cara-memperbaiki-aki-kering

17 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak, Rusak, atau Mati Paling Ampuh

Diposting pada

Cara Memperbaiki Aki Kering – Tidak jarang sekali motor atau mobil tidak dapat hidup. Umumnya masalah utamanya biasa terdapat pada aki. Benar, aki menjadi komponen penting pada sebuah kendaraan sebab fungsinya sebagai sumber listrik untuk mengalirkan arus listrik ke komponen mesin yang nantinya membuat mesin dapat hidup. Sebagai sumber kelistrikan, fungsi aki pada kendaraan baik motor atau mobil tak boleh luput dari perhatian. Bisa-bisa sistem kelistrikan kendaraan tak berfungsi jika komponen ini rusak.

Aki sendiri terdapat dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Aki kering lebih banyak dipilih sebab terasa lebih awet saat digunakan. Tidak cuma itu, aki kering juga dirasa lebih praktis dalam hal merawatnya serta mempunyai aliran listrik yang lebih kuat dan stabil. Walaupun merawat aki kering dapat dibilang lebih mudah dibandingkan jika merawat aki basah, ada pentingnya juga untuk mengetahui cara memperbaiki aki kering.

cara-memperbaiki-aki-kering

Tidak sedikit orang yang mengira aki kering yang mati atau soak tidak bisa diperbaiki untuk itu mari kita simak pada tips sebelumnya tentang Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering. Padahal aki kering masih dapat diperbaiki asalkan kondisi cell-nya masih baik sehingga nantinya dapat terisi listrik lagi. Apabila cell-nya telah rusak parah, maka mau tidak mau kita harus membeli aki baru. Untung saja harga aki kering motor tidak terlalu mahal, jadi tidak ada masalah apabila membeli aki baru.

Memperbaiki Aki Kering

Sebelumnya untuk melanjutkan pada pembahasan bagaimana cara memperbaiki aki kering yang akan kita ulas bersama pada kesempatan kali ini, sebaiknya disarankan sobat mesinmotor untuk terlebih dahulu mengetahui apa saja hal-hal yang harus disiapkan supaya ketika sudah mulai membongkar aki kita tidak perlu kesana kemari cuma untuk mencari alat yang dapat dipakai untuk memperbaiki. Dan ngomong ngomong apa saja bahan dan alat yang akan kita butuhkan silahkan sobat mesinmotor bisa melihat itu semua berikut ini:

Baca Juga :  10 Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Soak, Rusak, atau Mati Paling Ampuh

Alat Yang dibutuhkan

  1. Pastinya supaya cara memperbaiki aki kering ini dapat berhasil, pastinya  sebelum mengejakannya sobat harus membeli air aki atau zuur, dan pastikan untuk membeli air yang khusus untuk mengisi aki baru bukan untuk menambah cairan aki
  2. Sobat mesinmotor pastinya harus sediakan obeng minus (-) atau sediakan sebuah pencukit yang nantinya dapat dipakai untuk membuka cover aki bagian atasnya
  3. Kain lap juga jangan lupa yang mana akan kita dipakai untuk mengelap bila terdapat cairan yang menetes atau terjatuh ke bagian yang tidak diinginkan
  4. Sealent atau juga dapat memakai lem plastik/lem tembak untuk kembali merekatkan sisi-sisi penutup aki
    Dan terakhir, sediakanlah alat suntikan tinta printer atau sejenisnya untuk nantinya dipakaikan memasukan air zuur kedalan box aki kering

Cara Memperbaiki Aki Kering

  1. Nah cara memperbaiki aki kering yang pertama adalah yang pastinya berdoa terlebih dahulu untuk kelancaran proses perbaikan aki sobat.
  2. Yang kedua sobat mesinmotor melepaskan aki dari tempatnya, baik itu pada mobil maupun motor.
  3. Jika dirasa sudah terlepas, sekarang sobat mesinmotor tinggal membuka penutup aki memakai pisau atau gergaji. Proses ini mesti dilakukan secara hati-hati supaya tidak melukai tangan serta tetap menjaga kondisi fisik aki tetap baik.
  4. Umumnya pada sisi atas aki tertutupi “Do Not Open” atau jika kalau memang tidak diperbolehkan untuk dibuka. Namun kita harus tetap membukanya. Sobat mesinmotor juga harus membuka bagian samping serta belakang dari penutup aki agar bisa memasukan air aki atau zuur.
  5. Selanjutnya sobat mesinmotor harus melepaskan penutup tempat aki dengan obeng atau alat pembuka lainnya. Setelah sudah terbuka, maka akan terdapat enam lubang yang dipakai untuk menyimpan air aki (zuur).
  6. Sebelum memasukkan air aki, sobat mesinmotor mesti terlebih dahulu melihat kondisi sel yang berada pada setiap lubang. Kalau kondisinya masih bagus, maka nantinya sobat mesinmotor dapat memasukan air aki melalui lubang-lubang tersebut. Umumnya setiap lubang dikasih penutup karet, jadi sobat mesinmotor harus terlebih dahulu melepasnya sebelum memasukan air zuur.
  7. Perlu sobat mesinmotor ketahui, setiap sel dapat menghasilkan tegangan listrik sebesar 2 Volt. Jadi kalau di total maka 6 sel akan menghasilkan 12 volt. Silahkan sobat mesinmotor masukan zuur sesuai kapasitas yang dapat ditampung setiap lubang, tetapi kami sarankan menyisakan sedikit ruang supaya nantinya air aki tidak tumpah.
  8. Ketika memasukan air aki harus hati-hati. Jangan sampai terkena tangan karena dapat menyebabkan iritasi.
  9. Dalam memasukan aki dapat memanfaatkan suntikan bekas agar air zuur tidak mengenai tangan
  10. Kalau sudah terlanjur kena, maka segeralah untuk menggosok dengan sabun supaya terhindar dari iritasi
  11. Apabila sudah setelah semu lubang terisi air aki, sekarang sobat mesinmotor tinggal menutup lubang dengan pentup aki menggunakan solasi atau lem agar merekat kuat
  12. Pastikan lubang tertutup secara rapat supaya tidak terdapat udara yang masuk ke dalam lubang aki. Pastikan pula tidak terdapat kebocoran, karena dapat menyebabkan terjadi konsleting. Kalau solasinya dirasa kurang kuat, sobat mesinmotor dapat menggunakan lem alteco sampai benar-benar terutup rapat.
  13. Selanjutnya kalau semua pentup body sudah terpasang dengan rapi dan rapat, setelah itu aki kering siap di Charger untuk mengisi tegangan.
  14. Cara pengisian aki kering juga mudah. Sobat mesinmotor cuma perlu menghubungkan aki kering yang sudah diperbaiki dengan aki motor atau mobil yang telah menyala (Jumper) untuk mendapatkan tegangan inject awal sebagai starter.
  15. Dalam mengisi tegangan aki yang telah  diperbaiki juga bisa menggunakan trafo cas (Charger Transformator). Saat ini juga sekarang ini sudah terdapat Powerbank yang bisa digunakan untuk Jumper aki, seperti buatan Vivan yang dibanderol dengan harga 400 Ribuan.
  16. Apabila semua cara memperbaiki aki kering di atas dilakukan. Selanjutnya sobat mesinmotor tinggal memasang aki yang telah diperbaiki ke motor atau Cara Memasang Aki Mobil dengan Benar. Jika tegangan listrik terisi, maka nantinya motor atau mobil dapat distarter.
  17. Jika semua nya sudah dilakukan, sobat mesinmotor perlu cek ulang serta melakukan perawatan secara berkala.
Baca Juga :  Fungsi Koil - Pengertian dan Cara Kerjanya

Dan demikianlah ulasan tentang Cara Memperbaiki Aki Kering, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat mesinmotor sekalian, dan alangkah indah nya jika sobat mesinmotor sekalian share artikel ini agar bisa terjangkau oleh semua orang, terima kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :