Cara Membuat Charger Hp di Motor

Diposting pada

[100% Mudah] Cara Membuat Charger HP di Motor yang Aman – Apabila berbicara mengenai handphone atau gadget ialah merupakan salah satu alat komunikasi yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai masyarakat.

Pasalnya alat elektronik ini kini sudah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Mengapa demikian, karena alat ini memiliki fitur dan juga peranan yang sangat membantu dalam segala urusan penggunanya.

Selain orang dewasa penggunaan gadget juga kini sudah meramban hingga ke kalnagan remaja yang masih duduk dibangku sekolah.

Selain dapat mempermudah komunikasi, alat ini juga banyak digunakan untuk bidang pekerjaan bahkan hingga ibu-ibu rumah tangga tak luput dari menggunakan alat ini.

Lantas bagaimana handpone ini dapat bekerja jika daya batrenya habis pada saat kita sedang berkendara?

Tentu saja hal ini, akan sedikit menghambat aktifitas komunikasi kita terhadap orang lain.

Nah pada artikel ini mesinmotor.com akan memberikan tips tentang bagaimana komunikasi sobat sekalian tidak akan terhambat jika daya batre pada hanphone/ Hp anda habis ketika sedang berkendara.

Supaya hal tersebut tidak terjadi diperjalanan sobat sekalian, maka sobat bisa membuat charger/ atau alat untuk mengecas Hp dikendaraan sobat.

Bagaimana cara membuatnya? berikut ada beberapa cara yang akan mesinmotor.com paparkan cara pembuatannya. Untuk itu mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

[100% Mudah] Cara Membuat Charger HP di Motor yang Aman

[100% Mudah] Cara Membuat Charger HP di Motor yang Aman
[100% Mudah] Cara Membuat Charger HP di Motor yang Aman

Nah di bawah ini terdapat beberapa cara bagaimana cara membuat charger pada kendaraan motor anda, simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga :  Jalur Kabel Starter Motor

Persiapkan Alat dan bahan

Hal yang paling pertama yang harus sobat persiapkan adalah IC Regulator 7805, kewmudian menggunakan 2 Buah Dioda dengan ukuran 5 Amp, lalu Konektor IC, dan juga Kabel USB.

Nah setelah semua tersedia, maka selanjutnya perisapkan juga beberapa alat pendukung sebagai berikut yakni, timah, solder dan juga solasiban/Isolasi.

Kemudian dalam menentuka IC yang akan digunakan harus dengan seri 7805 sebab dengan penggunaan IC ini tegangan output yang yang akan dihasilkan sekitar 5 Volt.

Selain itu apabila spesifikasi Hp anda bukan 5 Volt, maka sobat dapat memnetukan jenis IC yang lainnya.

Pelajari Skemanya

[100% Mudah] Cara Membuat Charger HP di Motor yang Aman
[100% Mudah] Cara Membuat Charger HP di Motor yang Aman

Dalam hal ini merupakan jenis rangkaian charger yang sangat sederhana sehingga proses pembuatannya tidak begitu terlalu rumit sebab sudah tidak lagi membutuhkan PCB.

Yang mana sobat hanya cukup menyambungkan arus listrik dari baterai yang masuk menuju ke dioda sebelum arus tersebut masuk menuju ke terminal input IC .

Selanjutnya output dari IC juga akan saling terhubung terlebih dahulu ke dioda sebelum arus tersebut langsung masuk ke konektor.

Dimana biasanya IC regulator mempunyai tiga kaki, yang masing-masing meliputi input, output dan juga masa.

Kemudian perhatikan juga dalam penerapan dioda, yang dalam pemasangannya jangan samapi terbalik sebab apabila posisi pemasangan dioda terbalik, hal tersebut malah justru membuat arus listrik menjadi terblokir.

Rangkai Komponennya

[100% Mudah] Cara Membuat Charger HP di Motor yang Aman

Kemudian mari kita mulai untuk merangkai komponen IC dengan konektor. Namun anda juga haruds bahwa sudah benar-benar mengenali tang mana terminal inout, lalu output dan juga yang mana massa.

Maka berikutnya, lalukan pemisahan pada kabel konektor IC yang mempunyai tiga buah kabel tersebut, lalu kelupas juga bagian kulitnya.

Nah mulailah dengan memasang dioda yang pertama pada bagian kabel input IC. Perhatikan juga arah pada saat memasangna, sebab harus sesuai mengarah ke IC atau terminal negatif yang telah anda hubungkan ke kabel konektor.

Baca Juga :  Karburator : Pengertian, Sistem, dan Prinsip Kerja

Setelah itu lakukan pemasangan kembali dioda yang kedua pada kabel output IC akan tetapi pada saat memasangnya harus dalam keadaan terbalik/ arah keluar dari posisi terminal yang bermuatan positif pada dioda yang telah anda sambungkan dengan kabel.

Kemudian siapkan juga kabel USB, untuk kemudian disambungkan pada kedua kabel tersebut dengan terhung langsung output IC dan Kabel massa.

Setelah itu pada kabel masa dapat Anda hubungkan secara langsung ke terminal masa IC / pada bagian body motor anda.

Kemudian setelah kabel masa sudah dihubungkan, maka yang akan tersisa ialah terminal input yang nantinya dapat anda hubungkan dengan baterai atau bisa jugqa dihubungkan pada kunci kontak motor anda.

Apabila kabel tersebut anda hubungkan ke kunci kontak motor anda, maka charger tersebut akan dapat mengisi pada ketika kendaraan anda dihuidupkan / dalam keadaan ignition ON.

Kemudian apabila anda sangat membutuhkan sirkuit yang lebih aman lagi, maka anda juga dapat menambahkan fuse dengan cakupan maksimal 5 Ampere supaya nantinya tidak akan terjadi adanya lonjakan arus yang berlebihan ke HP anda.

Selanjutnya yang terakhir, Anda juga harus menghubungkan kabel masa body motor anda ke masa IC. 

Namun apabila IC yang sebelumnya sudah anda terapkan mempunyai lubang baut, maka anda cukup dengan melekatkan di lubang tersebut ke body motor yang memiliki unsur logam dengan memakai baut.

Akan tetapi apabila IC yang sudah anda terapkan tersebut tidak memiliki lubang baut, maka anda dapat meyatukan masa body motor anda kebagian terminal masa IC.

Sehingga nantinya akan ada dua sambungan yang sama-sama mengarah ke bagian body dan juga mengarah ke USB.

Nah setelah semua proses pemasangan tersebut sudah sepenuhnya selesai, maka langkah selanjutnya anda tinggal menyolokan bagian ujung USB ke dalam port charge Hp Anda.

Baca Juga :  Menghidupkan Motor Matic

Maka dengan demikian nantinya secara otomatis arus dengan tegangan 12 Volt yang mengalir akan menyesuaikan daya pengisian pada battery ponsel anda yang hanya bertegangan 5 Volt.

Namun apabila keadaan aki tidak bekerja secara optimal, maka hal tersebut akan berefek pada semua sistem sistem pencahayaan dan juga pengapian kendaraan motor anda. Sehingga akhirnya dapat berakibat terhadap performa mesin motor anda.

Bahan bahan yang harus dipersiapkan:

  • PCB Matrix;
  • IC 7812 & 7805;
  • Kapasitor Elco 2200uf/25V dan 220uf/16V
  • Led;
  • Resistor 560 ohm;
  • Saklar;
  • Sekring+Rumahnya;
  • Box Hitam Kecil;
  • Kabel;
  • Skun Gepeng;

Alat-alat yang akan digunakan :

  • Multimeter;
  • Obeng
  • Solder + Timah
  • Tang
  • Gunting dll

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai [100% Mudah] Bore Up Mio Harian Irit 150cc Klep Standar, semoga serangkai pembahasan kali ini dapat bermanfaat utuk sahabat semua.

Baca Juga :