Alat Ukur Mekanik

Diposting pada

Alat Ukur Mekanik – Halo sob.! pada kesempatan kali ini kembali akan mesinmotor.com bahas terkait mengenai Macam macam alat ukur mekanik. Namun dipertemuan sebelumnya kami juga telah menyampaikan pembahasan mengenai  Bagian Bagian Motor. Nah berikut ini ulasan selengkapnya.

Pengertian Alat Ukur Mekanik

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

Apa yang diamaksud dengan Alat ukur ? yakni merupakan suatu alat yang memiliki fungsi guna mengukur suatu benda baik dalam satuan berat, Panjang, temperatur dan juga berbagai satuan lainnya.

Jenis alat ukur:

  • Alat ukur Panjang.
    Memiliki fungsi guna mengukur satuan Panjang, nah beberapa alat yang kerap dipakai yang diantaranya ialah seperti Mistar, mikrometer, roll meter, jangka sorong, welding gauge (yang dimanfaatkan sebagai dimensi pengelasan).
  • Alat ukur temperatur.
    Pada jenis alat ini kerap dipakai guna mengukur suatu ukuran besar kecil pada suhu ruangan, nah beberapa jenis alat yang kerap dipakai ialah seperti termometer (termogun, digital, resistensi, bimetal dan lain sebagainya).
  • Alat Ukur Waktu.
    Penggunaan alat ini kerap dimanfaatkan guna mengukur suatu satuan waktu, nah beberapa alat yang kerap dipakai ialah seperti jam dan stopwatch.
  • Alat ukur massa.
    Biasanya alat yang digunakana agar dapat mengetahui massa pada suatu benda, maka kita membutuhkan neraca atau timbangan baik dalam bentuk digital maupun neraca tipe lengan gantung, pegas dan ohaus.

Macam – Macam Alat Ukur

Di bawah ini terdapat beberapa macam alat ukur yang perlu sobat semua ketahui, yang diantaranya ialah sebagai berikut.

Meteran

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

Mengenai cara kerja alat meteran ini ialah merupakan sebuah alat untuk mengukur panjang yang kerap dimanfaatkan dalam bangunan.

Baca Juga :  Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga

Kemudian Satuan yang kerap dipakai pada alat meteran ialah satuan mm dan cm, feet atau inch.

Untuk ukuran pendek biasanya berukuran 3 hingga 5 Panjang dan pada ukuran panjang biasanya alat ini bisa mencapai 10 hingga 50 bahkan sampai 100 meter.

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

 Densitometer

Kemudian mengenai Densitometer ialah merupakan sebuah alat yang kerap dipakai guna mengukur suatu kerapatan dari zat cair.

Nah dalam hal ini, supaya sobat bisa memanfatkannya, maka sobat cukup dengan memasukan alat ini ke bagian dalam cairan tersebut.

Nah pada saat alat ini mulai dimasukan upayakan agar alatnya tak mengenai wadah yang menampung cairan tersebut. Kemudian apbila alat tersebut sudah dibiarkan untuk beberapa saat pada cairan tersebut,maka hasilnya dapat sobat perhatikan akan tampil pada alat densitometer tersebut.

Penggaris Baja

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

Penggaris yang terbuat dari baja ini biasanya kerap dimanfaatkan guna menentukan suatu ukuran tinggi, panjang, lebar, dan juga kedalaman pada suatu benda.

Yang mana penggaris ini mempunyai ketelitian ukuran mencapai 0,5 mm atau 1 mm. Kemudian penggaris juga memiliki ukuran yang beragam, ada yang 300 mm, 500 mm dan ada juga 50cm

Panjang mistar baja bervariasi, ada yang memiliki panjang 300 mm atau 30 cm dan 500 mm atau 50 cm.

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

 Thermometer

Kemudian mengenai alat yang satu ini biasanya kerap digunakan guna mengetahui nilai suhu. Namun secara umumnya alat Thermometer juga dapat dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan yang berbeda.

Seperti misalnya guna menentukan ukuran suatu suhu udara yang terdapat di dalam ruangan, lalu mengukur suhu badan dan juga suhu suatu benda. Selain itu ada juga jenis thermometer yang digunakan guna mengukur suhu yang sangat ekstrim misalnya saja seperti mengukur panas bumi.

Baca Juga :  Busi Brisk : Tipe dan Keunggulannya Untuk Motor Yang Harus Diketahui

Vernier Caliper

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

Kemudian mengenai alat yang dikenal dengan Vernier caliper atau biasa disebut dengan jangka sorong. Alat ini bisanya kerap dipakai guna menentukan ketebalan atau lebar pada suatu benda dan alat ini juga mempunyai ketelitian hingga satu per seratus mm.

Selain itu pada alat Jangka sorong juga mempunyai dua skala yang diantaranya ialah skala utama dan juga skala nonius / disebut dengan skala Vernier.

 Voltmeter

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

Kemudian mengenai Alat selanjutnya ialah voltmeter, yang mana jenis alat ini memiliki fungsi guna menentukan suatu tegangan listrik.

Nah cara kerja alat ini agar dapat digunakan ialah cukup dengan menjepit kabel pengukur pada nilai +/- sumber listrik.

Kemudian setelah itu Ukuran akan ditampilkan dari terjadinya pergerakan pada jarum yang terdapat pada Voltmeter.

Outside Caliper

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

Kemudian mengenai Alat mekanik berikutnya ialah jenis outside caliper yang biasanya berfungsi guna menentukan diameter luar, yang alat ini bekerja untuk memeriksa apakah pada permukaan luar benda tersebut sudah sejajar dan juga unutk menentukan dimensi luar.

Diman alat outside caliper mempunyai dua kaki, dan juga mempunyai titik putar pegas (spring pivot point) serta terdapat sekrup yang berguna untuk penyetel (adjustment screw).

Depth Gauge

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

Kemudian alat Depth gauge, yang mana biasanya kerap dipakai guna menentukan dasar kedalaman sebuah lubang, selain itu alat ini juga mempunyai komponen baja kecil denga skala utama dan juga skala Vernier.

Valve Spring Tester

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

Kemudian selanjutnya adalah Valve spring tester yang biasanya kerap dipakai guna menentukan tingkat elastisitas pada suatu pegas.

Yang mana alat valve spring tester bukan hanya memiliki bentuk analog, akan tetapi diproduksi dalam bentuk digital.

Sudah pasti pada jenis alat berupa digital ini akan sangat mempermudah untuk dipakai dan akurasinya sangat tinggi.

Baca Juga :  Harga Ban Michelin Terbaru dan Terlengkap

Feeler Gauge

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

Kemudian alat selanjutnya Feeler gauge, yang mana biasanya alat ini kerap dipakai guna mengukur celah antar komponen dan juga untuk mengecek keausan yang terjadi diantar komponen.

Selain itu biasanya Para engineer kerap memanfaatkan alat ini yakni guna menentukan lebar gap.

Outside Micrometer

Alat Ukur Mekanik
Alat Ukur Mekanik

Selanjutnya Alat satu ini biasanya kerap digunakan untuk menentukan diameter luar pada suatu benda.

Dimana pada jenis Alat ini mempunyai tingkat ketelitian hingga lebih tinggi daripada alat jangka sorong, yakni hingg 0,01 mm dan juga mencapai 0,001 mm.

Inside Micrometer

Macam Macam Alat Ukur Mekanik Beserta Gambarnya
Macam Macam Alat Ukur Mekanik Beserta Gambarnya

Kemudian selanjutnya mengenai Inside micrometer yang biasanya kerap dipakai guna mengukur diameter dari dalam benda, selain itu alat ini juga mempunyai tingkat ketelitian hingga 0,01 mm dan juga sampai 0,001 mm.

Bagaimana Cara Merawat Alat Ukur Mekanik?

Secara umum alat ini memiliki fungsi guna meningkatkan umur alat ukur, nah dalam hal ini yang perlu dilakukan perawatan yang baik.

Nah di bawah ini terdapat beberpa penjelasan terkait mengenai cara untuk merawat alat ukur yang sudah sesuai dengan SOP.

  • Letkan perlengkapan alat ukur anda pada sebuah lemari yang tertutup
  • Upayakan peletakan alat tidak saling bertumpuk
  • Penggunaan yang dianjurkan harus sesuai instruksi
  • Upayakan alat ukur jangan sampai dibanting
  • Upayakan setelah menggunakannya segera dibersihkan
  • Apabila alat tidak dipakai dengan waktu yang cukup lama, maka baiknya untuk dilapisi dengan oli

Demikianlah pembahasan kita mengenai alat ukur mekanik kali ini, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :