Cara Bobok Knalpot

Diposting pada

Cara Bobok Knalpot – Halo sob.! seperti yang kita ketahui bersama, yang mana knalpot adalah salah satu komponen pada kendaraan yang memiliki peran yang sangat penting.

Seiring dengan berkembangnya beragam jenis kendaraan motor, yang saat ini sudah banyak beredar dipasaran.

Namun banyak diantaranya yang masih belum merasa puas terhadap performa yang dimiliki oleh kendaraan tersebut.

Sehingga akhirnya mereka melakuakan modifikasi baik terhadap laju kecepatan maupun terhadap performa pada kendaraan tersebut.

Kemudian tak sedkit juga yang melakukan perubahan terhadap tampilan pada knalpot dan juga suara yang dihasilkannya.

Yang mana masih banyak sebagian pengendara yang masih merasa kurang bergairah terhadap suara yang dihasilkan dari knalpot standar bawaan pabriknya, sehingga kemudian mereka berniat untuk memodifikasi knalpot tersebut menjadi seperti yang mereka inginkan, bahkan sebagian orang juga menginginkan supaya suara pada knalpot kendaraan mereka bisa menjadi ngebass atau knalpot free low.

Dimana saat ini knalpot yang bersuara ngebas banyak dipilih dan juga digunakan oleh sebagian masyarakat karena menurut mereka dengan menggunakan tipe knalpot yang satu ini dinila bisa lebih meningkatkan laju kecepatan /akselerasi pada motor tersebut.

Lantas Bagaimanak cara untuk membuat suara knalpot bisa menjadi ngebas? Nah mungkin itu yang selama ini menjadi pertanyaan dari sejumlah orang yang ada diluaran sana.

Maka oleh sebab itu pada artikel kali ini, sedikit akan mesinmotor.com berikan beberapa tips tentang bagaimana cara bobok knalpot, simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini.

Daftar Isi :

Cara Bobok Knalpot Agar Bersuara Halus dab Ngebas

Cara Bobok Knalpot
Cara Bobok Knalpot

Di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat sobat semua jadikan sebagai sebuah acuan apabila ingin mendapatkan hasil knalpot bobokan mengeluarkan suara halus dan ngebas, simak ulasannya sebagai berikut.

1. Membobok Knalpot

adapun cara yang dapat kita lakukan pertama ialah melakukan pembobokan pada Knalpot. Dimana membobok knalpot ialah merupakan suatu upaya untuk menghilangkan beberapa penyekat atau saringan yang ada dibagian dalam silencer kanalpot.

Nah cara yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan pembedahan pada bagian dalam silincer knalpot tersebut.

Cara kerjanya ada potong bagian ujung knalpot tersebut dengan menggunakan gergaji, lalu selanjutnya keluarkan semua setiap penyekat yang ada dibagian dalam kenalpot dengan memakai las.

Namun apabila anda masih ragu, maka sebaiknya pekerjaan tersebut anda serahkan saja sepenuhnya pada tukang bobok knalpot agar lebih mudah.

2. Mengganti Leher Knalpot

Langkah yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah melakuakan pergantian pada bagian leher knalpotnya.

Hal ini dapat anda lakukan apabila memang perkerjaan diatas sudah diselesaikan yakni cara membuang setiap penyekat yang ada dibagian dalam silencer.

Maka kita akan beralih ke cara selanjutnya yakni mengganti bagian leher knalpot pada knalpot tersebut dengan pipa leher atau leher yang berukuran lebih panjang dari pada ukuran standarnya.

Nah yang dimaksud dengan Jenis pipa di sini terdapat dua tipe yang pertama pipa yang berleher satu dan yang kedua berleher dua.

Yang mana pada pipas jenis leher 1 biasanya kerap menggunakan pipa yang memiliki diameter yang lebih besar dari aslinya, sedangkan pada jenis pipa leher dua musti lebih besar dari pada jenis pipa yang berleher satu.

Baca Juga :  Harga Helm Full Face NHK, INK, AGV, ZEUS

3. Menutup Moncong Kenalpot

Kemudian Cara yang dapat anda laukan selanjutnya atau yang terakhir ialah dengan melakukan pemasangan pada tutup dibagian corong atau bagian pada mulut knalpot.

Namun hal yang perlu diperhatikan disini adalah mengenai teknik / cara untuk melakukan penutupannya. Dimana Cara agar dapat menutupnya tidak musti harus tertutup rapat, namun perlu sedkit dberikan sebuah lubang tepat padan bagian tengahnya.

Hal ini merupakan tiga upaya yang musti dilakukan apabila anda ingin knalpot motor anda bersuara halus dan ngebas.

4. Menambah Corong Knalpot

Kemudin setelah beberapa cara diatas sudah semuanya dilakukan, maka cara selanjutnya yang mungkin cara yang satu ini memang lagi tren pada modifikator disemua kalangan baik remaja maupun dewasa, yang mana istilah yang satu ini menurut anak muda sekarang disebut dengan konsep thailook, konsep ini dapat dilakukan dengan cukup hanya menambahkan corong dan pasang pada bagian ujung knalpotnya.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan kali ini mengenai cara bobok knalpot, semoga apa yang kami sampaikan kali ini bisa memberi banyak manfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :