busi-brisk

Busi Brisk : Tipe dan Keunggulannya Untuk Motor Yang Harus Diketahui

Diposting pada

Busi Brisk – Pelanggan-pelanggan otomotif sekarang memiliki pilihan baru untuk busi aftermarket di pasaran. Brisk, nama busi yang baru masuk Indonesia tahun ini menawarkan sejuta keunggulan tidak kalah baik dengan busi merek lain yang sudah duluan terkenal.

Buat yang baru kenal busi Brisk, bukan berarti busi ini berisik ya sobat mesinmotor hehe. merek ini bukan anak baru di dunia pengapian sebab mereka sudah punya pengalaman 80 tahun. Busi Brisk mulai menjalankan bisnis pembuatan spark plug sejak tahun 1935 di kota Tábor, Republik Ceko di Eropa Tengah.

Lini produk busi yang ditawarkan tidak cuma diperuntukkan buat mobil dan motor, namun juga yacht dan pesawat terbang. Brisk jugatelah menjadi OEM parts untuk beberapa pabrikan mobil. Salah satunya Lamborghini yang mempercayakan businya kepada Brisk.

mengenal-busi-brisk

Salah satunya adalah busi premium berbahan silver atau perak, distributor resmi busi Brisk di Indonesia, bahan silver di busi Brisk memberikan performa lebih untuk motor.

Biasanya kita kenal busi terbaik itu yang iridium. Nah, Brisk menawarkan yang pakai bahan silver. Ini bisa menambah performa motor minimal 5 – 20 persen maksimalnya
Alasannya, karena dengan bahan perak, bisa memberikan hasil pembakaran jauh lebih sempurna serta lebih bersih. Dan menurutnya peningkatan ini sudah dibuktikan.

Sejarah Busi Brisk

BRISK Tabor A.S adalah salah satu pabrikan busi tertua di dunia dengan pengalaman lebih dari 80an tahun. Berawal dari pembuatan keramik (salah satu komponen busi) dan menjelma menjadi pabrikan busi, BRISK telah mensuplai busi-busi untuk kendaraan tank dan pabrikan mobil Eropa seperti VW, Volvo, Audi dan lain-lain. Bahkan, BRISK menjadi salah satu supplier busi OEM untuk Lamborghini. emoticon-Wowcantik

Baca Juga :  Harga Ban Swallow Matic, Trail Tubeless Termurah dan Terbaik 2019

Bahan Busi Brisk

Pasti semua pecinta otomotif pikir iridium adalah bahan atau materi terbaik, benarkan? Nah ternyata tidak juga sobat mesinmotor, busi BRISK menggunakan bahan copper atau silver karena mempunyai konduksi listrik yang lebih bagus (hasil = pembakaran optimum)

Sebagai busi berperforma tinggi, busi Brisk mempunyai keunggulan komparatif dimana salah satunya menggunakan kandungan silver seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Ini yang membuat daya konduksinya sangat cepat berkisar 66 ms/m. Membuat percikan api busi Brisk menyala konsisten, sehingga membuat pembakaran mesin menjadi lebih baik. (baca juga : Busi Iridium : Pengertian, Keunggulan dan Kelemahannya)

mereka telah menerapkan inovasi dan teknologi terkini untuk semua produk busi Brisk. Kami telah menjadi OEM parts untuk beberapa pabrikan mobil, salah satunya adalah Lamborghini, yang secara eksklusif meminta Brisk untuk mendevelop busi yang sesuai untuk mesin-mesin super cepat pada supercar line-up mereka, ujar Michal Buric, selaku perwakilan headquarter busi Brisk dari Republik Ceko.

Sebagai informasi kandungan silver juga membuat pelepasan panas menjadi lebih cepat. Adapun keunggulan lainnya ialah desain kepala half gap dan open gap yang menjadi ciri khas busi Brisk. Sehingga percikan api menjadi lebih besar dan terukur. Bahkan untuk busi Brisk model open gap pengapiannya berputar 360 derajat.

Busi Brisk digunakan banyak motor balap sebagai bagian untuk mengoptimalkan performa mesin dan efisiensi. Di sirkuit Taiwan busi Brisk menggunakan motor Yamaha R3, dan langsung memecahkan rekor sebagai yang tercepat sepanjang masa,” ujar Vinci Tan.

Busi Brisk bisa dibeli dengan rentang harga Rp 40 ribu sampai Rp 400 ribu tiap unit. Sudah bisa dipesan dan didapatkan di beberapa authorized dealer yakni Qmax Army Indonesia, PT Maju Gemilang Persada, Positive Prosport, PT Axelera Moto Indonesia, dan Felix Motor Sport.

Baca Juga :  Sistem Pengapian : Pengertian, Konvensional, Fungsi, dan Cara Kerja

Tipe busi BRISK

Ada tiga tipe yang beredar di Indonesia sejak 2017:

1. BRISK Premium Evo

mengenal-busi-brisk

Keunggulan :

  • Terbuat dari bahan copper
  • Teknologi laser yang telah dipatenkan di kepala busi
  • Percikan bunga api 2×360 derajat
  • Voltase rendah = tidak memberatkan ignition coil
  • Mempermudah start mesin
  • Tahan sampai 60,000 km

2. BRISK Silver Racing

mengenal-busi-brisk

Keunggulan :

  • Terbuat dari bahan silver (penghantar listrik #1)
  • Pengapian superior
  • Mempermudah start mobil
  • Tahan sampai 30,000 km
  • Sangat cocok untuk mesin turbo Jepang (Honda Civic turbo, Civic Type R, CRV turbo)

3. BRISK A-line/Super

mengenal-busi-brisk

Keunggulan :

  • Terbuat dari bahan copper
  • Dilindungi dengan Yttrium – logam yang bisa membantu ketahanan busi
  • Mempermudah start mobil
  • Tahan sampai 45,000 km
  • Entry level dari BRISK tapi kualitas sudah setara busi iridium tertinggi

Kesimpulannya :

Busi Brisk memberikan kelebihan yang hampir sama dengan busi iridium, dengan kualitas dan harga yang terjangkau, menjadikan Busi Brisk bukan hanya sebagai alternatif, tapi menjadi pilihan yang tepat untuk sobat mesinmotor.

Dan demikianlah ulasan tentang Busi Brisk, cepat buruan yang masih menggunakan busi murahan dengan kualitas rendah. semoga artikel ini bermanfaat buat sobat mesinmotorsekalian, dan alangkah indah nya jika sobat mesinmotor sekalian share artikel ini agar bisa terjangkau oleh semua orang, terima kasih.

Artikel MesinMotor Lainnya :