Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang

Diposting pada

Cara memperbaiki rem cakram belakang – Mengulas mengenai fitur rem ialah merupakan bagian komponen yang sangat penting untuk kendraan.

Dengan peranan dan Fungsinya yang kerap dipakai yakni agar dapat memperlambat laju kecepatan pada kendaraan hal tersebut baik pada ketika kendaraan sedang melalui jalan curam dan terjal atau keadaan jalanan yang lainnya.

Dalam hal ini keadaan rem tentunya harus bisa berfungsi dengan baik sebab ini terkait mengenai keselamatan bagi si pengemudi kendaraan tersebut.

Sehingganya apabila kita pemilik kendaraan tidak melakukan perbaikan terhadap kerusakan pada rem, maka akan berakibat fatal bagi si pengendara.

Maka oleh sebab itu kita perlu melakukan perawatan secara berkala sebab khawatir pada saat kita melajukan kendaraan, kemudian rem tidak berfungsi dengan baik sehingga masalah yang akan ditimbulkan adalah rem menjadi tidak pakem karena disebabkan oleh kampas rem yang mungkin kondisinya sudah menipis.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Yang Bermasalah "100% AMPUH"
Cara Memperbaiki Rem Cakram Yang Bermasalah “100% AMPUH”

Kemudian adapun faktor Penyebab yang membuat rem tidak tidak bekerja dengan baik lainya adalah dapat juga diakibatkan karena adanya suatu gelembung udara yang ada di dalam sistem.

Maka apabila hal ini terjadi, hal yang dapat kita lakukan adalah cukup dengan membleeding saja.

Akan tetapi apabila rem ketika akan difungsikan kemudian mengalami keras sehingga membuat kita menjadi sulit untuk mencengkramnya, hal ini bisa disebabkan karena pada master rem yakni pada pistonya yang tidak bekerja dengan baik.

Hal ini juga biasanya disebabkan karena pada bagian piston rem yang terdapat pada master dalam kondisi kotor atau mengalami kerusakan.

Maka hal yang harus kita lakukan yakni hanya dengan membongkarnya lalu kemudian melakukan pembersihan atau bisa juga dengan menggantinya dengan yang lebih baik lagi/baru.

Baca Juga :  Busi Vespa

Baca Juga :  25 Motor Klasik Termurah dan Terbaik 2019

Cara Memperbaiki Rem Cakram

Lantas langkah seperti apa yang dapat kita lakukan agar dapat menangani kasus pada kerusakan rem cakram ini? Berikut akan mesinmotor.com sajikan rangkaian penjelasan dan cara menanganinya :

Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang dan Depan Yang Bermasalah "100% AMPUH"
Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang dan Depan Yang Bermasalah “100% AMPUH”
  • Yang pertama lakukan pemeriksaan pada oli rem yang jika telah kita dapati oli tersebut habis, maka segeralah untuk mengisinya kembali.
  • Kemudian lakukan pemeriksaan terhadap pompa rem cakram yang mana apabila terjadi kobocoran pada pompa tersebut, maka segeralah untuk menggantinya dengan yang baru, nah beberapa jenis pompa yang mesinmotor.com rekomendsaikan untuk anda yakni anda bisa mengguakan pompa yang bermerek Nissin atau Brembo,, Sebab apabila pompa yang telah rusak ini hanya anda perbaiki, maka kerusakan nantinya akan kembali terjadi lagi pada rem anda, sebab kinenrja pompa tersebut sudah tidak mkasimal.
  • Kemudian lakukan pemeriksaan terhadap selang yang terdapat pada pompa yang menuju ke caliper, lakukan pengecekan supaya tidak ada kebocoran yang menyebakan oli rem akan keluar.
  • Selanjutnya lakukan pemeriksaan pada kinerja kampas rem sobat, perhatikan apabila kondisi pada kampas tersebut telah menipis, maka segeralah ganti kampas rem tersebut dengan yang baru, namun apabila kondisi kampas tersebut masih tebal, maka cukup dengan hanya sobat bersihkan saja dengan menggunakan angin yang dihasil dari kompresor.

Apabila semua upaya antisipasi tersebut telah sobat mesinmotor.co.id kerjakan, maka selanjutnya sobat menerapkan langkah berikutnya, yakni sebagai beriku:

Cara Membuang Angin Pada Cakram

Langkah ini merupakan tindakan selanjutnya, apabila pada langkah diatas telah kita kerjakan. Nah berikut ini rangkaian penjelasannya:

Baca Juga :  Penyebab Motor Brebet
Cara Memperbaiki Rem Cakram Yang Bermasalah "100% AMPUH"
Cara Memperbaiki Rem Cakram Yang Bermasalah “100% AMPUH”
  • Yang pertama lakukan pelepasan pada caliper beserta piringan cakramnya.
  • Kemudian letakan selang dan masukan pada lubang pembuangan oli,, hal ini dilakuan agar kita dapat mengetahui apakah terdapat udara pada bagian caliper itu.
  • Kemudian lakukan pemompaan dengan menekan tuas rem dengan sebanyak 10 kali dan tetap tahan selama penekanan tersebut telah masuk pada hitungan ke 10.
  • Selanjutnya lukan pengendoran pada beberapa baut yang melekat disekitar pembuangan tempat anda memasang selang tadi , lalu rekatkan kembali baut, setelah itu bisa anda lepaskan tuas rem.
  • Hal ini terus anda lakukan hingga pada udara yang terdapat di dalam selang pada bagian caliper rem tersebut sepenuhnya keluar, nah sebagai tanda apakan angin tersebut sudah benar-benar sepenuhnya keluar, maka hal tersebut akan terlihat seiring dengan kampas rem tersebut nampak terlihat maju dan keduanya akan terlihat saling berhimpitan. Kemudian apabila oli rem tersebut telah habis maka anda harus mengisinya kembali sampai pada batas hight
  • Apabila kedudukan dari kedua kampas rem tersebut masih saling berhimpitan, sehingga membuat laju roda menjadi tersendat, maka anda bisa menekannya kembali dengan memakai obeng pada pinggiran kampas rem hingga terlihat kedua kampas tersebut saling terbuka dan sesuaiklan dengan jarak lebar pada piringan dan kemudian anda bisa memmasang kembali calipper itu.
  • Jika semua cara diatas sudah sobat semua lakukan, maka sudah pasti semua pasti berhasil sebab beberapa metode cara diatas ini merupakan cara yang sangat ampuh dan praktis.

Demikianlah rangkaian pembahasan kali ini yang bisa mesinmotor.com sampaikan, dengan harapan semoga apa yang kami sampaikan kali ini bisa sangat membantu dan bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :