cara-memperbaiki-aki-basah

10 Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Soak, Rusak, atau Mati Paling Ampuh

Diposting pada

Cara Memperbaiki Aki Basah – Salah satu komponen kendaraan roda dua maupun mobil yang berharga adalah pada bagian baterai mobil atau aki. Kalau diibaratkan dengan manusia, aki itu merupakan sebagai nyawa bagi sebuah kendaraan itu sendiri. Fungsinya adalah mensuplay tenaga listrik saat mesin mobil mulai dihidupkan atau distarter. Walaupun selanjutnya aki sendiri juga mendapat suplay energi listrik dari mesin kendaraan saat mesin sudah hidup. Itupun kalau aki mobil masih normal alias belum rusak atau soak.

Pada setiap kendaraan pastinya sudah dipasangi dengan satu komponen bernama Aki, terdapat dua jenis aki yaitu aki kering dan aki basah. Terutama pada aki basah. Yah, Walau apapun jenis aki yang sobat mesinmotor pakai pastinya kita wajib untuk merawatnya bukan? Sebab jika terjadi malfungsi pada komponen akan berdampak buruk pada beberapa komponen lainnya yang berhubungan dengan aki, seperti starter, klakson, dan fatalnya pada sektor mesin juga akan terkena dampaknya. Nah, untuk sobat mesinmotor yang belum begitu mengetahui terkait cara memperbaiki aki basah yang rusak atau soak pada kendaraan, khususnya untuk Aki basah, sobat mesinmotor tidak usah khawatir pasalnya pada kesempatan kali ini admin akan berbagai informasi mengenai beberapa cara memperbaiki aki basah yang rusak atau soak yang sebelumnya juga kita telah membahas Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak, Rusak, atau Mati Paling Ampuh.

cara-memperbaiki-aki-basah

Seperti yang sudah kita ketahui bersama yang mana penggunaan Aki basah dari waktu ke waktu pastinya akan menyebebabkan beberapa masalah, yang salah satunya disebabkan proses oksidasi dalam aki akan mengakibatkan gelembung udara dan lapisan sulfida putih yang mana akan memenuhi dinding bagian dalam baterai sehingga aliran listrik kearah panel Aki sedikit tersumbat, hal inilah yang sering menjadi penyebab kerusakan pada Aki basah. Selain itu, beberapa hal lainnya juga bisa mempengaruhi kinerja Aki, seperti Elektrolit dalam Aki yang sudah kering, Plat elemen pada Aki yang telah korosi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Pulser Motor

Ketika sudah mengalami kerusakan aki, kita pastinya memikirkan akan bagaimana cara memperbaikinya. Pada penjelasan pada kali ini akan menyediakan sedikit cara agar aki motor maupun aki mobil yang soak atau rusak dapat digunakan kembali. Tetapi yang wajib di catat adalah bahwa cara yang akan kami bagikan kali ini tidak seluruhnya akan sukses, tingkat keberhasilan pada perbaikan ini dipengaruhi pada keadaan aki tersebut. Jika komponen komponen yang terdapat pada aki sedang dalam kondisi yang sangat lapuk, bahkan terdapat begitu banyak yang terputus maka tingkat keberhasilannya menjadi akan sangat kecil.

Memperbaiki Aki Basah Yang Rusak Atau Soak

Sebelum memulai untuk memperbaiki, pastinya terlebih dahulu sobat mesinmotor harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Terdapat beberapa alat dan bahan yang dapat sobat dapatkan dengan mudah.

Bahan Yang Diperlukan

Dalam memulai kita terlebih dahulu kita persiapkan alat serta bahan yang kelak kita butuhkan saat proses perbaikan aki basah yang telah rusak tersebut.

  • Dapur garam beryodium
  • Obeng
  • Air Zuur dengan penutup warna merah
  • Air Panas
  • Gunakan suntikan injeksi untuk mengisi tinta printer
  • Masker

Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Rusak atau Soak

Ketika bahan-bahan yang diperlukan sudah siap dan sekarang langsung saja kita akan mengulas bagaimana langkah-langkah cara memperbaiki aki basah rusak bisa kalian simak pada ulasan yang telah kami sajikan dibawah ini.

Langsung saja ikuti langkah-langkah sebagi berikut:

  1. Setelah semua peralatan di atas lengkap, maka langkah pertama cara memperbaiki aki basah dengan garam adalah lepas aki dari kendaraan dan buka pada tiap penutup aki basah sobat mesinmotor dan buanglah cairan elektrolit yang ada dari dalam aki.
  2. Isi baterai dengan air panas sampai tingkat penuh di setiap lubang, hindari menghirup gas yang keluar karena dapat membuat pusing, sebaiknya menggunakan masker penutup hidung. Setelah itu, tutup lubang pengisian aki kembali. Bertujuan untuk mengaktifkan panel baterai lagi.
  3. Goyangkan dan kocok dengan maju mundur atau miringkan sampai membentuk sudut 60 derajat dari vertikal, dan bagian bawah aki masih menempel pada lantai karena aki besar terlalu berat, jadi cenderung bagian atas saja yang dimiringkan maju dan mundur. Ulangi langkah membersihkan ini beberapa kali dengan air panas baru dan hentikan jika sudah cukup bersih. Aki kemudian dikeringkan di ruang terbuka dan terkena sinar matahari sepanjang hari atau tunggu sampai kering sendiri.
  4. Selanjutnya isi aki dengan air dingin+garam yodium sekitar 5 sendok makan untuk ukuran aki basah besar dan 2 sendok makan untuk aki basah kecil. Isilah dengan air garam ini dengan tingkat batas atas. Air garam ini harus dilarutkan dengan panas sampai benar-benar mencair baru dicampur dengan air dingin secukupnya dan saat mengisi jangan biarkan ada gumpalan garam ikut Setelah itu, tutup baut dengan kuat.
  5. Setelah itu, aki di isikan selama kurang lebih 10 menit hingga 15 menit (Apabila sobat mesinmotor tidak memiliki charger, cukup pasangkan ke kendaraan dan hidupkan mesin).
  6. Kemudian matikan pengisi daya atau charger dan tuang atau kuras semua kandungan air garam sebelumnya sampai benar-benar bersih.
  7. Setelah itu membersihkan isi baterai dari air garam, selanjutnya isi aki basah dengan air zuur (aki sir).
  8. Bersihkan pada badan aki dengan air agar tidak merusak tempat aki pada kendaraan.
  9. Langkah akhir cara memperbaiki aki basah dengan garam dengan mengisi ulang aki dengan charger aki.
  10. Jika tidak mempunyai charger, sobat mesinmotor dapat memasangkan langsung pada kendaraan dan nyalakan mesin untuk mengisi daya.
Baca Juga :  15 Harga Alat Cuci Motor Tanpa Listrik dan Otomatis 2019

Dan demikianlah ulasan tentang Cara Memperbaiki Aki Basah, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat mesinmotor sekalian, dan alangkah indah nya jika sobat mesinmotor sekalian share artikel ini agar bisa terjangkau oleh semua orang, terima kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :