Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Sederhana

Diposting pada

Kasus pencurian sepeda motor kian hari semakin marak sering terjadi, sehingga membuat kita terkadang was-was untuk memarkirkan motor kita disembarang tempat meskipun hanya ditinggal dalam waktu beberapa saat.

Selain itu ironisnya semua moduspun bahkan kerap dilakukan oleh tersangka untuk bisa mengelabuhi si pemilik kendaraan.

Sehingganya kita sebagai pemilik kendaraan terasa dituntut untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kendaraan kita.

Sebab kini apabila hanya mengunci setang saja tidaklah dirasa cukup menjamin kendaraan kita agar bisa terhindar dari tindak pencurian.

Maka untuk itu, kita memerlukan sebuah pengaman yang bersifat rahasia/khusus agar dapat mencegah hal tersebut terjadi pada sepeda motor kita.

Cara Membuat Kunci Rahasia

Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Sederhana
Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Sederhana

Pada umumnya cara untuk membuat kunci rahasia sangatlah mudah dan terbilang prosesnya sangat sederhana, namun yang harus diperhatikan adalah dimana tempat kita meletakan kunci rahasia/tersembunyi tersebut sehingga membuat pelaku pencurian akan menjadi sedikit kebingungan untuk menghidupkan mesin kendaraan motor kita.

Sebab kunci kontak rahasia yang akan kita buat ini ialah merupakan sebauh sakelar dengan menggunakan mekanisme memisahkan dan juga menyambungkan arus, namun hal yang menjadi rahasianya ialah dimana kita menempatkan/menyembunyikan kunci kontak rahasia tersebut agar sulit untukdijangkau oleh pencuri.

Nah untuk selanjutnya mari langsung aja kita coba untuk membuatnya, bisa sobat simak informasi tentang bagaimana cara pembuatan kunci kontak rahasia untuk kendaraan sepeda motor yang sangat sederhana dan juga sangat mudah.

Secara umum hal yang biasanya dilakukan oleh para mekanik ialah cukup dengan memutuskan kabel yang terdapat pada bagian kunci kontak, yang kemudian akan ditambahkan sebuah sakelar atau sebuah tombol rahasia.

Baca Juga :  Memahami Fungsi Oli Gardan dan Cara Menggantinya

Namun ada sebuah cara yang mungkin terkesan sedikit rumit namun hal ini lebih efektif, dimana sobat bisa memutuskan sebuah kabel massa dari rangkaian perangkat CDI dan kemudian sobat membuat sakelarnya guna menghidupkannya. Selain sobat bisa juga dengan membuat saklarnya melalui arus magnet.

Kemudian supaya lebih aman sobat dapat penyimpan kunci rahasia tersebut disebuah tempat yang tidak diketahui oleh orang lain, misalnya seperti di bawah jok atau ditempat lainnya.

(Baca Juga : Fungsi Camshaft

Langkah Membuat Kunci Rahasia

Nah, untuk merangkai cara yang ada di bawah ini cukup dengan menggunakan switch yang akan berperan sebagai pemisah kontak utama, dalam hal ini supaya sobat lebih mudah untuk menerapkannya dan tidak memakai jenis sensor lainnya.

  • Langkah yang pertama ialah dengan menentukan terlebih dahulu warna kabel yang terdapat pada CDI kendaraan sobat, sebab pada umumnya setiap warna kabel CDI standar pabrikan memiliki warna yang berbeda-beda
  • Kemudian setelah sobat mengetahui kabel mana yang harus dipilih, maka potonglah kabel massa (ground) tersebut, selanjutnya sobat ganti dengan menggunakan sakelar Toggle atau sebuah tombol yang akan sobat gunakan, setelah itu sambung kembali kabel tersebut.
  • Kemudian yang Terakhir, sembunyikanlah sakelar rahasia tersebut disebuah tempat yang sobat anggap aman, nah agar lebih aman lagi jangan biarkan siapapun mengetahui letak tombol/saklar tersebut.

Namun apabila sobat tidak paham betul mengenai rangkaian kelistrikan pada sepeda motor, maka sobat dapat melakukan hal yang lebih praktis, yakni sobat bisa membeli kunci pengamanan sejumlah toko atau bengkel yang memang menjual berbagai kebutuhan alat-alat sepeda motor dan sobat bisa langsung menerapkannya dibengkel.

Sebab pada saat sudah sangat banyak toko atau bengkel yang menawarkan berbagai jenis kunci rahasia sekaligus menerima pemasangan kunci rahasia.

Baca Juga :  Bearing Motor

Nah dengan menggunakan kunci rahasia ini, setidaknya kita bisa sedikit menghambat para pencuri untuk membawa kendaraan kita.

Prinsip Cara Kerja Kunci Pengaman

Untuk cara kerja dari rangkaian kunci pengaman sepeda motor tersebut sebagai berikut :

Pada keadaan kunci kontak diposisi On maka kemudian arus listrik akan mengalir menuju ke arah terminal D saja.

Kemudian pada saat saklar A ( sein / klakson / sesuai dengan yang anda inginkan ) diaktifkan, maka kemudian arus listrik tersebut kembali akan mengalir menuju ke kumparan relay ( B ) nah disinilah akan terjadi kemagnetan.

Yang mana dengan kemagnetan tersebut nantinya akan manjadi sebagai penghubung antara terminal D dan E.

Sehingga kemudian apabila kondisi saklar A dalam keadaan mati, maka arus listrik akan terus selalu mengalir menuju ke kumparan relay.

Nah ketika itu pulalah terminal F dan juga G akan saling terhubung, yang kemudian aliran listrik yang mengalir dari CDI akan berlanjut menuju ke Coil pengapian.

Demikianlah pembahasan yang bisa mesinmotor.com sampaikan kali ini mengenai Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Sederhana, semoga apa yang telah kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :