginan semua pengguna, salah satunya ialah kendaraan bermotor. Motor yang merupakan kendaraan yang peraktis disaat macet melanda jalan raya. Akhir-akhir ini banyak yang beralih ke motor matic. Motor matic kini telah menjadi pilihan utama dari banyaknya pengguna sepeda motor di Indonesia.

Tidak perlu heran apabila banyak pabrik motor yang terdapat di Indonesia ini berlomba-lomba memasarkan produk motor matic mereka. Contohnya pabrikan Honda yang salah satunya mengeluarkan motor Vario. Kita pastinya sudah mengenal dengan ini motor yang merupakan keluaran dari merk ternama pabrikan honda dengan macam-macam tipe seperti Vario Techno 125, Bario 110, sampai Vario 150 yang memiliki sistem pembakaran karburator ataupun injeksi.

cara merawat motor matic

Bisa dibilang banyak sekali yang beralih ke motor matic karena mempunyai beberapa alasan tersendiri. Tidak sedikit yang mengatakan motor matic tidak serumit motor manual dalam hal mengendarai, mudah, praktis untuk yang baru belajar mengendarai motor, dan lain lain. Yang menjadi pertimbangan utama para pengguna memilih motor matic juga akhir-akhir ini dikarenakan sepeda motor matic mempunyai sistem injeksi. Motor matic injeksi mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan motor matic yang masih memakai karburator dalam sistem bahan bakarnya.

Perlu kita ketahui bahwa motor matic injeksi mempunyai teknologi yang unggulan yang dapat menekan pemakaian bahan bakar dan menjadikan mesinnya awet dan panjang umur jika dibandingkan motor matic yang memakai karburator. Motor matic injeksi bisa dibilang juga lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan motor matic yang menggunakan karburator.

Daftar Isi :

Pentingnya Merawat Motor Matic

Namun, sangat disayangkan karena banyak sekali masyarakat kita cuma bisa untuk mengendarai motor matic saja, tetapi kurang dan tidak memperhatikan perawatan motor matic. Baik dari motor baru ataupun bekas, yang menjadi kenyataannya bahwa tidak menjadi jaminan bahwa motor baru akan awet kalau tidak bisa merawatnya. Bahkan motor lama atau bekas bisa awet apabila perawatannya sangat baik. Tidak usah disesali, memang nyatanya tidak semua orang tahu dan mengerti akan bagaimana kondisi mesin motor matic yang baik.

Walaupun begitu, dalam perawatan motor matic injeksi tetap harus diperhatikan kondisinya. Untuk menjaga kinerja dan performa dari motor matic injeksi dan agar tetap irit dan awet, kadang kadang kita mengabaikan hal hal dari tips perawatan yang sebenarnya penting untuk dilakukan.

Cara Merawat Motor Matic

Tetapi, Sobat harus memperhatikan walaupun tidak berbeda jauh dengan merawat motor pada biasanya, dalam merawat motor matic yang memakai sistem pembakaran karbulator maupun injeksi memerlukan perawatan khusus yang lebih teliti.

Selalu memanaskan motor dipagi hari

Hal yang paling penting dalam merawat motor adalah selalu memanaskan motor dipagi hari, hal ini dikarena dengan memanaskan motor setiap pagi, oli akan selalu siap melumasi mesin sehingga kinerja dari mesin itu jauh lebih maksimal. Tips dalam memanaskan motor matic yang baik dan benar adalah panaskan motor minimal 5 menit sampai 10 menit dan sebaiknya memakai kick starter saja, menggunakan kick starter didahulu kan dari kondisi kunci motor dengan posisi off, lakukan kick starter sebanyak 5 kali, dan kemudian langsung ubah posisi kunci motor menjadi on dan lakukan kick starter sampai motor menyala dan diamkan 5 sampai 10 menit. Perlu kita ketahui dengan memakai kick starter mengawetkan baterai dari motor tersebut.

cara merawat motor matic

Jangan Biarkan Bahan Bakar Habis

Kebiasaan buruk ini yang sering terjadi ialah bahan bakar sampai benar benar habis. Ini merupakan hal yang sangat fatal karena bisa merusak mesin motor tersebut, terutama pada motor matic injeksi. Perhatikan selalu indikator jangan sampai menuju ke huruf E.

Baca Juga :  Daya Motor

Kualitas Bensin

Ini merupakan perawatan yang paling mendasar, disarankan untuk tidak mengisi pada penjual bensin dipinggir jalan karena kita tidak tahu apakah bensin tersebut tercampur dengan bensin eceran. Kualitas bensin itu lah yang mempengaruhi kualitas mesin motor matic sobat, Disarankan mengisi bensin pada tempat resmi yang dikelola pemerintah seperti Pom.

cara merawat motor matic

Ganti Oli Secara Rutin

Dalam merawat motor matic satu ini terbilang hal paling penting, oleh karena itu untuk perawatan dengan cara lakukan sesuai dengan jadwal pergantian oli yang umumnya dilakukan setiap 1000 km dan dalam pergantian oli gardan maksimal saat motor sudah mencapai 5000 km atau kisaran kurun waktu  setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan jangan lupa sampai juga untuk memakai oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang sobat miliki.

cara merawat motor matic

Check Keadaan Vanbelt dan Roler

Hal yang sangat penting dalam memeriksa kondisi vanbelt, hal ini yang tidak boleh untuk ditinggalkan oleh pemilik motor matic. Bahan vanbelt yang terbuat dari karet yang dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang membuat motor berhenti dan tidak dapat berjalan lagi. Hal ini sudah menjadi keharusan bagi sobat untuk mengganti vanbelt tersebut sebaiknya memakai suku cadang yang original dikarenakan lebih terjamin dan pasti lebih awet.

cara merawat motor matic

Perawatan Accu

Tidak mudah loh untuk mengetahui keadaan aki yang berada pada motor matic, pengguna motor lama pastinya pernah motornya mengalami Mati pada Aki. Hal ini pastinya sobat akan kehilangan power dari motor sementara itu juga cahaya lampu akan semakin berkurang, dan yang paling membuat jengkel ialah apabila aki motor matic mati yaitu pada saat menghidupakan motor harus sering menggunakan kick starter yang membuat kita akan terasa lebih banyak dalam mengeluarkan tenaga. Oleh sebab itu, disarankan bagi pengguna untuk mengganti AKI dalam 7 – 8 bulan sesudah penggantian terakhir.

Baca Juga :  Harga Ban Pirelli Semua Ukuran Murah dan Terbaik 2019

Perawatan Busi

Performa dari motor matic sangatlah didukung dari komponen busi. Perawatan pada komponen busi sangatlah dibutuhkan untuk menjaga motor selalu bertenaga. Seringlah untuk membersihkan area yang berkarat, jika kondisi busi telah dirasa tidak berfungsi dengan baik, langsung lakukan penggantian dengan yang baru.

cara merawat motor matic

Menstabilkan Kecepatan Gas

Umumnya ini sering di lakulan oleh pengguna motor matic, yaitu saat kecepatan motor dalam kondisi cepat namun tiba-tiba menurunkan gas dengan begitu pun sebaliknya. Ternyata tanpa disadari bisa merusak masa umur mesin loh. Pada kecepatan yang tidak stabil tidak cuma akan merusak mesin tetapi sampai juga pada vanbelt motor.

Rutin mengganti Oli Shockbreaker

Oli juga bisa dibilang tidak cuma terdapat pada mesin motor saja, tetapi oli juga ada pada shockbreaker. Oleh sebab itu butuh adanya pergantian yang bertujuan agar kondisi shock motor tetap berfungsi secara normal. Dalam jadwal pergantiannya bisa dilakukan apabila mencapai 10000KM.

Rutin Service di Bengkel

Biasanya melakukan perawatan di bengkel terbilang lengkap mulai dari penggantian oli, membersihkan karburator dan lain lain. disarankan service melalui bengkel resmi untuk dapat menanyakan menggenai kondisi Aki, Vanbelt dan roler. Pastinya dengan melakukan service melalui bengkel resmi akan aman karena penggunaan suku cadangnya pun terbilang original. Sobat bisa lakukan ini secara rutin lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performa motor matic sobat.

Artikel MesinMotor Lainnya :