Cara Memasang Aki Mobil & Melepasanya dengan Benar

Cara Memasang Aki Mobil – Banyak hal yang perlu kita perlajari dalam dunia otomotif, tidak hanya sekedar memeiliki kendaraan bermotor seperti mobil ataupun sepeda motor. Namun ada saatnya kita sebagai pengguna juga harus mengetahui apa-apa saja yang harus di perlajari dalam dunia otomotif. Seperti halnya kita mengetahui apa saja perbedaan aki basah dan aki kering serta cara merawatnya. Mungkin banyak orang beranggapan bahwa hal ini mudah di lakukan oleh semua orang. Akan tetapi pada kenyataanya banyak ko yang tidak mengerti bagaimana cara merawat dan membedakannya.

Oleh karena itu, kalian bisa menyimak informasi mesinmotor.com pada ulasan sebelumnya yang membahas mengenai perbedaan aki kering dan aki basah serta bagaimana tips dan trik untuk merawatnya. Dan setelah tahu apa saja yang membedakan antara kedua jenis aki atau acuu yang ada dipasaran tersebut, tentu nya kalian sudah bisa memahami bagaimana sistem atau cara kerja aki dan apa saja fungsi yang bisa di berikan oleh aki dalam sebuah kendaraan baik mobil ataupun motor.

Dan pada kesempatan kali ini, masih kami akan membahas mengenai masalah aki yaitu bagaimana cara memasang aki mobil dan melepasnya secara benar. Seperti kita ketahui bersama aki merupakan sebuah komponen penting dari mobil, yang tentu saja akan menjadi salah satu sumber tenaga untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan pada sebuah mobil. Tentunya jika aki mobil kita bermasalah, sudah pasti banyak masalah yang akan kita dapatkan, salah satunya adalah mesin tidak bisa di hidupkan karena tidak bisa menyalakan dinamo.

Adanya hal tersebut, tentunya harus segera kita tangani karena jika tidak segera di urus maka mobil akan tetap tidak bisa di gunakan. Dan salah satu cara yang paling cepat dan simple adalah dengan mengganti aki mobil tersebut dengan yang baru. Namun yang jadi pertanyaanya, apakah kalian tahu bagaimana cara melepas aki mobil dan memasangnya kembali dengan benar? jika tidak memahami hal tersebut, silahkan kalian simak informasi terbaru mesinmotor.com berikut ini.

Cara Memasang Aki Mobil dan MelepasnyaCara Memasang Aki Mobil dengan Benar

Sebenarnya cara melepas aki mobil dan memasangnya kembali tidaklah sulit seperti yang kita bayangkan. Jadi kita pun bisa mengatasi hal tersebut dengan mudah dirumah tanpa harus mengelurkan uang untuk membawanya ke bengkel. Namun memang apabila kalian tipe orang yang malas, cara termudah yaitu datang langsung ke tempat service mobil terdekat agar para montir atau teknisi yang akan melepas dan memasang kembali aki mobil yang sudah soak tersebut.

Adapun bagi kalian yang ingin mencoba untuk melepas dan memasang kembali aki mobil yang sudah soak sendiri, tanpa harus ke bengkel, kalian bisa mengikuti langkat atau cara memasang aki mobil dan memasangnya kembali dengan benar seperti berikut ini.

1. Cara Melepas Aki Mobil Lama (yang sudah soak)

Sebelum kita melakukan cara memasang aki mobil baru yang sudah di beli, tentu saja langkah awal yang harus kita lakukan adalah melepas aki lama atau aki yang sudah soak terlebih dahulu. Adapun cara melepas aki mobil juga bisa di lakukan dengan mudah di rumah. Untuk lebih amannya, kita terlebih dahulu harus melepas kabel positif (+) dan kabel negatif (-) yang menempel pada aki dengan cara melepas baut dan kelemnya. Namun akan lebih baik jika kabel negatif (-) terlebih dahulu yang di lepas.

Kenapa harus kabel negatif (-) terlebih dahulu yang harus di lepas? jawabannya karena apabila kalian melepas kabel positif (+) terlebih dahulu, dan tidak sengaja anda menjatuhkan benda atau alat kerja yang terbuat dari besi ataupun bahan yang mudah menghantarkan arus listik, dan kemudian mengenai terminal positif (+) tersebut serta mengenai benda lain yang ada pada mobil, bisa menimbulkan hubungan pendek arus listrik yang tentu saja akan bisa membuat kita merasa kaget.

Oleh karena itu, banyak teknisi yang mengatkan bahwa dengan ketika kalian ingin melepas aki mobil, akan lebih baik jika kutub negatif (-) terlebih dahulu karena dengan sendirinya arus listrik yang ada pada mobil kalian akan secara keseluruhan mati. Bahkan ketika ada alat kerja ataupun yang lainya dengan sifat mudah menghantarkan listrik sekalipun maka tidak akan meninmbulkan masalah yang membahayakan seperti halnya jika kalian melepas kutub positif (+) terlebih dahulu.Cara Membersihkan Aki Mobil dari Karat

2. Bersihkan Bagian yang Berkarat

Langkah kedua bisa di bilang hal yang paling gampang untuk dilakukan. Yang dimana dalam melakukan cara melepas aki mobil dan memasnagnya kembali, sudah sewajarnya kita sebagai pengguna harus selalu menjaga kondisi setiap komponen agar tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu pada saat aki yang lama atau aoki yang sudha soak kita keluarkan kita harus membersihkannya.

Adapun salah satu hal yang harus dibersihkan adalah pemeriksaan kabel dan klem aki dari karat. Apabila terdapat karat, gunakan cairan anti karat untuk membersihkannya dan kalian dapat menggosoknya dengan sikat kasar agar karat bisa hilang. Biasanya karat dan berbagai macam kotoran yang menempel pada ukung kabel ataupun klem bisa menjadi isolator listrik yang membatnya bisa menghambah masuknya arus listrik. Alhasil banyak kendala yang akan di alami.

3. Cara Memasang Aki Mobil Baru

Setelah semuanya selesai, kini giliran kita memasang aki mobil barunya. Adapun langkah atau cara memasang aki mobil dengan benar tidaklah jauh berbeda dengna cara melepasnya, karena kita tinggal membalikan langkahnya saja. Dimana agar bisa terpasang dengan baik dan benar, kalian harus meletakan aki pada dudukannya secara lurus agar cairan yang terdapat didalam aki tidak tumpah. Setelah itu, kini giliran kita memasang kabel penghunung.

Dimana untuk cara memasang aki mobil baru ini kita harus memasang terlebih dahulu kutup (+) setelah selesai kemudian kita susul dengan memasang kabel negatif (-). Sama seperti yang kami sampaikan diatas, hal tersebut dilakukan agar nantinya tidak terjadi percikan api yang timbul dari kutub positif (+) saat tidak sengaja terkena kebagian mobil lain apabila kita sudah memasang kutub negatif (-) terlebih dulu. Dan setelah terpasang semuanya, kalian bisa mencoba untuk menghidupkan mesin kembali.

Untuk lebih mempermudah kalian dalam memahami cara memasang aki mobil yang baik dan benar mungkin kami gambarkan sebagai berikut untuk langkah-langkahnya

  • Pasang vender cover apabila tersedia
  • Ambil kunci ring, pas dan kunci shock sesuai tipe baut dan mur yang ada pada aki
  • Lepas kutub Negatif (-) terlebih dahulu setelahnya diikuti dengan melepas kutub positif (+)
  • Kemudian lepas breket atau pengunci aki
  • Bersihkan terlebih dahulu pengunci aki seperti kutub kabel, mur dan baut serta tempat aki
  • Setelah dibersihkan, segera letakan aki baru
  • Pasang breket atau pengunci aki yang sudah di bersihkan
  • Setelah itu untuk memasangnya kita perlu mengunci terlebih dahulu kutup positif (+) seperti kami sampaikan diatas
  • Disusul dengan memasang kutub negatif (-)
  • Lakukan pengecekan ulang terhadap kekencangan mur dan pengunci, dan pastikan jika kepala aki terpasang dengan benar antara kutub (+) dan kutub (-) nya
  • Lakukan pengecekan voltase dengan multi tester jika ada (hanya opsional)
  • Kemudian setelah semuanya selesai, kalian bisa mencoba untuk menghidupkan mesin kembali

Itu dia cara memasang aki mobil dengan mudah dan sederhana dengan kondisi aki baru. Sebenarnya ada juga cara memasng aki yang lain yaitu dengan cara di jumper agar mesin bisa hidup kembali sewaktu mogok. Adapun langkah-langkah atau cara jumper aki mobil sebenarnya sudah kita bahas di kesempatan sebelumnya. Namun tidak ada salanya apaibla kita juga melengkapi informasi kali ini denga hal yang sama. Adapun cara untuk memasang aki mobil dengan di jumper yaitu sebagai berikut

  • Pasang vender cover apabila tersedia
  • Ambil kunci ring, pas dan kunci shock sesuai tipe baut dan mur yang ada pada aki
  • Siapkan aki untuk jumper kondisi masih bagus dan harus 12 Volt
  • Siapkan kabel jumper, merah untuk kutub positif (+) dan hitam kutub negatif (-)
  • Kendorkan terlebih dahulu kutub positif dan negatif yang ada pada aki di mobil
  • Ambilah kabel merah atau kabel kutub positif (+)
  • Kemudian jepitkan ke kutub positif (+) pada aki jumper dan kutub positif (+) kepala aki mobil
  • Ambilah kabel hitam  atau kabel kutub negatif (-)
  • Lalu jepitkan ke kutub negatif (-) pada aki jumper dan kutub negatif kepala aki mobil
  • Angkat aki yang ada dimobil dengan tetap menjaga jepitan kabel tetap terjaga
  • Angkat aki baru ke tempat aki mobil
  • Sambungkan kembali kepala aki yang masih terhubung ke aki jumper
  • Setelah terpasang dengan benar, lepaskan kedua ujung kabel jumper negatif (-)
  • Kemudian disusul dengan melepaskan kedua ujung kabel positif (+)
  • Setelah dirasa aman, kalian bisa langusng menyalakan mesin kembali

Nah itu dia langkah-langkah cara memasang aki mobil baru yang bisa kita lakukan sendiri dirumah. Bagiamana cukup mudah bukan? tentunya hal ini memang harus dipelajari kita semua sebagai pengguna mobil. Pasalnya yang namanya hal-hal tidak terduga selalu datang ke siapa saja dan kapan saja. Oleh karena itu ketika kalian sudah memahami cara memasang aki mobil dan melepasnya dengan benar seperti kami sampaikan diatas, tentu saja kalian akan bisa lebih tenang saat bepergian dari rumah.