Busi Iridium : Pengertian, Keunggulan dan Kelemahannya

Busi Iridium – Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai busi motor beberapa  fungsi dan cara kerjanya untuk performa kendaraan. Yah, yang sudah pernah saya sampaikan bahwa banyak terdapat jenis busi dengan kualitas dan penggunaan yang berbeda, kali ini yang saya akan bahas adalah busi iridium. Yang perlu anda ketahui, busi iridium memiliki kelebihan yaitu performa yang maksimal dan cenderung sangat awet yang sangat baik dibandingankan dengan jenis busi yang lainnya. Tetapi, busi iridium juga memiliki kelemahan yang sebanding dengan kelebihannya.

keunggulan-kelemahan-busi-iridium

Memang perlu diketahui, busi iridium ini bisa menambah performa mesin walaupun tidak terlalu besar tapi memang memiliki sedikit efek untuk mesin, busi iridium ini juga tidak sulit ditemukan sobat otomotif bisa mencarinya di bengkel-bengkel otmotif di sekitar daerah sobat maupun sobat bisa membelinya secara online.

Sedangkan untuk urusan harga busi iridium ini memiliki harga sekitar 80 ribu sampai dengan 100 ribu per busi, yang membuat busi iridium ini mahal pastinya karena komponen dan juga beberapa kelebihan dari busi iridium yang akan membuat motor anda memiliki performa yang lebih baik.

Lantas sebenarnya apa saja kelemahan busi iridium ini? apakah bisa menimbulkan efeksamping pada motor atau mobil kesayangan anda ?? mari kita simak lebih dalam lagi mengenai kekurangan dari busi iridium ini agar anda tidak sembarangan dalam mengganti busi

Pengertian Busi Iridium

Seperti yang kita ketahui bahwa ini merupakan sebuah elemen logam yang sangat keras , anti korosi dan juga tahan panas. Adapun lainnya itu busi iridium ini mempunyai bahan elektroda meterial yang mempunyai titik didih yang lumayan tinggi yaitu berkisar antara 2500 derajat celciul. Akibat kekuatan yang dihasilkan tersebut diera abad 20.

Baca Juga :  Memahami Fungsi Oli Gardan dan Cara Menggantinya

Iridium dipilih oleh para produsen busin untuk meracing busi dengan durability yang lebih dibandingkan busi yang biasa untuk pada umumnya. Pembakaran juga lebih fokus pada satu titik sehingga pengguna motor racing percaya bahwa busi iridium mampu melayani mesin racing membutuhkan percikan api yang mumpuni.

keunggulan-kelemahan-busi-iridium

Kelebihan dan Kelemahan Busi Iridiium

Berikut ini ada beberapa beberapa Kelemahan dan Kelebihannya :

  • Dibilang terbaik karena busi jenis ini lebih tahan panas, selain itu memiliki bahan elektroda lebih kecil dibanding busi reguler
  • Tidak membutuhkan tegangan yang tinggi  untuk memicu pembakaran sehingga jarang terjadi kegagalan saat starter
  • Pembakaran yang telah dihasilkan sangat presisi, konsisten serta efisien
  • Meningkatkan efektifitas respon gas saat di geber maupun slow
  • Tidak perlu diragukan lagi keawetannya ya tergantung gaya berkendaranya, keiritan disini saat sobat menggunakan motor tersebut, jika anda menggunakan motor dengan memainkan gas motor pastinya akan boros tapi lain halnya jika sobat memakai motor dengan stabil normal untuk tarikan tuas gasnya. Misalnya laju jalannya standard di angkat 40 terus, atau 60 terus.
  • Lebih tahan lama ya tergantung desainnya. Dari beberapa penelitian busi Iridium lebih tahan lama hingga 10 kali lipat dibanding busi standart.
  • Dipercaya meningkatkan tenaga mesin sekitar 1-3% , untuk tenaga memang iya , tapi hasilnya tidak signitifikan hanya 3% pengaruhnya tidak terlalu tinggi
  • Meningkatkan kualitas emisi gas buang (lebih ramah lingkungan
  • Inti elektrodanya kecil hanya mempunyai ukuran 0.4mm di bandingkan dengan yang busi standar , untuk busi standard sendiri mempunyai ukuran sekitar 2,5mm sehingga medan listrik menjadi besar pada ujung elektrodanya yang kecil dan fokus sehingga untuk memercikkan api dibutuhkan tegangan listrik yg rendah
  • Mesin sangat mudah dinyalakan,mengurangi kegagalan pembakaran,sehingga bensin jadi lebih irit,
  • Tenaga mesin bisa bertambah dan tentunya bisa memperbaiki akslerasi motor menjadi lebih cepat tapi tidak signitifikan..
Baca Juga :  Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Kelemahan Busi Iridium

Walau ini sangat membantu meningkatkan performa motor dengan kualitas bahannya yang sangat bagus, tetapi busi ini memiliki kelemahan yaitu :

Memiliki dampak panas yang tinggi. Karena busi iridium hanya menyetel asupan bensin untuk menjamin keiritian mesin.
Untuk itu, Anda harus menyetel ulang motor.

Busi Iridium juga dapat meleleh jika mesin terlalu panas, dan jika itu terjadi, peforma mesin Anda akan menurun drastis, sehingga harapan untuk meningkatkan peforma dengan busi iridium pun hanya jadi mimpi.

Bisa dibilang memang penggunaan bisa dibilang sedikit rumit, karena sobat harus menyetel sekali lagi motor sobat untuk mendapat performa dari busi tersebut. Karena busi itu diperuntukan untuk motor-motor yang sudah dilakukan perubahan di berbagai bagian mesin agar mendapat performa yang maksimal.

Kesimpulan adalah bahwa sebaiknya sobat lebih baik menggunakan busi motor biasa jika dibandingkan dengan busi iridium jika hanya menggunakan motor sobat untuk kegiatan sehari-hari atau cuma untuk jarak tempuh yang dekat.

Dan itulah ulasan tentang Busi Iridium yang perlu sobat ketahui agar anda tidak salah dalam memilih busi, jika anda ingin mencoba menggunakan busi ini, jangan lupa untuk melakukan penyetelan ulang pada asupan bbm, namun hal ini juga akan membuat motor anda sedikit boros, semoga bermanfaat.

Artikel MesinMotor.com Lainnya :