Cara Mengkilapkan Motor dan Merawatnya

Cara Mengkilapkan Motor dan Merawatnya

Cara Mengkilapkan Motor – Pastinya memiliki motor yang selalu bersih dan mulus adalah impian setiap pemilik motor. Menjaganya tetap bersih dan mulus adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Dilain sisi, motor yang keadaannya masih mulus memiliki harga jual lebih tinggi daripada motor dengan kondisi biasa. Oleh karena itu setiap hari kita akan menjumpai banyak pengendara yang memandikan motornya di pagi maupun malam hari.

cara-mengkilapkan-motor

Sangat disayangkan dengan melakukan itu saja belum tentu cukup untuk merawat body motor kesayangan kita. Apalagi di bagian-bagian yang sudah terkena banyak goresan seperti dek motor warna hitam diantara stang dan tempat duduk. Supaya motor selalu terlihat bersih, dan mengkilap, pemilik pastinya harusnya merawat dengan rutin dan penuh perhatian. Motor yang selalu terlihat bersih dan baru mestinya akan menambah kepercayaan diri oleh siapa saja yang menungganginya.

Cara Mengkilapkan Motor

Berikut ini cara mengkilapkan motor kesayanganmu. Pengen tahu caranya sobat mesinmotor? Mari simak beberapa hal di bawah ini.

Mencuci Terlebih Dahulu

Mencuci motor suatu hal yang sering dianggap sepele. Karena jika dilihat cuma seperti menyiram dan menggosok bagian-bagian dari motor. Padahal tidak semudah itu ferguso. Kamu pastinya harus menyediakan shampo khusus motor untuk mencuci motormu.

cara-mengkilapkan-motor

Selain itu, kamu juga harus memakai 2 bucket sistem atau memakai dua ember untuk mencuci motormu. Dimana 1 ember diisi air dan shampo, sedangkan ember yang satunya diisi air bersih untuk membilas alat cuci sobat mesinmotor, bisa busa dengan pori-pori yang besar, sea sponge, wash mitt dan alat cuci lain yang lembut supaya tidak melukai atau memberi luka pada bagian motor. (baca juga : Harga Motor Beat : Daftar, Bekas, Street, Pop Terbaru)

Cara mencucinya pun sama seperti biasanya, basahkan motor terlebih dahulu, berikan sabun dengan alat cuci dan bilas sampai bersih, lalu keringkanlah. Untuk pengeringan maksimal dapat kamu dapatkan dengan memakai microfiber waffle weaf drying towell. Harganya sih cukup mahal sih. Alternatif lainnya bisa kamu keringkan menggunakan lap microfiber yang lebih murah. Atau kalau kamu dalam kondisi minim budget, pakai kanebo juga bisa. Setelah selesai dicuci, langsung masuk ke proses selanjutnya yakni detailing process.

Baca Juga :  Harga Helm Cakil : Pilot, Jadul, KYT, Vespa Terbaru 2019

Proses Claying

Claying adalah proses utama dari detailing. Fungsinya ialah memberikan clay pada seluruh part body motor dengan tujuan untuk membuang kotoran (kerak) yang membandel pada body motor kita. Pakailah claybar yang dilubrikasi dengan quick detailer (QD) secara menyeluruh di body motor kita.

Sekiranya dirasa sudah rata, gosok menggunakan  microfiber sebagai applicatornya. Perlu dicatat, applicator yang digunakan harus berbeda sobat mesinmotor. Jadi yang dipakai untuk claying ya hanya untuk di claying saja. Agar bahan – bahannya tidak tercampur baur.

Cumaa dengan proses ini saja, kamu akan mendapatkan hasil motormu lebih mulus daripada biasanya. Tapi tidak cuma sampai disini, cara membuat body motor mengkilap masih banyak tahapan.

Polishing

Di proses ini luka-luka halus akan segera kita buangkan. Pakailah paint cleaner untuk menghilangkan sisa wax yang tertinggal. Gosok secara menyeluruh sampai baret – baret di body motor hilang.

Selain itu kasih juga polish liquid di applicator yang beda. Gosok secara menyeluruh sampai tuntas. Dengan melakukan polishing ini, bukan hanya baret – baret di body motor kita hilang. Warna body motor yang kusam akan balik lagi hidup dan cerah.

Tidak hanya body, ada baiknya juga sobat mesinmotor memoles bagian logam dari motor kamu. Agar tidak kalah mengkilap sama body-nya. Dan sebab itu kamu wajib tahu bagaimana cara mengkilapkan mesin motor.

Waxing

Waxing atau bagian pemolesan ini berfungsi untuk melindungi body motor tetap mengkilap walau terpapar sinar UV dan debu di jalanan. Untuk hasil yang paling mengkilap, pakailah carnauba wax dalam proses ini. Sangat disayangkan carnauba wax tidak bisa bertahan lama apabila terkena sinar matahari. Apabila kamu ingin wax yang awet, pakailah wax sintetik yang banyak beredar di pasaran. Namun tampilan akhirnya tidak akan sebagus kalau memakai carnauba wax.

Baca Juga :  Fungsi Poros Engkol, Pengertian & Bagian-Bagiannya

Quick Detailer

Quick Detailer atau Maintenance umumnya digunakan setelah proses waxing selesai. Bertujuan untuk menjaga kualitas wax supaya dapat bertahan lebih lama. Manfaatnya ialah saat nanti dalam waktu dekat kita akan menyuci motor lagi, tidak perlu lagi pakai wax lagi. Cukup oles Quick Detailer secara menyeluruh dan motormu akan kembali kinclong lagi.

Tips Merawat Motor

Hindarkan Dari Sinar Matahari Langsung

Yang pastinya jika terlalu sering terpapar langsung oleh sinar matahari juga akan berdampak buruk pada sepeda motor. Biasa sering terjadi saat sewaktu memarkirkan motor, jika terlalu lama berada ditempat parkir yang terkena langsung oleh sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet akan berdampak buruk pada lapisan cat motornya.

Mengelap Dengan Air

Dalam mengelap pada bagian motor yang terkena debu mesti harus dengan hati-hati atau lebih baik memakai sedikit air untuk membasuh bagian berdebu tersebut, dan langsung selanjutnya mengelap dengan kain yang halus dan lembut. Usahakan hindari baret pada sepeda motor.

Segera Bersihkan Ketika Terkena Minyak

tSaa motor terkena motor khususnya minyak rem yang memungkinkanbisa mengenai bodi motor tersebut, usahakan langsung lakukan pembersihan dengan memakai kain kannebo atau sejenisnya. Setelah itu bersih dari minyak bisa menggelapannya dengan air seperti penjelasan sebelumnya. Pastikan rem tidak ada yang keluar pada rem dan shock. Jika minyak keluar pada bagian itu lebih baiknya bawa langsung ke bengkel untuk perbaikan.

Hindari Detergen

Sangat berbahaya jika melakukan pencucian menggunakan detergen dapat mengakibatkan pengelupasan pada cat bodi pada motor. Harus memilih shampo motor yang sesuai. Jangan coba-coba menggunakan detergen apabila memang tak meiliki shampo motor untuk mencuci, lebih baik cuma mengelapnya saja dengan menambahkan sedikit air. Dalam perawatan motor haus dilakukan dengan hati-hati supaya motor kesayangan masih tetap terlihat baru.

Cuci Motor Secara Rutin

Usahakan mencuci motor 1-2 kali seminggu. Jangan jarang-jarang mencuci motor karena bisa menimbulkan kotoran dan debu semakin menumpuk yang mengakibatkan pada pelepasan cat bodi motor. Jika diabaikan terlalu lama maka akan mengakibatkan warna yang kusam pada motor, jadi susunlah jadwal kapan harus mencucinya atau dapat mencuci di tempat cucian motor.

Baca Juga :  Komponen Rem Cakram : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Cuci Motor Setelah Terkena Air Hujan

Air hujan mengandung asam nitrat yang sangat berbahaya. Hal tersebut akan mengakibatkan rusaknya lapisan pada kilap cat motor, tidak cuma itu air hujan juga dapat menimbulkan karat  dan korosi pada bodi motor. Jadi segera lakukan pencucian atau minimal mengelap dengan memakai air bersih.

Mengeringkan Motor

Setelah motor dimandikan, butuh adanya pengeringan. Hal yang harus diperhatikan dalam proses pengeringan ialah usahakan motor dalam keadaan sangat kering. Jangan sampai terdapat sisa air yang mengendap di bodi motor, jika itu dibiarkan maka akan mengakibatkan karat dan korosi dan pemudaran warna pada kendaraan.

Mengelap Setiap Hari

Setiap pagi hari usahakan melakukan pengelapan sepeda motor dengan memakai kain halus dan lembut sambil memanaskan pada mesinnya. Hal tersebut fungsinya untuk mengurangi debu yang menempel pada body motor. Mengelap motor juga dapat menambahkan silikon supaya bodi motor tetap kinclong dan cat lebih terlindungi agar tak cepat pudar.

Menambahkan Silikon

Sudah dijelaskan diatas, menambahkan silikon bertujuan untuk mengkilapkan bodi motor jadi tidak akan cepat mengelupas pada cat body motornya. Pilih silikon yang sesuai dan memperhatikan kualitas dari bahan pembuatannya. Setelah itu menambahkan silikan harus melakukan pengeringan kembali dengan menggunakan kain halus tanpa air.

Memakai Skorlet

Skorlet atau bisa disebut stiker blok dapat digunakansupaya motor tetap lebih kinclong dan enak dipandang walaupun body aslinya telah kusam. Skorlet dapat melindungi bodi asli motor dari goresan.

Dan demikianlah ulasan tentang cara mengkilapkan motor dan merawatnya, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat mesinmotor sekalian, dan alangkah indah nya jika sobat mesinmotor sekalian share artikel ini agar bisa terjangkau oleh semua orang, terima kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :